Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gambarkan lapisan-lapisan atmosfer dan beri penjelasan karakter/ciri dari tiap lapisan

Gambarkan lapisan-lapisan atmosfer dan beri penjelasan karakter/ciri dari tiap lapisan  

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Lapisan-lapisan atmosfer : Troposfer Troposfer merupakan lapisan atmosfer yang paling bawah dan yang paling dekat dengan permukaan bumi. Lapisan ini berada di ketinggian 0 hingga 18 km di atas permukaan laut. Ciri-cirinya: tempat terjadinya fenomena iklim, sekitar 80% massa Atmosfer berada di lapisan Troposfer, terdapat lapisan Tropopause yang letaknya di antara lapisan Troposfer dan Stratosfer. Stratosfer L apisan Stratosfer adalah lapisan kedua dari atmosfer bumi. Lapisan ini berada pada ketinggian 18 km hingga 60 km dpl. Ciri-cirinya: Terdapat lapisan ozon di ketinggian 35 km dpl yang bermanfaat untuk melindungi bumi dari sinar ultraviolet yang berlebihan, mempunyai sifat udara yang kering karena tidak mengandung uap air dan berdebu. Mesosfer Lapisan Mesosfer merupakan lapisan atmosfer yang berada di ketinggian 60 km sampai 80 km dpl. Lapisan ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut: berada di tengah-tengah seluruh lapisan atmosfer, lapisan Mesosfer menjadi lapisan atmosfer yang melindungi bumi dan hujan meteor. Termosfer Lapisan Termosfer berada di ketinggian 80 km sampai 100 km dpl. Ciri-ciri lapisan ini adalah sebagai berikut: merupakan lapisan tertinggi nomor dua di atmosfer, sebagian molekul dan atom udara yang ada di lapisan ini mengalami proses ionisasi, terdapat kemunculan aurora, yaitu pita cahaya warna warni yang ada di langit Kutub Utara dan Kutub Selatan. Eksosfer Lapisan Eksosfer merupakan lapisan atmosfer terakhir yang jaraknya paling jauh dari bumi. Lapisan ini berada di ketinggian 800 km sampai 1.500 km dpl. Lapisan ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut: tempat terjadinya gerakan atom atom secara tidak beraturan, memiliki gaya gravitasi yang sangat kecil karena berada di bagian paling luar dari bumi.

Lapisan-lapisan atmosfer :

  1. Troposfer
    Troposfer merupakan lapisan atmosfer yang paling bawah dan yang paling dekat dengan permukaan bumi. Lapisan ini berada di ketinggian 0 hingga 18 km di atas permukaan laut. Ciri-cirinya: tempat terjadinya fenomena iklim, sekitar 80% massa Atmosfer berada di lapisan Troposfer, terdapat lapisan Tropopause yang letaknya di antara lapisan Troposfer dan Stratosfer.
  2. Stratosfer
    Lapisan Stratosfer adalah lapisan kedua dari atmosfer bumi. Lapisan ini  berada pada ketinggian 18 km hingga 60 km dpl. Ciri-cirinya: Terdapat lapisan ozon di ketinggian 35 km dpl yang bermanfaat untuk melindungi bumi dari sinar ultraviolet yang berlebihan, mempunyai sifat udara yang kering karena tidak mengandung uap air dan berdebu.
  3. Mesosfer
    Lapisan Mesosfer merupakan lapisan atmosfer yang berada di ketinggian 60 km sampai 80 km dpl. Lapisan ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut: berada di tengah-tengah seluruh lapisan atmosfer, lapisan Mesosfer menjadi lapisan atmosfer yang melindungi bumi dan hujan meteor.
  4. Termosfer
    Lapisan Termosfer berada di ketinggian 80 km sampai 100 km dpl. Ciri-ciri lapisan ini adalah sebagai berikut: merupakan lapisan tertinggi nomor dua di atmosfer, sebagian molekul dan atom udara yang ada di lapisan ini mengalami proses ionisasi, terdapat kemunculan aurora, yaitu pita cahaya warna warni yang ada di langit Kutub Utara dan Kutub Selatan.
  5. Eksosfer
    Lapisan Eksosfer merupakan lapisan atmosfer terakhir yang jaraknya paling jauh dari bumi. Lapisan ini berada di ketinggian 800 km sampai 1.500 km dpl. Lapisan ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut: tempat terjadinya gerakan atom atom secara tidak beraturan, memiliki gaya gravitasi yang sangat kecil karena berada di bagian paling luar dari bumi.

Latihan Bab

Pengantar Atmosfer

Lapisan Atmosfer

Gejala Optik di Atmosfer

Cuaca dan Iklim

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan lapisan-lapisan pada atmosfer berikut! Eksosfer Mesosfer Troposfer Statosfer Termosfer Urutan lapisan atmosfer dari yang paling dekat dengan bumi adalah....

3rb+

4.3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia