Roboguru

Gejala alam yang terjadi karena proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak disebut....

Pertanyaan

Gejala alam yang terjadi karena proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak disebut....space 

  1. Abrasispace 

  2. Tsunami space 

  3. Gempa bumi space 

  4. Angin puting beliungspace 

Pembahasan Soal:

Abrasi atau erosi pantai adalah suatu proses pengikisan pantai yang diakibatkan oleh tenaga gelombang laut dan arus laut atau pasang surut arus laut yang bersifat merusak. Abrasi terjadi akibat dari hempasan gelombang dan badai dalam jangka waktu lama. Efek abrasi ini dapat dikurangi dengan cara menanam bakau dipinggir pantai.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

T. Dirgantara

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yg di maksud dengan pelapukan, erosi, sedimentasi dan mass wasting?

Pembahasan Soal:

Pelapukan adalah sebuah peristiwa hancurnya massa batuan, baik itu secara kimiawi, fisika ataupun biologi.

Erosi merupakan proses peristiwa pengikisan permukaan bumi yang disebabkan oleh media yang bergerak seperti angin, gelombang air laut, air ataupun gletser. 

Sedimentasi adalah proses pengendapan material hasil erosi di tempat tertentu. Bahan yang terendap tersebut dapat disebabkan oleh banyak kondisi, misalnya material yang terbawa angin, terbawa aliran air, atau terbawa gletser. 

Masswasting merupakan pergerakan massa batuan hasil pelapukan atau sedimentasi yang menuruni lerengan dikarenakan pengaruh gravitasi. Masswasting dapat merubah bentang alam jika terjadi dalam skala yang besar. Contohnya tanah longsor.undefined 
 

0

Roboguru

Proses hancurnya batuan, mineral, ataupun tanah termasuk kayu dan benda buatan manusia akibat memiliki kontak dengan atmosfer, air, dan organisme disebut dengan ….

Pembahasan Soal:

Pelapukan adalah proses hancurnya batuan, mineral, ataupun tanah termasuk kayu dan benda buatan manusia akibat memiliki kontak dengan atmosfer, air, dan organisme. Pelapukan terjadi secara in situ atau tidak mengalami perpindahan tempat, sehingga batuan atau tanah yang mengalami pelapukan akan berada di tempat semula.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Mengingat iklim di Indonesia adalah iklim tropika ekuatorial dengan curah hujan yang tinggi. Proses penghancuran batuan yang sering terjadi adalah pelapukan ....

Pembahasan Soal:

Pelapukan batuan adalah proses perombakan batuan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil karena faktor sinar matahari, air, gletser, rekasi kimia, dan aktivitas organisme. Kondisi iklim juga termasuk salah satu faktor yang memengaruhi proses pelapukan. Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis dengan curah hujan yang tinggi. Jenis pelapukan batuan yang umumnya terjadi di Indonesia adalah pelapukan makanik kimiawi, hal ini dikarenakan banyaknya curah hujan dan air hujan tersebut memudahkan atau mempercepat proses pelapukan.  

0

Roboguru

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pelapukan!

Pembahasan Soal:

Pelapukan adalah proses penghancuran massa batuan menjadi massa tanah.
Proses pelapukan dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya: iklim dan cuaca, topografi, batuan induk, serta organisme yang hidup di atas batuan tersebut.
Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pelapukan adalah proses penghancuran massa batuan menjadi massa tanah.

0

Roboguru

Jelaskan 3 bentuk pelapukan !

Pembahasan Soal:

Pelapukan adalah suatu peristiwa penghancuran massa batuan, baik secara fisika, kimiawi, ataupun secara biologis. Menurut penyebabnya pelapukan dibedakan menjadi:

  1. Pelapukan mekanis atau pelapukan fisis, merupakan pelapukan yang bersifat merombak batuan tanpa ada perubahan kimia pada mineral-mineral penyusunnya. Penghancuran batuan ini disebabkan oleh pemuaian, pembekuan air, perubahan suhu secara tiba-tiba, atau perbedaan suhu yang sangat besar antara siang dan malam.
  2. Pelapukan  kimiawi  adalah pelapukan  yang terjadi akibat reaksi kimia pada batuan, seperti oksidasi, karbonasi, dan dehidrasi atau penguapan. Pelapukan kimiawi selain  mengubah  bentuk  dari  batuan  dan  juga  merubah   struktur kimianya. Contoh pelapukan kimiawi yang banyak terjadi di daerah tropik adalah pelapukan di gua kapur.
  3. Pelapukan biologis atau pelapukan organis, merupakan pelapukan yang terjadi akibat proses organis. Pelapukan ini disebabkan oleh mahluk hidup, bisa dilakukan oleh tumbuh-tumbuhan, hewan, atau manusia. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved