Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gerak semu harian Matahari menyebabkan salah satu fenomena yang dirasakan manusia setiap harinya, fenomena tersebut berupa ….

Gerak semu harian Matahari menyebabkan salah satu fenomena yang dirasakan manusia setiap harinya, fenomena tersebut berupa …. 

  1. perubahan musimundefined 

  2. pergantian cuacaundefined 

  3. turunnya hujanundefined 

  4. perbedaan waktuundefined 

  5. pergantian siang dan malamundefined 

Iklan

H. Argi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan E.

jawaban yang tepat adalah pilihan E.

Iklan

Pembahasan

Setengah bagian bumi selalu ada yang menghadap Matahari dan menjadi siang, setengahnya lagi membelakangi Matahari dan menjadi malam. Jika Bumi tidak berotasi, wilayah yang siang, akan selalu siang, dan wilayah yang malam akan selalu malam. Namun, kenyataannya Bumi berotasi, dari barat ke timur. Hal ini menyebabkan siang dan malam akan bergiliran sesuai putaran rotasi Bumi. Karena itu juga, wilayah yang lebih timur akan selalu mengalami matahari terbit lebih dulu dibandingkan wilayah yang lebih barat. Kita melihat seolah-olah matahari terbit di timur, tenggelam di barat. Gerakan Matahari yang seolah-olah bergerak setiap hari akibat Bumi yang berotasi ini disebut gerak semu harian matahari yang juga menyebabkan terjadinya fenomena pergantian siang dan malam. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

Setengah bagian bumi selalu ada yang menghadap Matahari dan menjadi siang, setengahnya lagi membelakangi Matahari dan menjadi malam. Jika Bumi tidak berotasi, wilayah yang siang, akan selalu siang, dan wilayah yang malam akan selalu malam. Namun, kenyataannya Bumi berotasi, dari barat ke timur. Hal ini menyebabkan siang dan malam akan bergiliran sesuai putaran rotasi Bumi. Karena itu juga, wilayah yang lebih timur akan selalu mengalami matahari terbit lebih dulu dibandingkan wilayah yang lebih barat. Kita melihat seolah-olah matahari terbit di timur, tenggelam di barat. Gerakan Matahari yang seolah-olah bergerak setiap hari akibat Bumi yang berotasi ini disebut gerak semu harian matahari yang juga menyebabkan terjadinya fenomena pergantian siang dan malam.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

Latihan Bab

Jagat Raya

Tata Surya

Gerakan Planet Bumi

Lapisan Interior Bumi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

120

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pengaruh gerakan rotasi Bumi pada bentuk planet Bumi adalah ….

136

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia