Roboguru

Gambarlah macam-macam jaringan tumbuhan!

Pertanyaan

Gambarlah macam-macam jaringan tumbuhan! 

Pembahasan Soal:

1. Jaringan meristem. Jaringan meristem merupakan jaringan yang sel-selnya aktif membelah diri. Jaringan ini terletak di ujung akar dan ujung batang. Jaringan ini dapat meregang, membesar, dan berdiferensiasi menjadi jaringan lainnya ketika dewasa. Berdasarkan lokasinya, jaringan meristem terdiri dari 3 macam, yaitu apikal (ujung), lateral (samping), dan interkalar (ruas).

2. Jaringan penyokong. jaringan penyokong berfungsi sebagai penguat/penyokong tumbuhan. Dindingnya tebal dan akan berhenti melakukan pembelahan ketika sudah mencapai usia dewasa. Contoh dari jaringan penyokong adalah kolenkim dan sklerenkim.

3. Jaringan parenkim. jaringan dasar disebut juga jaringan parenkim. Jaringan inilah yang mengisi ruang antarjaringan. Jaringan ini terdapat di semua bagian tubuh tanaman, seperti batang, akar, dan daun. Jaringan ini tersusun tidak rapat dan memiliki ruang antarjaringan. Jaringan parenkim yang berada di daun yaitu mesofil (palisade dan spons) di mana banyak mengandung kloroplas.

4. Jaringan pengangkut. Jaringan pengangkut/pembuluh adalah jaringan yang berfungsi untuk proses pengangkutan zat-zat yang ada di dalam tumbuhan. Terdiri dari pembuluh xilem dan floem. Xilem adalah pembuluh yang mengantarkan hasil air dan mineral dari akar ke daun. Sementara, floem adalah pembuluh yang mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh permukaan tubuh tumbuhan.

5. Jaringan pelindung. Jaringan ini disebut juga epidermis. Berada di lapisan terluar dan fungsinya untuk melindungi permukaan tumbuhan. Jaringan pelindung tersusun atas sel-sel yang menutup seluruh permukaan dengan rapat. Jaringan epidermis bisa mencegah penguapan yang berlebihan dengan membentuk lapisan lilin anti air (kutikula). Di jaringan ini, terdapat stomata yang berfungsi sebagai pertukaran gas. 

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hubungan yang tepat antara jaringan, ciri, dan fungsinya adalah ....

Pembahasan Soal:

Jaringan merupakan sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan pada tumbuhan terdiri dari 2 jenis yaitu jaringan meristem dan jaringan dewasa. Jaringan meristem merupakan jaringan yang masih aktif membelah dan belum berdiferensiasi. Ciri-ciri jaringan meristem yaitu tersusun oleh sel hidup, inti sel besar, banyak mengandung protoplasma, dan memiliki vakuola kecil. Meristem berfungsi dalam pertumbuhan sel, jaringan, maupun organ. Jaringan dewasa merupakan jaringan yang sudah mengalami diferensiasi. Jaringan dewasa terdiri dari beberapa jenis yaitu :

  1. Jaringan epidermis. Jaringan epidermis terdiri dari sel hidup, umumnya tidak berklorofil kecuali sel penjaga pada stomata, tersusun rapat, mengalami penebalan pada dinding sel bagian luar, dan dapat termodifikasi menjadi stomata, trikoma, spina, velamen, sel kipas, dan sel kersik. Jaringan epidermis berfungsi sebagai pelindung jaringan di dalamnya.
  2. Jaringan parenkim atau jaringan dasar. Ciri-ciri jaringan parenkim yaitu tersusun dari sel hidup dan berukuran besar, dinding sel tipis berbentuk segi enam, mengandung kloroplas dan banyak vakuola, memiliki rongga antarsel. Parenkim berfungsi untuk menutup luka, asimilasi, penyimpan cadangan makanan, penyimpan air, dan penyimpan udara.
  3. Jaringan penyokong. Jaringan penyokong terdiri dari kolenkim dan sklerenkim. Kolenkim tersusun dari sel hidup, dinding sel mengandung selulosa, dan berfungsi untuk menyokong tumbuhan yang masih tumbuh. Sklerenkim tersusun dari sel mati, dinding sel dari lignin, dan berfungsi untuk menyokong tumbuhan yang sudah berhenti tumbuh.
  4. Jaringan pengangkut. Jaringan pengangkut terdiri dari xilem dan floem. Xilem tersusun atas trakeid, trakea, dan komponen pembuluh. Xilem berfungsi untuk mengangkut air dan unsur hara dari tanah menuju daun. Floem tersusun atas komponen pembuluh tapis, sel pengiring, dan serabut floem. Floem berfungsi untuk mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.

Berdasarkan uraian di atas, dapat diketahui bahwa meristem tersusun atas sel-sel yang aktif membelah dan berfungsi untuk pertumbuhan sel, jaringan, maupun organ.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Jaringan mana yang paling banyak berperan dalam proses fotosintesis?

Pembahasan Soal:

Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan karbohidrat dari bahan anorganik yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun, yaitu klorofil. Klorofil itu sendiri sangat berperan dalam keberhasilan proses fotosintesis. Klorofil paling banyak terdapat pada daun terutama di jaringan palisade.

Dengan demikian, jawaban yang tepat yaitu A.space 

0

Roboguru

Pelajari tabel berikut.   No. Nama Jaringan Fungsi I. Epidermis Penyokong II. Parenkim Tempat menyimpan makanan III. Kolenkim Transpor air ...

Pembahasan Soal:

  • Epidermis (jaringan pelindung) berfungsi untuk melindungi bagian dalam tumbuhan dari segala pengaruh luar yang merugikan, misalnya perubahan suhu, kerusakan mekanik, hilangnya air melalui penguapan, dan hilangnya zat-zat makanan.
  • Parenkim disebut juga sebagai jaringan dasar karena dapat dijumpai hampir di setiap bagian tumbuhan. Pada daun, parenkim berperan sebagai mesofil daun serta dapat berdiferensiasi menjadi jaringan tiang dan jaringan bunga karang. Pada buah dan biji, parenkim berperan sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan.
  • Kolenkim merupakan jaringan yang berfungsi memberi kekuatan sementara pada tumbuhan yang masih muda.
  • Meristem (jaringan embrional) adalah jaringan yang sel-selnya aktif membelah diri secara mitosis. Kemampuan jaringan meristem bermitosis secara terus-menerus menyebabkan terus bertambahnya sel-sel baru sehingga tumbuhan mengalami pertambahan tinggi dan volume. Sehingga fungsi dari jaringan meristem yaitu berperan dalam pertumbuhan tanaman.

Dengan demikian, jawaban yang tepat yaitu D.space 

0

Roboguru

Jaringan yang terdapat pada daun monokotil adalah .... epidermis bunga karang xilem palisade

Pembahasan Soal:

Daun umumnya tersusun oleh jaringan pelindung (epidermis atas, epidermis bawah, dan derivatnya), jaringan dasar (mesofil), jaringan pengangkut, jaringan penguat, jaringan sekretori. Pada tumbuhan monokotil, jaringan mesofil tidak berdiferensiasi menjadi jaringan palisade dan bunga karang (spons). 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined

0

Roboguru

Perhatikan jenis sel-sel di bawah ini! Tentukan apakah pernyataan di bawah ini benar atau salah. Sel-sel di atas dapat ditemukan pada semua jenis tumbuhan.

Pembahasan Soal:

Jaringan adalah kumpulan sel yang mempunyai bentuk, asal, fungsi, dan struktur yang sama. Pada tumbuhan terdapat beberapa jenis jaringan diantaranya jaringan pembuluh dan jaringan dasar.

1. Jaringan pembuluh terdiri dari floem dan xilem. Komponen penyusun floem adalah: (1) Sel tapis (sieve cell) yang ditunjukkan oleh gambar C (2) Sel pengantar (companion cell) pada Angiospermae atau sel albumin (Strasburger cell) pada Gymnospermae. Sel pengantar tetap berinti pada saat dewasa dan menyokong sel tapis yang ada di dekatnya, melarutkan nutrisi, seperti sukrosa, dan mengalirkannya melalui komponen pembuluh tapis. (3) Serat floem {fiber), dan ( 4) Parenkim floem. Xilem merupakan jaringan kompleks yang tersusun' atas beberapa macam sel: (1) Trakeid yang ditunjukkan oleh gambar A, sel panjang dan runcing, ujung sel berbentuk papan yang menyudut sehingga memungkinkan terjadinya hubungan antar sel; (2) Trakea yang ditunjukkan oleh gambar B, sellebih pendek dan Iebar dibandingkan trakeid, dengan bagian din ding ujung sel yang membentuk perforasi. Trakea ditemukan hanya pada Angiospermae, tumbuhan Gymnospermae tidak memiliki trakea. Sel yang berfungsi untuk konduksi air dan mineral adalah trakeid. (3) Serat, dan ( 4) Parenkim xilem.

2. Jaringan dasar. Jaringan dasar merupakan jaringan utama pengisi tubuh tumbuhan. Secara umum, jaringan ini meliputi parenkim, kolenkim, dan sklerenkim. Parenkim, ditunjukkan oleh gambar D merupakan jaringan dasar utama yang terdapat dalam organ tumbuhan dan membentuk suatu jaringan yang berkesinambungan. Parenkim berkembang dari meristem dasar dan pada saat dewasa sel-sel parenkim tetap hidup. Kolenkim, ditunjukkan oleh gambar E merupakan jaringan penyokong tumbuhan. Sel-sel pada jaringan kolenkim memiliki penebalan pada dinding selnya, akan tetapi dinding set yang tebal ini tidak mengandung lignin. Penebalan dinding sel pada kolenkim tidak merata, oleh sebab itu kolenkim dapat terbagi menjadi dua yaitu kolenkim sudut dan kolenkim papan. Sklerenkim, merupakan jaringan penyokong tumbuhan. Jaringan ini seringkali ditemukan sebagai serat pada jaringan pembuluh. Sklerenkim memiliki penebalan dinding sekunder. Pada saat dewasa, sel-sel pada jaringan ini merupakan jaringan mati. Jenis sklerenkim yang umum adalah serat. Jenis lainnya adalah sklereid yang ditunjukkan oleh gambar F atau sel batu (misalnya pada tempurung kelapa). Sel sklerenkim berbeda-beda dalam hal bentuk, asal mula pembentukan dan perkembangannya.

Dengan demikian, pernyataan di atas BENAR.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved