Roboguru

Gerakan tektonik lempeng yang berpotensi menimbulk...

Gerakan tektonik lempeng yang berpotensi menimbulkan gempa bumi di pantai barat Sumatera adalah gerakan yang bersifat ...

  1. subduksi

  2. divergen

  3. transvergen

  4. invergen

  5. konvergen

Jawaban:

Terdapat tiga gerakan dalam teori pergerakan lempeng yakni:

• Saling mendekat (konvergen)

Saat dua buah lempeng tektonik saling mendekat maka akan menghasilkan zona subduksi atau penghujaman. Akibatnya, terbentuklah palung dasar samudera. Gerakan saling mendekat ini juga dapat menimbulkan gempa dengan kekuatan besar dan dapat memicu terjadinya gelombang tsunami. Bentang alam lain yang terbentuk akibat gerakan lempeng ini adalah adanya pegunungan tepian benua.

• Saling menjauh (divergen)

Dua buah lempeng yang saling menjauh akan menimbulkan pematang tengah samudera dan punggung samudera. Salah satunya mid ocean ringde yang ada di Samudera Atlantik menjadi salah satu bukti dari adanya gerakan lempeng saling menjauh.

• Berpapasan (transform)

Transform adalah pergerakan yang terjadi pada dua bagian lempeng bumi yang bergerak secara horizontal dan berlawanan arahnya atau saling bergeser satu sama lain (slide each other). Keduanya tidak saling mendekat atau menjauh namun hanya berpapasan. Daerah lempeng bumi yang mengalami peristiwa pergerakan transform disebut batas transform. Bentukan alam yang dihasilkan dari gerakan ini adalah patahan dan sesar mendatar.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka gerakan tektonik yang dapat menimbulkan gempa di pantai barat Sumatera adalah E. konvergen.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved