Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gambarkan rumus Lewis dan rumus bangun molekul berikut. H 2 ​ CO 3 ​ (atom-atom H terikat pada atom O dan atom terikat pada atom C )

Gambarkan rumus Lewis dan rumus bangun molekul berikut.  (atom-atom  terikat pada atom  dan atom O terikat pada atom

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

rumus Lewis dari H 2 ​ CO 3 ​ dilambangkan dengan titik dan rumus bangunnya dilambangkan dengan garis datar.

rumus Lewis dari  dilambangkan dengan titik dan rumus bangunnya dilambangkan dengan garis datar.space  

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Rumus Lewis adalahpenggambaran jenis ikatan kimia yang terjadi dalam suatu senyawa serta proses terbentuknya ikatan kimia tersebut.Struktur lewis dapat dilambangkan dengan gambar titik, silang atau bulatan-bulatan kecil, atau bisa juga kombinasi dari titik silang atau bulatan kecil. Rumus bangun adalahpenyederhanaan dari rumus Lewisdengan mengganti lambang titik atau silang atau bulatan menjadi sebuah garis. Sebuahgaris ini menyatakan sepasang elektron yang digunakan bersama. Rumus Lewis dan rumus bangun molekul dapat diketahui dengan terlebih dahulu membuat konfigurasi elektron, menentukan elektron valensi dan membentuk ikatannya. Konfigurasi elektron dan elektron valensi: 1 ​ H = 1 , elektron valensi = 1 6 ​ C = 2 4 , elektron valensi = 4 8 ​ O = 2 6 , elektron valensi = 6 Atom H memiliki 1 elektron, untuk mencapai kestabilan (duplet) atom H harus berikatan dengan satu elektron dari atom lainnya. Atom Cmemiliki 4 elektron, untuk mencapai kestabilan (oktet) atom C harus berikatan dengan empatelektron dari atom lainnya. Atom O memiliki 6 elektron, untuk mencapai kestabilan (oktet) atom Oharus berikatan dengan 2 elektron dari atom lainnya. Rumus Lewisnyaadalah suatu pola atau diagram yang menggambarkan jumlah elektron valensi dari atom-atom yang akan membentuk ikatan kimia. Struktur lewis dapatberbentuk titik, silang atau bulatan-bulatan yang mengelilingi lambang atomnya. Rumus lewis dari H 2 ​ CO 3 ​ adalah: Rumus bangun molekulnya adalah penyederhanaan dari struktur Lewis, yaitu dengan mengganti lambang titik atau silang atau bulatan menjadi sepotong garis.Dimana satu garis menyatakan sepasang elektron yang digunakan bersama, dua garis menyatakan dua pasang elektronyang digunakan bersama dantiga garis menyatakan tiga pasang elektronyang digunakan bersama. Gambar rumus bangun dari H 2 ​ CO 3 ​ , adalah: Jadi, rumus Lewis dari H 2 ​ CO 3 ​ dilambangkan dengan titik dan rumus bangunnya dilambangkan dengan garis datar.

Rumus Lewis adalah penggambaran jenis ikatan kimia yang terjadi dalam suatu senyawa serta proses terbentuknya ikatan kimia tersebut. Struktur lewis dapat dilambangkan dengan gambar titik, silang atau bulatan-bulatan kecil, atau bisa juga kombinasi dari titik silang atau bulatan kecil.

Rumus bangun adalah penyederhanaan dari rumus Lewis dengan mengganti lambang titik atau silang atau bulatan menjadi sebuah garis. Sebuah garis ini menyatakan sepasang elektron yang digunakan bersama.

Rumus Lewis dan rumus bangun molekul dapat diketahui dengan terlebih dahulu membuat konfigurasi elektron, menentukan elektron valensi dan membentuk ikatannya.

Konfigurasi elektron dan elektron valensi:

  

Atom H memiliki 1 elektron, untuk mencapai kestabilan (duplet) atom H harus berikatan dengan satu elektron dari atom lainnya.

Atom C memiliki 4 elektron, untuk mencapai kestabilan (oktet) atom C harus berikatan dengan empat elektron dari atom lainnya.

Atom O memiliki 6 elektron, untuk mencapai kestabilan (oktet) atom O harus berikatan dengan 2 elektron dari atom lainnya.

Rumus Lewisnya adalah suatu pola atau diagram yang menggambarkan jumlah elektron valensi dari atom-atom yang akan membentuk ikatan kimia. Struktur lewis dapat berbentuk titik, silang atau bulatan-bulatan yang mengelilingi lambang atomnya. Rumus lewis dari  adalah:


 

Rumus bangun molekulnya adalah penyederhanaan dari struktur Lewis, yaitu dengan mengganti lambang titik atau silang atau bulatan menjadi sepotong garis. Dimana satu garis menyatakan sepasang elektron yang digunakan bersama, dua garis menyatakan dua pasang elektron yang digunakan bersama dan tiga garis menyatakan tiga pasang elektron yang digunakan bersama. Gambar rumus bangun dari , adalah:


 

Jadi, rumus Lewis dari  dilambangkan dengan titik dan rumus bangunnya dilambangkan dengan garis datar.space  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gunakan lambang Lewis untuk menggambarkan pembentukan ikatan pada senyawa berikut! Selanjutnya, kelompokkan ke dalam senyawa ion atau senyawa kovalen! AIF 3 ​ (Nomor atom H= 1, C=6, N=7, F=9, M...

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia