Roboguru

Globalisasi melahirkan dua kelompok masyarakat, yaitu proglobalisasi dan antiglobalisasi. Berikan contoh pandangan kedua kelompok tersebut!

Pertanyaan

Globalisasi melahirkan dua kelompok masyarakat, yaitu proglobalisasi dan antiglobalisasi. Berikan contoh pandangan kedua kelompok tersebut!space 

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah aliran masyarakat era globalisasi. 

Globalisasi merupakan  suatu integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia. Sehingga dengan adanya globalisasi ini membuat masyarakat semakin terbuka sehingga pertukaran nilai dan norma hal itu membuat keadaan masyarakat juga semakin berubah dengan adanya kemajuan-kemajuan yang ada dalam berbagai bidang. Globalisasi  menciptakan kehidupan masyarakat semakin berbeda dengan sebelumnya, sehingga akan menimbulkan banyak dampak baik negatif maupun positif. Dan adanya globalisasi dalam kehidupan masyarakat memiliki banyak pro dan kontra, hal itu menciptakan kelompok-kelompok masyarakat terpecah menjadi dua yaitu proglobalisasi dan antiglobalisasi. 

Proglobalisasi
Kelompok yang mendukung globalisasi disebut proglobalisasi. Kelompok ini meyakini globalisasi dapat mendorong peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran perekonomian dunia. Sebagai contoh, Indonesia mengekspor hasil pertanian, perikanan, dan kerajinan daerah. Sementara itu, Indonesia melakukan impor dalam sektor industri seperti otomotif dan peralatan elektronik.

Antiglobalisasi
Kelompok yang menentang globalisasi disebut kelompok antiglobalisasi.  Kelompok antiglobalisasi meyakini globalisasi hanya akan mengubah pola pikir masyarakat dan menghilangkan identitas kelompok.  Sebagai contoh, kelompok ini menentang perjanjian perdagangan global seperti menentang keberadaan organisasi perdagangan dunia yaitu World Trade Organization (WTO).space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved