Roboguru

Garis AB merupakan suatu garis lurus dan sejajar dengan sumbu . Terdapat ruas garis KL yang tegak lurus dengan garis AB dan memiliki satu titik potong, yaitu titik P. Gambarlah permasalahan di atas! Sebutkan sudut siku-siku yang terbentuk!

Pertanyaan

Garis AB merupakan suatu garis lurus dan sejajar dengan sumbu x. Terdapat ruas garis KL yang tegak lurus dengan garis AB dan memiliki satu titik potong, yaitu titik P.

  • Gambarlah permasalahan di atas!
  • Sebutkan sudut siku-siku yang terbentuk!

 

Pembahasan Soal:

AB sejajar dengan sumbu x, sehingga AB merupakan garis horizontal. Sengkan KL tegak lurus AB, sehingga KL merupakan garis vertikal. Perpotongan kedua garis tersebut yaitu sebagai berikut:

 

Penjelasan: gambar garis horizontal kemudian beri nama AB. Setelah itu gambar garis vertikal yang memotong AB kemudian beri nama KL dan titik perpotongan diberi nama P. 

Sudut siku-siku yang terbentuk dari perpotongan dua garis tersebut adalah sudut KPA, sudut KPB, sudut LPA dan sudut LPB. Hal ini dikarenakan garis AB dan KL saling tegak lurus yang berarti sudut potongannya pasti semuanya sama besar sehingga sudut 360 degree terbagi menjadi 4 yaitu 90 degree atau sudut siku-siku.

Dengan demikian, gambar tersebut merupakan gambar untuk permasalahan pada soal, dan sudut siku-siku yang terbentuk dari perpotongan AB dan KL yaitu sudut KPA, KPB, LPA dan sudut LPB. 

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 05 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved