Roboguru

Gerak meremas-remas dan bergelombang yang tidak disadari sehingga makanan terdorong ke bagian lambung disebut ….

Pertanyaan

Gerak meremas-remas dan bergelombang yang tidak disadari sehingga makanan terdorong ke bagian lambung disebut ….space 

Pembahasan Soal:

Gerak meremas-remas dan bergelombang yang tidak disadari sehingga makanan terdorong ke bagian lambung disebut gerak peristaltik.

Setelah melalui rongga mulut, makanan yang berbentuk bolus akan masuk ke dalam tekak (faring) dan kerongkongan (esofagus). Kerongkongan (esofagus) merupakan suatu organ berbentuk tabung lurus, berotot lurik dan otot polos, serta berdinding tebal. Otot kerongkongan berkontraksi sehingga menimbulkan gerakan meremas dan bergelombang yang mendorong bolus ke dalam lambung. Gerakan otot kerongkongan ini disebut gerak peristaltik.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Fakhirah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Gerakan peristaltik yang mendorong bolus dalam kerongkongan sehingga dapat mencapai lambung terjadi karena adanya ….

Pembahasan Soal:

Gerakan peristaltik menyebabkan bolus dalam kerongkongan dapat mencapai lambung. Gerakan peristaltik ini terjadi karena adanya kontraksi dan relaksasi otot yang terdapat di kerongkongan yang menimbulkan gerakan meremas dan mendorong bolus menuju lambung. Ketika esofagus berelaksasi maka bolus akan turun, sedangkan ketika esofagus berkontraksi maka bolus akan terdorong, demikian seterusnya hingga makanan mencapai lambung.  Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

 

0

Roboguru

Gerakan peristaltik merupakan gerakan meremas-remas makanan, tempat terjadinya gerakan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Ketika bolus melalui faring, selanjutnya akan menuju ke kerongkongan sehingga menimbulkan gerakan meremas-remas dan mendorong makanan masuk ke lambung. Gerakan ini disebut dengan gerak peristaltik.

 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Sebutkan nama dan fungsi bagian yang ditunjukkan oleh nomor 1!

Pembahasan Soal:

Organ yang ditunjukkan oleh nomor 1 adalah lambung yang berperan dalam sistem pencernaan. Proses pencernaan yang terjadi di lambung terjadi pencernaan mekanik dan kimiawi. Proses pencernaan mekanik yang terjadi di lambung yaitu berupa gerakan seperti mengaduk atau meremas makanan. Gerakan mekanik di dalam lambung tersebut digerakkan oleh otot polos. Sedangkan, pencernaan kimiawi yang terjadi di lambung yaitu karena adanya enzim yang dihasilkan untuk mencerna makanan seperti enzim pepsin, enzim renin, dan adanya HCl (asam lambung).space 

Jadi, organ yang ditunjuk oleh nomor 1 adalah lambung yang berfungsi dalam sistem pencernaan karena melakukan proses pencernaan mekanik dan kimiawi.space 

0

Roboguru

Lambung adalah ....

Pembahasan Soal:

Lambung adalah organ berotot yang ada di bagian kiri atas perut, di antara kerongkongan dan usus kecil. Berfungsi untuk mencerna makanan, lambung merupakan organ terpenting pada sistem pencernaan. Untuk menguraikan dan mencerna makanan, otot lambung terus berkontraksi serta menghasilkan enzim pencernaan dan asam lambung. Makanan yang telah dicerna oleh lambung akan dikirimkan ke usus kecil.

Lambung tersusun atas empat bagian:

  • Kardia merupakan bagian lambung yang menerima makanan dari kerongkongan. Letaknya ada di dekat sfingter kerongkongan bawah, yaitu katup yang memisahkan isi lambung dan kerongkongan.
  • Fundus adalah lengkungan di bagian atas lambung.
  • Badan lambung adalah bagian tengah lambung.
  • Pilorus adalah bagian bawah lambung yang berfungsi untuk mengeluarkan isi lambung ke usus kecil. Pilorus terhubung dengan sfingter pilorus, atau katup yang memisahkan isi lambung dan usus kecil.

0

Roboguru

Sebutkan urutan saluran pencernaan dari awal hingga akhir! Mengapa waktu yang diperlukan makanan untuk dicerna pada tiap organ pencernaan berbeda-beda? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Urutan saluran pencernaan dari awal hingga akhir adalah mulut - kerongkongan - lambung - usus halus - pankreas - usus besar - anus.

Perbedaan lama makanan dicerna oleh masing - masing organ karena tiap organ tubuh tersebut, memang memiliki fungsi yang berbeda-beda satu sama lainnya. Makanan dikunyah dulu di mulut disebut pencernaan mekanik akan berbeda dengan makanan ketika sampai di lambung yang dibantu oleh enzim akan lebih lama untuk diproses. 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved