Roboguru

Gigi sapi tersusun dari ...

Pertanyaan

Gigi sapi tersusun dari ...space 

  1. Gigi seri dan gigi taringspace 

  2. Gigi seri dan gigi gerahamspace 

  3. Gigi taring dan gigi gerahamspace 

  4. Gigi seri dan gigi sususpace 

Pembahasan Soal:

Sapi merupakan salah satu hewan ruminansia (memamah biak). Disebut hewan memamah biak karena memamah atau mengunyah makanannya sebanyak dua fase. Pertama saat makanan tersebut masuk ke mulut. Makanan tersebut tidak dikunyah hingga halus dan terus ditelan. Selang beberapa waktu makanan tersebut dikeluarkan kembali ke mulut untuk dikunyah sampai halus. Gigi pada ruminansia terdiri atas gigi seri yang digunakan untuk memotong rumput atau daun yang menjadi pakannya dan gigi geraham baik depan maupun belakang yang berfungsi untuk menggiling agar pakan menjadi lebih lembut sehingga mudah dicerna. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gigi pada sapi terdiri dari gigi seri dan gigi geraham, karena sapi merupakan salah satu hewan ruminansia (memamah biak).

Dengan demikian, jawaban yang tepat yaitu B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Amalia

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tempat terjadinya proses fermentasi oleh bakteri dan proses penyaringan benda-benda asing pada organ pencernaan hewan ruminansia adalah ....

Pembahasan Soal:

Hewan pemamah biak disebut juga hewan ruminansia. Pada sistem pencernaan hewan ruminansia, ruangan lambung ruminansia dibedakan menjadi empat, yaitu perut besar (rumen), perut jala (retikulum), perut buku (omasum), dan perut masam (abomasum). Dalam perut abomasum terjadi fermentasi selulosa dengan bantuan bakteri. Hasil fermentasinya berupa asam laktat, asam lemak, asam asetat, vitamin, dan gas. Hasil fermentasi itu sebagian diserap, sebagian gas diabsorpsi kemudian dikeluarkan melalui paru-paru, dan ada pula yang dikeluarkan pada saat sendawa melalui perut.space space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Diagram di bawah ini menjelaskan mengenai proses pencernaan pada hewan ruminansia (sapi). Berdasarkan keterangan yang telah kamu pelajari, lengkapilah diagram berikut.

Pembahasan Soal:

Proses pencernaan pada hewan ruminansia secara umum sebagai berikut: rumput dikunyah di mulut → esofagus → rumen (perut besar) → mulut → retikulum → omasum → abomasum.

Penjelasan untuk melengkapi bagan proses pencernaan pada hewan ruminansia:

  • Proses yang terjadi pada rumen (perut besar): Pencernaan dengan bantuan mikroba (bakteri) dan gerakan mengaduk oleh dinding rumen.
  • Proses yang terjadi pada mulut: Pengunyahan kembali makanan dengan bantuan gigi dan air liur yang ada di rongga mulut.
  • Proses yang terjadi pada retikulum: Proses fermentasi dengan bantuan bakteri anaerob dan protozoa. Selain itu, terjadi proses penyaringan benda-benda asing sehingga tidak masuk ke omasum.
  • Proses yang terjadi pada abomasum: Pencernaan makanan dengan bantuan enzim pencernaan dan mematikan bakteri jahat.

space

0

Roboguru

Pada hewan ruminansia, sisa makanan dibuang melalui ....

Pembahasan Soal:

Hewan ruminansia adalah hewan memamah biak, misalnya sapi. Hewan ruminansia memiliki ciri khas dimana lambungnya terdiri dari 4 jenis, yaitu rumen, retikulum, omasum dan abomasum. Sedangkan anus merupakan organ untuk membuang sisa pencernaan.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space

1

Roboguru

Sapi memiliki empat bagian lambung, salah satunya adalah perut jala. Fungsi dari perut jala adalah ....

Pembahasan Soal:

Sapi memiliki empat bagian lambung, yaitu rumen, retikulum, omasum, dan abomasum. Rumen atau perut besar berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan sementara. Retikulum atau perut jala berfungsi sebagai tempat makanan mengalami fermentasi dengan bantuan bakteri anaerob dan protozoa serta tempat mencampur makanan hingga menjadi bolus.undefinedOmasum atau perut buku berfungsi untuk membantu proses penghalusan makanan secara kimiawi dan dibantu enzim. Abomasum atau perut masam berfungsi untuk mencerna gumpalan makanan melalui enzim dan sebagai desinfektan bagi bakteri jahat yang masuk bersama makanan.


Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space space 

0

Roboguru

Salah satu gangguan organ pencernaan berupa peradangan di sekitar mulut, berbentuk bercak putih, dan terasa perih disebut ....

Pembahasan Soal:

Sariawan adalah infeksi pada lapisan mulut yang disebabkan oleh jamur. Sariawan ditandai dengan luka berwarna putih dan terasa perih. Pengobatan sariawan dilakukan dengan mengolesi obat sariawan sesuai petunjuk dokter dan makan buah yang mengandung vitamin C.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved