Roboguru

Gas ammonia,  terbentuk dari reaksi antara gas nitrogen dan gas hidrogen. Berapa pun massa ammonia, massa hidrogen dan massa nitrogen dalam ammonia selau memiliki perbandingan yang tetap. Perbandingan massa nitrogen dan hidrogen yang berubah menjadi ammonia sama dengan perbandingan massa atom N dan H dalam molekul . Massa nitrogen dan hidrogen yang bereaksi sama dengan massa ammonia yang terbentuk. Jelaskan fakta-fakta ini menurut teori Dalton!

Pertanyaan

Gas ammonia, N H subscript 3 terbentuk dari reaksi antara gas nitrogen dan gas hidrogen. Berapa pun massa ammonia, massa hidrogen dan massa nitrogen dalam ammonia selau memiliki perbandingan yang tetap. Perbandingan massa nitrogen dan hidrogen yang berubah menjadi ammonia sama dengan perbandingan massa atom N dan H dalam molekul N H subscript 3. Massa nitrogen dan hidrogen yang bereaksi sama dengan massa ammonia yang terbentuk. Jelaskan fakta-fakta ini menurut teori Dalton!space 

Pembahasan Soal:

John Dalton mengemukakan postulat mengenai atom yang ditemukan berdasarkan pengukuran kuantitatif dari reaksi kimia. Isi postulatnya adalah sebagai berikut:

  1. Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur dan tidak dapat dibagi lagi
  2. Atom-atom unsur sejenis mempunyai sifat yang identik, seperti volume, bentuk, maupun massanya. Sedangkan atom dari unsur berbeda memiliki sifat yang berbeda pula
  3. Dalam reaksi kimia, terjadi penggabungan atau pemisahan atom yang terjadi penataan ulang membentuk komposisi tertentu. Tidak ada atom yang hilang atau tercipta dalam suatu reaksi, yang terjadi hanyalah penataan ulang atom-atom (hukum konservasi massa).
  4. Atom dapat bergabung dengan atom lain untuk membentuk suatu molekul dengan angka perbandingan bulat dan sederhana. Postulat ini merupakan konsep molekul, yaitu antaratom dapat bergabung membentuk molekul baik dari atom-atom sejenis ataupun berbeda jenis (hukum perbandingan tetap).

Berdasarkan postulat tersebut, diketahui bahwa pada molekul N H subscript 3 yang dibentuk dari reaksi antara gas nitrogen dan gas oksigen. Pada reaksi ini hanya terjadi penataan ulang atom-atom, massanya tidak ada yang hilang atau terbentuk. Massa nitrogen dan hidrogen yang bereaksi akan sama dengan massa amonia yang dihasilkan (hukum konservasi massa). Perbandingan jumlah atom N dan H dalam molekul N H subscript 3 adalah 1 : 3, maka perbandingan jumlah N dan H yang bereaksi juga tetap, dengan demikian perbandingan massa N dan H yang menyusun N H subscript 3 juga akan tetap (hukum perbandingan tetap).

Jadi, fakta-fakta tersebut dapat dijelaskan melalui postulat yang dikemukakan Dalton mengenai hukum konservasi massa dan hukum perbandingan tetap.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved