Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gambarkan sebuah sel bakteri dan tuliskan bagian-bagiannya! Bagian apa saja yang secara umum terdapat pada semua sel bakteri dan bagian apa saja yang terdapat hanya pada bakteri tertentu?

Gambarkan sebuah sel bakteri dan tuliskan bagian-bagiannya! Bagian apa saja yang secara umum terdapat pada semua sel bakteri dan bagian apa saja yang terdapat hanya pada bakteri tertentu?space 

Iklan

I. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Jawaban

bagian yangumum terdapat pada semua sel bakteri, yaitu dinding sel, membran sel, sitoplasma, dan materi genetik serta beberapa organel sel. Sedangkan bagian yang hanya dimiliki oleh jenis bakteri tertentu lain seperti flagelum, pilus, kapsul, dan endospora.

bagian yang umum terdapat pada semua sel bakteri, yaitu dinding sel, membran sel, sitoplasma, dan materi genetik serta beberapa organel sel. Sedangkan bagian yang hanya dimiliki oleh jenis bakteri tertentu lain seperti flagelum, pilus, kapsul, dan endospora.space 

Iklan

Pembahasan

Bakteri merupakan organisme prokariota, yaitu organisme yang tidak memiliki membran inti atauinti sejati di dalam selnya. Disebut demikian karena sel-sel prokariota belum memiliki membran inti sel sehingga bahan genetik (DNA) atau bahan intinya terkonsentrasi di dalam bagian yang disebut nukleoid. Berikut ini merupakan gambar sel bakteri dan bagian-bagiannya: Struktur sel bakteri yang secara umum terdapat pada semua bakteri yaitu dinding sel, membran sel, sitoplasma, dan materi genetik serta beberapa organel sel. Organel lain seperti flagelum, pilus, kapsul, dan endospora, hanya dimiliki oleh jenis bakteri tertentu. Dengan demikian, bagian yangumum terdapat pada semua sel bakteri, yaitu dinding sel, membran sel, sitoplasma, dan materi genetik serta beberapa organel sel. Sedangkan bagian yang hanya dimiliki oleh jenis bakteri tertentu lain seperti flagelum, pilus, kapsul, dan endospora.

Bakteri merupakan organisme prokariota, yaitu organisme yang tidak memiliki membran inti atau inti sejati di dalam selnya. Disebut demikian karena sel-sel prokariota belum memiliki membran inti sel sehingga bahan genetik (DNA) atau bahan intinya terkonsentrasi di dalam bagian yang disebut nukleoid.

Berikut ini merupakan gambar sel bakteri dan bagian-bagiannya:

Struktur sel bakteri yang secara umum terdapat pada semua bakteri yaitu dinding sel, membran sel, sitoplasma, dan materi genetik serta beberapa organel sel. Organel lain seperti flagelum, pilus, kapsul, dan endospora, hanya dimiliki oleh jenis bakteri tertentu.

Dengan demikian, bagian yang umum terdapat pada semua sel bakteri, yaitu dinding sel, membran sel, sitoplasma, dan materi genetik serta beberapa organel sel. Sedangkan bagian yang hanya dimiliki oleh jenis bakteri tertentu lain seperti flagelum, pilus, kapsul, dan endospora.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut ini! Sebutkan nama organel selnya beserta fungsinya! Nomor 10 . . . .

8

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia