Roboguru

Gejala yang mengiringi pemekaran lantai samudra, yaitu ....

Pertanyaan

Gejala yang mengiringi pemekaran lantai samudra, yaitu ....

  1. gempa tektonik

  2. keluarnya magma

  3. letusan gunung api bawah laut

  4. convection current

  5. panas bumi

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pemekaran lantai samudera pertama kali dikemukakan oleh Harry Hess (1960). Bukti-bukti adanya pemekaran lantai samudera yang terjadi di pematang tengah samudera (mid oceanic ridges). Akibat dari pemekaran yang terjadi disepanjang sumbu pematang tengah samudera, maka magma yang berasal dari astenosfir kemudian naik dan membeku. Magma ini terus keluar keatas di pematang tengah samudera dan menghasilkan aliran magma yang mengalir kedua arah berbeda dan menghasilkan kekuatan yang mampu membelah pematang tengah samudera. 

Berdasarkan penjelasan diatas maka gejala yang mengiringi pemekaran lantai samudera adalah keluarnya magma.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu analisis teori pembentukan Bumi yang membuktikan kenampakan alam gambar di bawah yang diberi tanda X adalah...

Pembahasan Soal:

Mantel bumi atau selimut bumi adalah lapisan penyusun bumi yang memiliki ketebalan mencapai 2.900 km. Lapisan ini terletak di bawah kerak bumi (earth crust). Kerak bumi yang terletak di atas mantel terdiri dari lempeng-lempeng tektonik yang selalu bergerak terhadap satu sama lain. Pada lapisan mantel ini terjadi arus konveksi yang membawa panas dari inti Bumi. Konveksi pada mantel ini menyebabkan lempeng tektonik pada kerak bumi bergerak. Arus konveksi pada lapisan mantel menyebabkan pergerakan lempeng di lapisan kerak karena arus konveksi ini membawa energi besar yang berasal dair panas inti Bumi, sehingga dapat menggerakkan lempeng tektonik yang berada di atas mantel. 

Akibat konveksi ini pula, batuan dari tepi lempeng tektonik dapat masuk ke dalam mantel, sementara magma panas keluar dari mantel menuju kerak bumi. Magma ini mendingin membentuk batuan. Pergerakan lempeng tektonik akibat arus konveksi ini dapat menyebabkan gempa bumi bila terjadi seketika. Pergerakan ini juga membentuk pegunungan (pada pertemuan konvergen lempeng benua), palung samudera (pada pertemuan konvergen lempeng samudera), lebarnya dasar samudera (pada pertemuan divergen) dan patahan (fault) atau sesar.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan ilustrasi pergerakan lempeng berikut. Bentuk muka Bumi akibat gerakan lempeng tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Terdapat tiga jenis pergerakan lempeng tektonik yaitu:

  1. Pergerakan lempeng divergen, merupakan pertemuan antarlempeng yang bergerak saling menjauh menyebabkan meluasnya area lempeng. Batas-batas lempeng divergen. Contohnya adalah pemekaran dasar samudera (Mid Oceanic Ridge) yang ditandai dengan kemunculan jalur punggung tengah samudera.
  2. Pergerakan lempeng konvergen, merupaka daerah pertemuan lempeng yang bergerak saling mendekat sehingga meneyebabkan tumbukan dan tunjaman. Batas-batas lempeng konvergen. Contohnya lempeng benua Amerika dengan lempeng Samudera Pasifik
  3. Pergerakan lempeng transform, merupakan pertemuan antara dua lempeng yang bergerak secara horizontal dan beralawanan arahnya. Contoh pergerakan transform yaitu patahan San Andreas. 

Gambar di dalam soal menunjukkan pergerakan lempeng yang saling menjauh atau divergen. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 
 

0

Roboguru

Teori Konveksi mengenai proses pembentukan bumi membuktikan bahwa kulit bumi yang baru akan menggeser dan menggantikan kulit bumi yang lebih tua. Salah satu bukti kebenaran teori tersebut adalah…

Pembahasan Soal:

Teori konveksi pertama kali dicetuskan oleh Arthur Holmes sekitar tahun 1927 dan kemudian dikembangkan oleh Harry H. Hess dan Robert Diesz. Teori ini menyebutkan bahwa terdapat arus konveksi dari dalam mantel bumi yang terdiri dari massa berupa lava. Ketika arus konveksi ini membawa lava sampai ke permukaan bumi di bagian punggung tengah samudra (Mid Oceanic Ridge), akan menyebabkan lava tersebut membeku dan membentuk lapisan kulit bumi yang baru sehingga menggeser dan menggantikan kulit bumi yang lama. Mid Oceanic Ridge ini ditemukan pada batas antarlempeng yang bergerak saling menjauh (divergen).
Teori ini didukung dengan adanya bukti bahwa terdapatnya bagian Mid Oceanic Ridge itu sendiri, seperti Mid Atlantic Ridge dan Pasific Atlantic Ridge. Selain itu berdasarkan sebuah penelitian mengenai umur laut, juga dibuktikan bahwa semakin jauh dari punggung tengah samudra, umur batuan-batuannya semakin tua.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Gunung Mauna Loa di Hawaii terbentuk akibat adanya hotspot. Semakin jauh dari Hawaii maka umur batuan vulkanik semakin tua. Hal tersebut disebabkan oleh adanya ….

Pembahasan Soal:

Hotspot atau naiknya magma ke permukaan di Kepulauan Hawaii terbentuk akibat pergerakan lempeng samudra yang saling menjauh atau divergen. Kerak samudra bergerak sedangkan posisi hotspot tetap, maka rangkaian gunung api yang dihasilkan akan bergeser sesuai arah pergerakan lempeng. Arah lempeng yang bergerak menjauh dari Kepulauan Hawaii menghasilkan hotspot baru, sehingga umur batuan vulkaniknya lebih muda dan begitu seterusnya.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Jelaskan proses terbentuknya samudera menurut teori Alfred wagener!

Pembahasan Soal:

Seorang ilmuwan asal Jerman yang bernama Alfred Wagener yang mengemukakan teori tentang pembentukan benua. Alfred Wagener menelaskan bahwa kurang lebih 300 juta tahun yang lalu semua benua yang ada tergabung menjadi satu yang disebut Benua Pangea. Sedangkan satu benua yang luas disebut dengan Pantalassa, juga dikenal sebagai Samudra Pantalassik atau Pantalassan (dari bahasa Yunani, πᾶν dan θάλασσα yang berarti semua lautan).

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved