Roboguru

Gambarkan skema susunan tata surya?

Pertanyaan

Gambarkan skema susunan tata surya?

Pembahasan Soal:

Tata surya terdiri atas semua bintang dan semua benda angkasa yang beredar mengelilinginya. Matahari dikelilingi oleh delapan planet, satelit, komet, meteoroid dan asteroid. Penggolongan planet-planet dalam tata surya dapat dilakukan berdasarkan posisi planet tersebut terhadap sabuk asteroid. Planet dalam adalah planet yang berada di sisi dalam sabuk asteroid, sedangkan planet luar adalah planet yang terletak di luar sabuk asteroid. Planet-planet yang termasuk planet dalam adalah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars, sedangkan yang termasuk planet luar adalah Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Gambaran susunan tata surya sebagai berikut. 

Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa tata surya terdiri atas semua bintang dan semua benda angkasa yang beredar mengelilinginya. Matahari dikelilingi oleh delapan planet, satelit, komet, meteoroid dan asteroid.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Anggraeni

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Empat planet yang mempunyai jarak yang paling dekat dengan matahari, antara lain ....

Pembahasan Soal:

Planet pengiring matahari berjumlah 8 buah, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, Berikut merupakan data jarak planet terhadap matahari.

  1. Merkurius 35,96 juta mil dari Matahari.
  2. Venus 67,20 juta mil dari Matahari.
  3. Bumi 92,90 juta mil dari Matahari.
  4. Mars 141,60 juta mil dari Matahari.
  5. Yupiter 483,30 juta mil dari Matahari.
  6. Saturnus 886,20 juta mil dari Matahari.
  7. Uranus 1.783,00 juta mil dari Matahari.
  8. Neptunus 2.794,00 juta mil dari Matahari.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Untuk apa kita mempelajari bumi beserta anggota tata surya serta kondisi dan perilakunya?

Pembahasan Soal:

Tata surya yang terdiri atas matahari, planet-planet, satelit-satelit, komet, dan meteor hanyalah satu dari jutaan gugusan bintang yang tergabung dalam kelompok bintang disebut dengan galaksi. Mempelajari bumi beserta anggota Tata Surya dan perilakunya spacebermanfaat untuk mengetahui jenis benda-benda langit serta mengetahui fenomena yang ada di Bumi dipengaruhi oleh sistem kerja Tata Surya. Fenomena-fenomena tersebut seperti:

  • Mengetahui sisitem penanggalan di Bumi baik penanggalan Masehi dan Hijriyah.
  • Fenomena pasang surut yang dipengarui oleh Revolusi Bumi.
  • Arah gerakan angin yang berpengaruh terhadap karaktersitik meteorologis dan karakteristik arus dan gelombang.
  • Mengetahui faktor perubahan musim dan cuaca.
  • Mengetahui fenomena-fenomena yang terjadi di langit.space 

0

Roboguru

Deskripsikan delapan planet yang terdapat dalam tata surya!

Pembahasan Soal:

Tata surya kita terdiri 8 planet yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

  1. Merkurius adalah planet paling dekat dengan matahari. Jarak dari matahari sekitar 58 juta km, dengan diameter sekitar 4.800 kmn. Periode rotasi adalah 88 hari, sedangkan periode revolusi 0,24 tahun (revolusi sideris). Massa merkurius hanya 0,045 massa bumi. Temperatur sangat tinggi, yaitu ± 340° C. 
  2. Venus memiliki jarak ke bumi sekitar 42 juta km atau 0,28 SA (satuan astronomi) dan jarak dari matahari 67,20 juta km. Memiliki diameter ± 12.200 km. Venus disebut The Moming Star karena sering terlihat pada pagi hari ketika bintang-bintang lain sudah tidak kelihatan dan sebagai Time Ufe karena kelihatan pada waktu senja (sore hari), saat bintang-bintang lain belum kelihatan. 
  3. Bumi memiliki jarak dengan matahari ±150 juta km. Jarak terjauh sekitar 152,5 juta km. Jari-jari planet bumi 6.370 km. Rotasi bumi adalah 24 jam. Revolusi siderisnya 1 tahun atau 365 hari. Temperatur rata-rata sekitar 10°C. Planet bumi mempunyai satu satelit, yaitu bulan. Bumi merupakan satu-satunya planet yang memiliki kehidupan.
  4. Mars memiliki jarak dengan matahari ±228 juta km atau 1,5 SA. Diamter 6.800 km. Periode rotasi 24 jam 36 menit (24h 36'), sedangkan periode revolusi siderisnya 1,88 tahun atau hampir 23 bulan (687 hari). Terdapat pergantian musim, seperti di bumi. Kutub Mars tampak tertutup es. Atmosfer Mars sangat tipis dan ketika berkedudukan oposisi, mars tampak sebagai bintang berwama merah. Mars memiliki dua buah satelit, yaitu Phobos dan Deimos. 
  5. Yupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya. Jarak dengan matahari 778 juta km. Diameter 140.000 km. Rotasi dan revolusi mencapai 9,9 jam (10 jam) dan 11,86 tahun (12 tahun). Planet Yupiter mempunyai atmosfer. Memiliki14 satelit.
  6. Satumus merupakan planet dengan tiga buah cincin. Jarak dari matahari ±1.430 juta km atau sekitar 9,5 SA. Diametemya ±120.000 km. Rotasinya 10,2 jam dan revolusinya 29,46 tahun (30 tahun). Massa Satumus ±95 massa bumi, suhu mencapai -150° C. Memiliki 10 buah satelit.
  7. Uranus memiliki jarak dari matahari, ±2.880 juta km sehingga suhunya sangat dingin, yaitu - 185°C. Diameter ±50.000 km, dengan waktu rotasi 10,7 jam ( I I jam) dan revolusi 84 tahun (revolusi sideris). Massa planet 14,6 massa bumi. Memiliki 5 satelit, yaitu Miranda, Titania, Ariel, Oberon, dan Umbriel. 
  8. Neptunus memiliki jarak dari matahari ±4.500 juta km atau 30,10 SA. Diameter ±48.000 km. Rotasinya 15,8 jam (16 jam), sedangkan revolusi siderisnya 164,18 tahun. Temperatur -210°C. Neptunus memiliki dua buah satelit, yaitu Triton dan Nereid.space 

0

Roboguru

Pusat tata surya kita adalah ...

Pembahasan Soal:

Dalam tata surya terdapat berbagai macam benda angkasa. Pusat dari tata surya adalah matahari. Matahari adalah bintang yang memiliki massa dan gravitasi terbesar dibandingkan bintang-bintang lainnya, sehingga planet dan benda-benda langit lainnya bergerak mengitari orbitnya. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space space 

0

Roboguru

Titik aphelium adalah kedudukan suatu planet terhadap matahari pada saat kedudukan ...

Pembahasan Soal:

Planet-planet di tata surya bergerak mengelilingi matahari berdasarkan lintasan orbitnya yang berbentuk elips. Dikarenakan orbit berbentuk elips, maka terdapat titik atau posisi terdekat atau terjauh dengan matahari. Titik terdekat dari matahari disebut perihelion (perihelium), sedang titik terjauh dari matahari disebut aphelion (aphelium).space space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved