Roboguru

Gambar yang menunjukkan hubungan antartulang di mana ujung-ujungnya seperti engsel dan berbentuk lekukan adalah ....

Pertanyaan

Gambar yang menunjukkan hubungan antartulang di mana ujung-ujungnya seperti engsel dan berbentuk lekukan adalah ....space space 

  1. space space 

  2. space space 

  3. space space 

  4. space space 

  5. space space 

Pembahasan Soal:

Perhatikan gambar macam-macam sendi dan lokasinya berikut ini!

Sendi engsel hanya dapat bergerak ke satu arah seperti engsel pintu (ilustrasi dapat dilihat pada gambar). Contoh sendi engsel yaitu sendi pada siku dan lutut.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sendi engsel, sendi peluru, sendi putar, dan sendi pelana termasuk ke dalam tipe persendian....

Pembahasan Soal:

Tipe persendian manusia dibedakan berdasarkan kemampuan geraknya, yaitu sendi mati (Sinartrosis) dimana sendi ini tidak memungkinkan adanya pergerakan, contohnya pada sendi antar tulang tengkorak. Selanjutnya ada sendi kaku (Amfiartrosis) dimana sendi ini memungkinkan adanya pergerakan yang terbatas, contohnya pada sendi yang terdapat pada antar ruas tulang belakang dan tulang rusuk. Terakhir yaitu sendi gerak (Diartrosis), yaitu sendi yang dapat digerakkan secara leluasa. Contoh sendi gerak adalah sendi engsel, yang memungkinkan terjadinya pergerakan satu arah yang terdapat pada tulang lutut dan siku; sendi peluru, adalah sendi yang bisa bergerak ke segala arah dan bentuknya mirip bola dan tulang seperti mangkuk seperti yang ada pada hubungan antara tulang lengan atas dan gelang bahu; sendi putar, adalah salah satu sendi yang gerakan salah satu ujung tulangnya mengitari/membuat gerakan berputar pada ujung tulang lain sehingga salah satu ujung tulang menjadi poros dan tulang lainnya bisa berputar di sana seperti pada pertemuan antara tulang leher dan tengkorak; serta ada sendi pelana yang berbentuk mirip seperti “pelana”,sendi ini mampu membuat gerakan dua arah, yaitu ke arah samping dan depan, contohnya adalah sendi yang berada pada tulang pangkal ibu jari.

Dengan demikian, sendi engsel, sendi peluru, sendi putar, dan sendi pelana termasuk ke dalam tipe sendi gerak (Diartrosis), yaitu sendi yang dapat digerakkan secara leluasa.undefined 

0

Roboguru

Jelaskan pengertian dari sendi dan macam-macam sendi!

Pembahasan Soal:

Tulang di dalam tubuh dapat berhubungan secara erat atau tidak erat. Hubungan antartulang disebut artikulasi atau persendian. Berdasarkan fungsinya, yaitu dengan memerhatikan kemampuan gerak sendi, sendi dibedakan menjadi sinartrosis (tidak dapat digerakkan), amfiartrosis (dapat digerakkan sedikit), dan diartrosis (dapat bergerak bebas).

  • Sinartrosis adalah hubungan antartulang yang tidak memiliki celah sendi. Sendi ini sama sekali tidak bisa digerakkan. Contohnya hubungan antartulang yang menyusun tengkorak, yang disebut sutura.
  • Amfiartrosis adalah sendi yang dihubungkan oleh kartilago sehingga memungkinkan untuk sedikit gerakan. Contohnya pada sendi antartulang belakang dan pada tulang kemaluan.
  • Diartrosis adalah hubungan antartulang yang kedua ujungnya tidak dihubungkan oleh jaringan ikat sehingga tulang dapat digerakkan. Hubungan antartulang yang bersifat diartrosis contohnya adalah sebagai berikut.
    • Sendi engsel, kedua ujung tulang berbentuk engsel dan berporos satu. Gerakannya hanya satu arah seperti gerak engsel pintu. Misalnya, sendi pada siku, lutut, mata kaki, dan ruas  antarjari.
    • Sendi putar, ujung tulang yang satu dapat mengitari ujung tulang yang lain. Bentuk seperti ini memungkinkan gerakan rotasi dengan satu poros. Contohnya adalah sendi antara tulang hasta dan pengumpil.
    • Sendi pelana, kedua ujung tulang membentuk sendi berbentuk pelana dan berporos dua, tetapi dapat bergerak lebih bebas, seperti gerakan orang naik kuda. Misalnya, sendi antara tulang telapak tangan dengan pergelangan tangan dan dengan ruas jari tangan.
    • Sendi peluru, kedua ujung tulang berbentuk lekuk dan bongkol. Bentuk ini memungkinkan gerakan bebas ke segala arah dan dapat berporos tiga. Misalnya, sendi antara tulang gelang bahu dan lengan atas, dan antara tl'llang gelang panggul dan paha.
    • Sendi geser adalah sendi yang memungkinkan gerakan antar tulang yang satu menggeser yang lain. Contoh: sendi pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki. 

0

Roboguru

Perhatikan ciri-ciri hubungan tulang berikut. Tulang-tulangnya dapat digerakkan. Tulang-tulangnya tidak dapat digerakkan Memiliki membran sinovial. Memiliki cairan sinovial. Tulang dihubungkan ...

Pembahasan Soal:

Diartrosis adalah hubungan antartulang yang kedua ujungnya tidak dihubungkan oleh jaringan ikat sehingga tulang dapat digerakkan. Diartrosis disebut juga sendi sinovial yang dicirikan oleh keleluasaannya dalam bergerak dan fleksibel. Arah gerakan pada sendi diartrosis ada yang ke satu arah dan ada pula yang bergerak ke berbagai arah. Terbentuknya sendi dimulai dari kartilago di daerah sendi. Mula-mula kartilago akan membesar lalu kedua ujungnya akan diliputi jaringan ikat. Setelah itu, kedua ujung kartilago membentuk sel-sel tulang, keduanya diselubungi oleh selaput sendi (membran sinovial) yang liat dan menghasilkan minyak pelumas tulang yang disebut cairan sinovial. Salah satu bagian tulang yang bersifat diatrosis adalah hubungan tulang pada tulang gelang bahu dan lengan atas yang disebut sendi peluru.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut!     Identifikasilah persendian yang memungkinkan terjadi gerakan pada tulang tersebut!

Pembahasan Soal:

Gambar diatas menunjukkan tulang pada bagian lengan. Persendian yang dapat terjadi adalah sendi engsel dan sendi pelana. Sendi pelana terdapat pada hubungan antara tulang ibu jari dengan tulang telapak tangan, dimana memungkinkan terjadinya beberapa gerakan rotasi, namun tidak ke segala arah. Sendi engsel terdapat pada tulang siku dan lutut, memungkinkan terjadinya pergerakan satu arah saja sehingga hanya bisa diluruskan atau ditekuk. undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar rangka manusia dan persendiannya berikut ini!   Persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan sangat bebas ditunjukkan oleh . . . .

Pembahasan Soal:

Persendian yang memiliki ruang gerak yang sangat bebas pada gambar ditunjukkan oleh angka 1. Persendian angka 1 adalah sendi peluru. Sendi peluru adalah sendi yang menghubungkan tulang dengan arah gerak ke segala arah. Ini memungkinkan manusia bergerak sangat bebas. Contoh dari sendi peluru adalah pada pertemuan antara tulang lengan atas dengan tulang bahu dan tulang paha dengan tulang gelang panggul.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved