Iklan

Iklan

Pertanyaan

Globalisasi memudahkan generasi muda menikmati musik, film, dan produk budaya asing lainnya. Hal ini berpotensi runtuhnya budaya luhur bangsa yang dilupakan oleh generasi mudanya. Solusi dari gejala ini adalah ....

Globalisasi memudahkan generasi muda menikmati musik, film, dan produk budaya asing lainnya. Hal ini berpotensi runtuhnya budaya luhur bangsa yang dilupakan oleh generasi mudanya. Solusi dari gejala ini adalah ....

  1. revitalisasi budaya luhur bangsa sehingga digemari generasi muda

  2. melarang masuknya budaya luar karena mempengaruhi budaya asli

  3. membatasi peluang generasi muda mengakses informasi dari luar

  4. membatasi aktivitas organisasi yang bermuatan budaya lokal

  5. menyelenggarakan pertukaran pemuda antarbangsa

Iklan

N. Atika

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Globalisasi berdampak pada lunturnya budaya luhur bangsa yang cenderung terjadi pada generasi muda karena masuknya berbagai budaya asing yang lebih digemari kalangan muda. Salah satu upaya untuk memperkuat dan melestarikan budaya luhur bangsa dapat dilakukan dengan revitalisasi budaya. Revitalisasi budaya artinya upaya untuk menghadirkan dan menjadikan budaya bangsa sebagai hal yang penting kembali di kehidupan masyarakat dengan cara-cara baru dan modern. Revitalisasi budaya merupakan salah satu cara kita untuk melestarikan budaya bangsa, sebab sering kali generasi muda kurang menyukai hal-hal yang bersifat kuno sehingga budaya harus dikemas secara lebih modern agar digemari generasi muda.

Globalisasi berdampak pada lunturnya budaya luhur bangsa yang cenderung terjadi pada generasi muda karena masuknya berbagai budaya asing yang lebih digemari kalangan muda. Salah satu upaya untuk memperkuat dan melestarikan budaya luhur bangsa dapat dilakukan dengan revitalisasi budaya.

Revitalisasi budaya artinya upaya untuk menghadirkan dan menjadikan budaya bangsa sebagai hal yang penting kembali di kehidupan masyarakat dengan cara-cara baru dan modern. Revitalisasi budaya merupakan salah satu cara kita untuk melestarikan budaya bangsa, sebab sering kali generasi muda kurang menyukai hal-hal yang bersifat kuno sehingga budaya harus dikemas secara lebih modern agar digemari generasi muda.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

17

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan empat ruang lingkup kerjasama sosial budaya antarnegara Asia Tenggara!

23

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia