Pertanyaan

Gambarkan kedudukan mean , modus, dan median persebaran simetrik (normal), miring positif, miring negatif!

Gambarkan kedudukan mean, modus, dan median persebaran simetrik (normal), miring positif, miring negatif!space space 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Topik yang dibahas pada soal ini adalah penelitian sosial. Penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan atau masalah guna mencari pemecahan terhadap masalah tersebut. Data penelitian yang bersifat kuantitatif dapat diolah menggunakan statistik. Statistik secara sederhana dapat dihitung dengan mencari nilai rata-rata ( mean ), modus, median, dan persen yang disebut pengukuran tendensi sentral, yaitu pengukuran dari pusat persebaran variabel. Menelaah pertanyaan pada soal di atas dapat digambarkan dan dijelaskan sebagai berikut: Gambar tersebut memperlihatkan kedudukan mean , median, dan modus. Jika persebaran pengukuran tersebut simetrik (normal), seperti pada gambar(a), mean , median, dan modus itu identik. Maka, ketiga jenis pengukuran tersebut berada pada kedudukan yang sama (tidak ada perbedaan nilai antara mean , median, dan modus). Jika persebaran (distribusi) data adalah miring positif atau miring kanan seperti pada gambar (b), Maka, skor ekstrim terjadi di sisi kanan lalu ketiga jenis pengukuran tersebut berada pada kedudukan Mean terletak di sebelah kanan, Median terletak di tengah, dan modus di sebelah kiri. Dari letak tersebut juga menunjukan bahwa nilai Mean lebih besar daripada Median dan nilai Median lebih besar daripada Modus Jika persebaran (distribusi) data adalah miring negatif atau miring kiriseperti pada gambar (c), Maka, ketiga jenis pengukuran tersebut berada pada kedudukan Mean terletak di sebelah kiri, Median di tengah, dan Modus terletak di paling kanan. Dari letak tersebut juga menunjukan bahwa nilai Mean lebih kecil daripada Median dan nilai Median lebih kecil daripada Modus.

Topik yang dibahas pada soal ini adalah penelitian sosial. Penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan atau masalah guna mencari pemecahan terhadap masalah tersebut.

Data penelitian yang bersifat kuantitatif dapat diolah menggunakan statistik. Statistik secara sederhana dapat dihitung dengan mencari nilai rata-rata (mean), modus, median, dan persen yang disebut pengukuran tendensi sentral, yaitu pengukuran dari pusat persebaran variabel.

Menelaah pertanyaan pada soal di atas dapat digambarkan dan dijelaskan sebagai berikut:

Gambar tersebut memperlihatkan kedudukan mean, median, dan modus.

  1. Jika persebaran pengukuran tersebut simetrik (normal), seperti pada gambar (a), mean, median, dan modus itu identik. Maka, ketiga jenis pengukuran tersebut berada pada kedudukan yang sama (tidak ada perbedaan nilai antara mean, median, dan modus).
  2. Jika persebaran (distribusi) data adalah miring positif atau miring kanan seperti pada gambar (b), Maka, skor ekstrim terjadi di sisi kanan lalu ketiga jenis pengukuran tersebut berada pada kedudukan Mean terletak di sebelah kanan, Median terletak di tengah, dan modus di sebelah kiri. Dari letak tersebut juga menunjukan bahwa nilai Mean lebih besar daripada Median dan nilai Median lebih besar daripada Modus 
  3. Jika persebaran (distribusi) data adalah miring negatif atau miring kiriseperti pada gambar (c),  Maka, ketiga jenis pengukuran tersebut berada pada kedudukan Mean terletak di sebelah kiri, Median di tengah, dan Modus terletak di paling kanan. Dari letak tersebut juga menunjukan bahwa nilai Mean lebih kecil daripada Median dan nilai Median lebih kecil daripada Modus.

127

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Proses analisis data biasanya dilakukan terhadap jenis penelitian…

89

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia