Roboguru

Gejala diastropisme, yaitu...

Pertanyaan

Gejala diastropisme, yaitu...

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Gejala diastropisme, yaitu suatu gerakan pada lapisan kulit bumi yang disebabkan oleh tenaga tektonik (tektonisme). Adapun tenaga tektonik adalah tenaga dari dalam bumi atau seringkali disebut tenaga endogen yang dapat menyebabkan pergerakan atau pergeseran letak lapisan batuan. Oleh karena itu, diastropisme juga dapat diartikan sebagai proses pembentukan relief pada permukaan bumi yang disebabkan oleh tenaga endogen tanpa disertai aktivitas magma.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hasil pekerjaan gerakan tektonik yang berpotensi menyebabkan bencana yang luas adalah...

Pembahasan Soal:

Tektonisme adalah proses yang terjadi akibat pergerakan, pengangkatan, lipatan dan patahan pada struktur tanah di suatu daerah. Tektonisme adalah tenaga dari dalam bumi. Gerakan tektonisme dapat menimbulkan gempa yang dapat menimbulkan gelombang tsunami. Sehingga jika hal tersebut terjadi maka akan menimbulkan bencana yang sangat luas. Gempa dengan kekuatan besar akan menyebabkan banyak kerusakan pada rumah-rumah penduduk. Sehingga jawaban yang tepat adalah C. gempa bumi. Selain itu, gempa bumi juga dapat menimbulkan bencana lanjutan akibat getaran yang terjadi, selain tsunami, bencana longsor juga dapat menjadi bencana yang terjadi setelah gempa. Gempa vulkanik terjadi akibat proses intrusi magma di dalam bumi, saat proses itu maka akan terjadi pergerakan yang menimbulkan gempa (tremor) biasanya menjadi pertanda wahwa gunung akan meletus atau erupsi, namun tidak menyebabkan kerusakan karna skala gempa kecil.

Roboguru

Jelaskan pengertian dari tektonisme...

Pembahasan Soal:

Tektonisme adalah suatu proses yang berasal dari dalam bumi yang mengakibatkan perubahan letak (dislokasi) atau perubahan bentuk (deformasi) permukaan bumi. Tektonime atau tektonik secara sederhana bisa diartikan sebagai tenaga yang mempengaruhi permukaan Bumi yang berasal dari Bumi itu sendiri. ada pula pengertian lain yang menyebutkan bahwa tektonisme merupakan suatu proses yang terjadi di dalam Bumi yang terjadi akibat adanya pergerakan, pengangkatan, lipatan  dan patahan pada lempengan tanah di dalam perut Bumi.

Roboguru

Apa yang dimaksud lempeng tektonik?

Pembahasan Soal:

Tektonik lempeng merupakan salah satu teori mengenai perubahan muka bumi. Teori ini menyebutkan bahwa permukaan bumi terdiri dari lempengan-lempengan kaku dan padat yang mengapung di atas lapisan yang fleksibel dan lebih cair, hal tersebut menyebabkan permukaan bumi selalu berubah. Terdapat 7 lempeng besar yang ada di bumi, yaitu lempeng Afrika, Antartika, Australia, India, Eurasia, Amerika Utara, Amerika Selatan dan lempeng pasifik. undefined

Roboguru

Jelaskan tentang tektonisme !

Pembahasan Soal:

Tektonisme adalah suatu proses yang berasal dari dalam bumi yang mengakibatkan perubahan letak (dislokasi) atau perubahan bentuk (deformasi) permukaan bumi. Tektonime atau tektonik secara sederhana bisa diartikan sebagai tenaga yang mempengaruhi permukaan Bumi yang berasal dari Bumi itu sendiri. ada pula pengertian lain yang menyebutkan bahwa tektonisme merupakan suatu proses yang terjadi di dalam Bumi yang terjadi akibat adanya pergerakan, pengangkatan, lipatan  dan patahan pada lempengan tanah di dalam perut Bumi.

Roboguru

Lempeng tektonik adalah....

Pembahasan Soal:

Lempeng-lempeng tektonik adalah bagian kerak bumi yang di bawahnya disokong oleh magma. Lempeng ini berada di wilayah dasar gunung api. Ketika lempeng ini bergerak naik, turun dan bergeser, gerakannya akan mengakibatkan perubahan pada bentuk kulit bumi. Perubahan bentuk serta pergerakan yang terjadi ini disebut gempa bumi. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved