Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gambarkan horison tanah lengkap beserta penjelasan tiap lapisannya!

Gambarkan horison tanah lengkap beserta penjelasan tiap lapisannya!

Iklan

A. Kusuma

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Gambar Horison Tanah Penjelasan horizon tanah adalah sebagai berikut. Horizon O, terdiri atas berbagai material organik, seperti sisa dedaunan, bangkai hewan, maupun tumbuhan. Letak horizon O biasanya di permukaan tanah paling atas namun juga dapat terkubur pada lapisan dibawahnya. Horizon A, Horizon A terdiri atas topsoil. Pada partikel yang lebih halus akan mudah larut serta terbawa ke lapisan bawah. Terdapat Horizon E kerap melekat pada jenis Horizon A dengan tujuan untuk membedakan dengan batas horizon di bawahnya, cirinya adalah warna lebih terang daripada horizon B. Horizon B, Proses terbentuknya horizon B berada di bawah horizon A, E, atau O yang telah mengalami perkembangan horizon. Sebagian besar hingga seluruh struktur batuan asli dicirikan hilang pada horizon ini. Kemudian akan memperlihatkan satu atau lebih sifat tanah. Horizon C, Pembentukkannya dipengaruhi oleh sedikit proses pedogenik serta tidak memiliki karakteristik seperti pada horizon O, A, E, maupun B. Letaknya berada di lapisan tanah terbawah yang terdiri dari batuan dasar yang melapuk. Horizon R, lapisan batuan induk paling dasar yang terbentuk dari batuan yang sangat padat serta pejal. Pada area ini belum mengalami pelapukan pada batuan-batuannya. Batuan yang ada pada horizon D atau R terdiri atas granit, basal dan lainnya.

Gambar Horison Tanah 

Penjelasan horizon tanah adalah sebagai berikut.

  • Horizon O, terdiri atas berbagai material organik, seperti sisa dedaunan, bangkai hewan, maupun tumbuhan. Letak horizon O biasanya di permukaan tanah paling atas namun juga dapat terkubur pada lapisan dibawahnya.
  • Horizon A, Horizon A terdiri atas topsoil. Pada partikel yang lebih halus akan mudah larut serta terbawa ke lapisan bawah. Terdapat Horizon E kerap melekat pada jenis Horizon A dengan tujuan untuk membedakan dengan batas horizon di bawahnya, cirinya adalah warna lebih terang daripada horizon B.
  • Horizon B, Proses terbentuknya horizon B berada di bawah horizon A, E, atau O yang telah mengalami perkembangan horizon. Sebagian besar hingga seluruh struktur batuan asli dicirikan hilang pada horizon ini. Kemudian akan memperlihatkan satu atau lebih sifat tanah.
  • Horizon C, Pembentukkannya dipengaruhi oleh sedikit proses pedogenik serta tidak memiliki karakteristik seperti pada horizon O, A, E, maupun B. Letaknya berada di lapisan tanah terbawah yang terdiri dari batuan dasar yang melapuk.
  • Horizon R, lapisan batuan induk paling dasar yang terbentuk dari batuan yang sangat padat serta pejal. Pada area ini belum mengalami pelapukan pada batuan-batuannya. Batuan yang ada pada horizon D atau R terdiri atas granit, basal dan lainnya.space 

Latihan Bab

Pengantar Litosfer

Tektonisme

Vulkanisme

Seisme

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Karena lapisan tanah atas merupakan bagian yang optimal bagi kehidupan tumbuh-tumbuhan maka lapisan ini sering disebut sebagai lapisan . . . .

5rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia