Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gen H pada tanaman gandum menghasilkan warna biji hitam bersifat epistasis terhadap gen K dan k. Keberadaan gen K tanpa keberadaan gen H menghasilkan warna biji kuning. Genotip kk dan hh menghasilkan warna biji putih. Disilangkan gandum berbiji hitam galur murni HHkk dan gandum berbiji kuninghhKK, menghasilkan F1 yang kemudian disilangkan dengan gandum bergenotip hhkk, maka perbandingan fenotip keturunannya adalah ....

Gen H pada tanaman gandum menghasilkan warna biji hitam bersifat epistasis terhadap gen K dan k. Keberadaan gen K tanpa keberadaan gen H menghasilkan warna biji kuning. Genotip kk dan hh menghasilkan warna biji putih. Disilangkan gandum berbiji hitam galur murni HHkk dan gandum berbiji kuning hhKK, menghasilkan F1 yang kemudian disilangkan dengan gandum bergenotip hhkk, maka perbandingan fenotip keturunannya adalah .... 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

rasio fenotipe pada keturunan keduanya (F2) adalah hitam : kuning : putih = 2 : 1 : 1.

rasio fenotipe pada keturunan keduanya (F2) adalah hitam : kuning : putih = 2 : 1 : 1.space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Epitasis dan hipotasis merupakan bentuk interaksi ketika suatu gen mengalahkan gen lainnya yang bukan sealel. Gen yang menutupi (menghalangi) kemunculan karakter disebut gen epistasis. Sementara itu, gen yang ditutupi (dihalangi) disebut hipostatis. Salah satu jenis epistasis adalah epistasis dominan. Epistatis dominan terjadi jika gen yang menutupi kerja gen lainnya bersifat dominan. Berdasarkan soal tersebut, persilangan yang terjadi antara tanaman gandum yang bergenotipe HHkk dengan tanaman gandum bergenotipe hhKK adalah sebagai berikut. P1 : ♀ HHkk > < ♂hhKK (hitam) (kuning) G1 : Hk hK F1 : 100% HhKk (hitam) Kemudian, keturunan pertama (F1) disilangkan dengan tanaman gandum yang bergenotipe hhkk (putih), sehingga persilangan yang dihasilkan adalah sebagai berikut. P2 : ♀ HhKk > < ♂hhkk (hitam) (putih) G2 : HK, Hk, hK, hk hk F2 : Fenotipe pada F2: Hitam (HhKk dan Hhkk) = 2 Kuning (hhKk) = 1 Putih (hhkk) = 1 Jadi, rasio fenotipe pada keturunan keduanya (F2) adalah hitam : kuning : putih = 2 : 1 : 1.

Epitasis dan hipotasis merupakan bentuk interaksi ketika suatu gen mengalahkan gen lainnya yang bukan sealel. Gen yang menutupi (menghalangi) kemunculan karakter disebut gen epistasis. Sementara itu, gen yang ditutupi (dihalangi) disebut hipostatis. Salah satu jenis epistasis adalah epistasis dominan. Epistatis dominan terjadi jika gen yang menutupi kerja gen lainnya bersifat dominan.

Berdasarkan soal tersebut, persilangan yang terjadi antara tanaman gandum yang bergenotipe HHkk dengan tanaman gandum bergenotipe hhKK adalah sebagai berikut.

P1 :  ♀ HHkk      > <     ♂  hhKK

           (hitam)               (kuning)

G1 :     Hk                           hK

F1 :       100% HhKk (hitam)

Kemudian, keturunan pertama (F1) disilangkan dengan tanaman gandum yang bergenotipe hhkk (putih), sehingga persilangan yang dihasilkan adalah sebagai berikut.

P2 :  ♀ HhKk              > <     ♂  hhkk

           (hitam)                         (putih)

G2 :   HK, Hk, hK, hk                   hk

F2 :

Fenotipe pada F2:

  1. Hitam (HhKk dan Hhkk) = 2
  2. Kuning (hhKk) = 1
  3. Putih (hhkk) = 1space space 

Jadi, rasio fenotipe pada keturunan keduanya (F2) adalah hitam : kuning : putih = 2 : 1 : 1.space 

Latihan Bab

Sejarah Hukum Mendel

Hukum Mendel I

Hukum Mendel II

Testcross, Backcross, Resiprok

11rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Buktikan dan jelaskan bahwa peristiwa epistasis,hipostasis, gen-gen komplementer, polimeri, kriptomeri, dan atavisme merupakan penyimpangan semu hukumMendel!

476

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia