Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gambarlah skema ruang lingkup biologi!

Gambarlah skema ruang lingkup biologi!space

Iklan

I. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan makhluk hidup . Biologi memiliki ruang lingkup yang luas yang meliputi seluruh kehidupan di jagad raya ini, mulai dari tingkatan makhluk hidup paling sederhana hingga paling kompleks. Agar mudah dalam mempelajari Biologi, maka harus ditinjau dari aspek objek, persoalan, tingkat organisasi kehidupan , maupun perananya dalam kehidupan . Untuk mempermudah dalam memahami ruang lingkup Biologi dapat dilihat melalui peta konsep berikut Biologi memiliki objek kajian , yaitu segala jenis makhluk hidup mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, hingga mikroorganisme . Untuk mempelajari lebih lanjut, maka objek-objek tersebut dipisah lagi menurut tingkat organisasi kehidupan yaitu tingkat molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme/individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma , hingga biosfer . Perkembangan ilmu pengetahuan menjadikan biologi membentuk cabang-cabang ilmu yang mempelajari bidang kajian yang lebih spesifik , seperti: Botani (kehidupan tumbuhan) Zoologi(kehidupan hewan) Evolusi (perkembangan makhluk hidup dari bentuk sederhana ke arah yang lebih kompleks) Genetika (pewarisan sifat) Taksonomi (tata nama makhluk hidup) Fisiologi (proses dan fungsi tubuh organisme) Anatomi (struktur tubuh bagian dalam makhluk hidup) Biologi memiliki peranan dalam beberapa aspek kehidupan, diantaranya: Pertanian : meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi tanaman Peternakan : meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi peternakan Kesehatan : penemuan vaksin dan antibiotik Pangan : meningkatkan produksi pangan untuk menghasilkan berbagai macam bahan makanan.

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan makhluk hidup. Biologi memiliki ruang lingkup yang luas yang meliputi seluruh kehidupan di jagad raya ini, mulai dari tingkatan makhluk hidup paling sederhana hingga paling kompleks. Agar mudah dalam mempelajari Biologi, maka harus ditinjau dari aspek objek, persoalan, tingkat organisasi kehidupan, maupun perananya dalam kehidupan. Untuk mempermudah dalam memahami ruang lingkup Biologi dapat dilihat melalui peta konsep berikut

Biologi memiliki objek kajian, yaitu segala jenis makhluk hidup mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, hingga mikroorganisme. Untuk mempelajari lebih lanjut, maka objek-objek tersebut dipisah lagi menurut tingkat organisasi kehidupan yaitu tingkat molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme/individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, hingga biosfer.

Perkembangan ilmu pengetahuan menjadikan biologi membentuk cabang-cabang ilmu yang mempelajari bidang kajian yang lebih spesifik , seperti:

  • Botani (kehidupan tumbuhan)
  • Zoologi (kehidupan hewan)
  • Evolusi (perkembangan makhluk hidup dari bentuk sederhana ke arah yang lebih kompleks)
  • Genetika (pewarisan sifat)
  • Taksonomi (tata nama makhluk hidup)
  • Fisiologi (proses dan fungsi tubuh organisme)
  • Anatomi (struktur tubuh bagian dalam makhluk hidup)

Biologi memiliki peranan dalam beberapa aspek kehidupan, diantaranya:

  • Pertanian: meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi tanaman
  • Peternakan: meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi peternakan
  • Kesehatan: penemuan vaksin dan antibiotik
  • Pangan: meningkatkan produksi pangan untuk menghasilkan berbagai macam bahan makanan.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Buatlah skema yang menggambarkan hubungan biologi dengan ilmu- ilmu yang lain!

8

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia