Roboguru

Ginjal memiliki struktur mikroskopis yang berfungsi untuk pembentukan urine yang disebut nefron. Nefron terdapat dalam dan

Ginjal memiliki struktur mikroskopis yang berfungsi untuk pembentukan urine yang disebut nefron. Nefron terdapat dalam .... dan ....

  1. ....

  2. ....

Jawaban:

Bagian Ginjal dan Fungsinya
Secara umum, anatomi ginjal manusia terdiri atas beberapa bagian, yaitu:

  1. Korteks ginjal atau korteks renalis merupakan bagian ginjal yang paling luar. Bagian ini dikelilingi oleh lapisan jaringan lemak yang berfungsi untuk melindungi bagian dalam ginjal.
  2. Medula ginjal, Bagian ini merupakan jaringan halus yang terdapat di dalam ginjal. Struktur medula terdiri atas piramida ginjal yang meliputi nefron dan tubulus, serta saluran medula. Setelah cairan zat limbah dan racun di dalam darah disaring, maka ginjal akan mengeluarkan zat-zat tersebut melalui urine. Urine ini kemudian akan dialirkan menuju saluran ureter di bagian pelvis ginjal.
  3. Nefron adalah unit penyaring darah dan tempat pembentukan urine. Nefron terletak di sepanjang korteks hingga medula.
  4. Pelvis ginjal merupakan bagian ginjal yang terletak di lapisan paling dalam. Bagian ginjal ini berbentuk seperti corong yang berfungsi sebagai saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih.

Dengan demikian, nefron terletak di bagian medula dan korteks ginjal.space space

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved