Roboguru

Ganggang api (Dinoflagelata) sering menyebabkan red tide atau berubahnya air laut menjadi berwarna kemerahan jika konsentrasi ganggang api mencapai 6-8 juta sel dalam satu liter air laut (blooming algae). a. Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan peristiwa tersebut.

Pertanyaan

Ganggang api (Dinoflagelata) sering menyebabkan red tide atau berubahnya air laut menjadi berwarna kemerahan jika konsentrasi ganggang api mencapai 6-8 juta sel dalam satu liter air laut (blooming algae).

a. Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan peristiwa tersebut.space space

Pembahasan Soal:

Red tide merupakan peristiwa blooming alga Pyrrophyta atau ganggang api. Berikut faktor-faktor yang dapat menyebabkan peristiwa red tide tersebut.

  1. Putaran arus dari bawah laut sehingga nutrisi pada dasar laut terangkat menyebabkan kecepatan perturnbuhan ganggang api rneningkat cepat. 
  2. Peningkatan suhu air laut akibat pemanasan global yang memicu kecepatan metabolisme alga sehingga reproduksinya juga akan mengalami peningkatan.
  3. Melimpahnya nutrisi atau bahan makanan di lautan yang dapat memicu peningkatan pertumbuhan dan perkembangan alga.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan jenis-jenis pigmen yang terdapat pada ganggang yang digunakan sebagai dasar klasifikasi ganggang!

Pembahasan Soal:

Klasifikasi ganggang menurut pigmennya ada enam yaitu:space 

  1. Euglenoid adalah ganggang uniseluler yang memiliki pigmen karoten.space 
  2. Chrysophyta adalah ganggang yang memiliki pigmen xantofil dan fukosantin (coklat).space 
  3. Pyrrophyta adalah ganggang yang memiliki pigmen fikobilin,dinoxantin dan xantofil.space 
  4. Chlorophyta adalah ganggang yang memiliki pigmen dominan klorofil a dan klorofil b, serta pigmen tambahan karoten.space 
  5. Phaeophyta adalah jenis ganggang yang memiliki pigmen dominan fukosantin. space 
  6. Rhodophyta adalah ganggang yang berwarna merah yang dominan mengandung pigmen fikobilin yang terdiri atas fikoeritrin dan fikosianin.space 

0

Roboguru

Terkadang pada malam hari air laut tampak bercahaya. Keadaan ini disebabkan adanya spesies Algae yang mampu berpendar (flouresen). Nama spesies Algae yang dimaksud beserta nama kelompoknya adalah ....

Pembahasan Soal:

Pyrrophyta atau ganggang api adalah alga uniseluler yang menyebabkan air laut tampak bercahaya (berpendar) di malam hari karena sel-selnya mengandung fosfor. Pyrrophyta disebut juga Dinoflagellata karena memiliki flagela. Beberapa ganggang api ada sebagai penghasil racun contohnya Pfiesteria dan Karenia brevis, beberapa tidak menghasilkan racun contohnya Noctiluca scintillans dan Ceratium hirundinella.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Pernyataan berikut yang berkaitan dengan fungsi dari Struktur Dinophyta adalah ….

Pembahasan Soal:

Dinophyta memiliki struktur khusus yang memisahkannya dari kelompok lain yaitu karena adanya dinokaryon yakni inti sel khusus yang mengandung kromosom fibrillar yang tetap terkondensasi selama siklus mitosis. Struktur lain yang dimiliki dinophyta yaitu beberapa anggota memiliki mata majemuk sebagai fotoreseptor yang tersusun atas lensa dan retinoid, plastida pada dinophyta membentuk suatu grup yang disebut dengan plastida peridinin, xantofil berupa peridinin, Dengan demikian jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Filum Pyrophyta disebut juga ganggang api atau .... dengan ciri khas dinding selnya tersusun oleh lempengan-lempengan selulosa.

Pembahasan Soal:

Pyrrophyta disebut juga ganggang api ini memiliki nama lain dari Pyrrophyta adalah Dinoflagellata, diberi nama demikian karena pergerakan yang dibantu dua flagela mirip cambuk. Tubuh ganggang ini tersusun atas satu sel, dapat bergerak aktif, memiliki dua buah flagela, dan memiliki dinding sel yang tersusun atas lempengan-lempengan selulosa.space spacePyrrophyta dapat hidup pada air tawar maupun laut. Contoh dari pyrrophyta adalah GymnodiniumPeridiniumCeratium, dan Gonyaulax.

0

Roboguru

Perhatikan proses reproduksi seksual dari dinophyta berikut! Tahapan dimana dinophyta kehilangan kemampuan bergeraknya dan memasuki tahapan dormansi ditunjukkan oleh fase ….

Pembahasan Soal:

Saat kondisi tertentu, planozigot dapat kehilangan motilitasnya dan berubah menjadi hipnozigot atau sista. Hipnozigot akan melakikan dorman dalam beberapa waktu mulai dari 12 jam, beberapa minggu hingga ada yang beberapa bulan.

Selanjutnya, hipnozigot atau sista ini dapat mengalami pembelahan meiosis untuk membentuk sel vegetatif baru. Sista juga dapat membentuk planomeiozigot yang besar dan motil yang akan mengalami meiosis menjadi sel vegetatif haploid kembali.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah C.undefinedundefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved