Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gerhana matahari total digambarkan dalam peraga...

Gerhana matahari total digambarkan dalam peraga...space

  1. space

  2. space

  3. space

  4. space

  5. space

Iklan

H. Argi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Gerhana Matahari adalah fenomena yang terjadi ketika bulan terletak di antara bumi dan matahari . Meskipun Bulan lebih kecil dari matahari, bulan dapat menutupi sebagian atau seluruh cahaya matahari. Hal ini karena letak bulan berada lebih dekat dengan bumi dibandingkan matahari. Gerhana matahari dibagi menjadi tiga macam, yaitu: Gerhana matahari total, terjadi apabila bayangan bulan yang jatuh di Bumi menimbulkan lingkaran hitam di permukaan bumi. Jarak terpendek dari Bumi ke bulan adalah 326.600 km. Wilayah yang mengalami gerhana total adalah wilayah yang berada pada lingkaran hitam. (Gambar D) Gerhana matahari parsial, terjadi saat permukaan bulan menutupi hanya sebagian dari permukaan Matahari sehingga masih ada bagian permukaan Matahari yang tidak tertutup bulan . Gerhana matahari cincin (gelang), terjadi saat panjangnya kerucut bayangan bulan tidak sampai ke Bumi, namun hanya perpanjangan bayangan yang jatuh ke Bumi. Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat adalah D.

Gerhana Matahari adalah fenomena yang terjadi ketika bulan terletak di antara bumi dan matahari. Meskipun Bulan lebih kecil dari matahari, bulan dapat menutupi sebagian atau seluruh cahaya matahari. Hal ini karena letak bulan berada lebih dekat dengan bumi dibandingkan matahari. Gerhana matahari dibagi menjadi tiga macam, yaitu:

  • Gerhana matahari total, terjadi apabila bayangan bulan yang jatuh di Bumi menimbulkan lingkaran hitam di permukaan bumi. Jarak terpendek dari Bumi ke bulan adalah 326.600 km. Wilayah yang mengalami gerhana total adalah wilayah yang berada pada lingkaran hitam. (Gambar D)
  • Gerhana matahari parsial, terjadi saat permukaan bulan menutupi hanya sebagian dari permukaan Matahari sehingga masih ada bagian permukaan Matahari yang tidak tertutup bulan.
  • Gerhana matahari cincin (gelang), terjadi saat panjangnya kerucut bayangan bulan tidak sampai ke Bumi, namun hanya perpanjangan bayangan yang jatuh ke Bumi.


Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat adalah D.space 

553

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan yang benar mengenai periode revolusi dan rotasi bumi adalah ....

317

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia