Roboguru

Gambar skema struktur sel Organel X merupakan organel yang dimiliki sel hewan maupun sel tumbuhan. Organel tersebut mempunyai suatu sistem membran yang komplek dalam sitoplasma. Fungsi membran tersebut adalah... .

Pertanyaan

Gambar skema struktur sel

Organel X merupakan organel yang dimiliki sel hewan maupun sel tumbuhan. Organel tersebut mempunyai suatu sistem membran yang komplek dalam sitoplasma. Fungsi membran tersebut adalah... .

  1. Menyalurkan hasil sintesis protein ke dalam inti

  2. Menggabungkan asam amino menjadi rantai polipeptida

  3. Mentransfer dan mengubah materi-materinya

  4. Tempat respirasi aerob dalam sel

  5. Menghancurkan organel lain yang tidak berfungsi

Pembahasan Soal:

Organel yang ditunjuk oleh huruf X merupakan mitokondria. Mitokondria merupakan organel sel yang berperan sebagai tempat respirasi seluler dan pembentukan energi, sehingga disebut juga dengan istilah "the power house of the cell". Mitokondria dapat ditemukan pada sebagian besar organisme eukariotik. Energi yang dihasilkan oleh mitokondria berupa ATP ang nantinya akan digunakan untuk menjalankan berbagai reaksi kimia dalam sel. Energi tersebut dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa gula melalui proses respirasi seluler.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 20 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tiga proses dapat diukur saat mitokondria disuspensi dalam sebuah buffer yang mengandung ADP, Pi dan substrat yang dapat dioksidasi: oksidasi substrat, konsumsi O2, dan produksi ATP. Sianida (CN-) ada...

Pembahasan Soal:

Z adalah NDP. Transpor elektron membutuhkan sintesis ATP. Ketika DNP di masukkan, maka oksigen terus dikonsumsi, meskipun tidak ada ATP yang dibuat. Sehingga grafik oksigen yang digunakan sangat tinggi sedangkan grafik O2 yang dihasilkan konstan (tidak ada O2 yang dihasilkan) hal ini sangat berbahaya bagi sintesis ATP.

Dengan demikian, pernyataan di atas BENAR.space 

0

Roboguru

Beri contoh sel yang mengandung banyak mitokondria dan sel yang tidak mengandung mitokondria  ...

Pembahasan Soal:

Mitokondria merupakan organel  yang dapat ditemukan pada hampir seluruh sel eukariotik termasuk sel hewan, sel tumbuhan, fungi serta uniseluler eukariotik. Beberapa sel memiliki satu buah mitokondria dengan ukuran besar, namun ada pula sel-sel yang memiliki ratusan hingga ribuan mitokondria. Jumlah mitokondria yang dimiliki oleh sebuah sel erat kaitannya dengan tingkat aktivitas metaboisme yang dijalankan oleh sel tersebut.

Di dalam sel, mitokondria berperan dalam menghasilkan energi dalam bentuk ATP yang akan digunakan oleh sel untuk melaksanakan aktivitasnya. Contoh sel yang memiliki banyak mitokondria adalah sel otot jantung dan sel sperma. Sel otot jantung memiliki banyak mitokondria karena sel tersebut membutuhkan energi yang banyak agar dapat terus melakukan kontraksi pada otot jantung sehingga proses sirkulasi darah dan plasmanya bisa tetap berlangsung. Selain sel otot jantung, sel sperma juga merupakan sel yang memiliki banyak mitokondria pada bagian ekornya karena sperma membutuhkan energi dalam jumlah yang banyak agar bisa bergerak menuju sel telur untuk proses fertilisasi. Sebaliknya, sel darah merah dewasa merupakan salah satu tipe sel yang tidak memiliki mitokondria karena fungsi sel darah merah untuk membawa oksigen menuju selutruh tubuh. Ketiadaan mitokondria pada sel darah merah dewasa dimaksudkan untuk menghindari konversi oksigen yang dibawa oleh sel darah merah menjadi ATP dan berakibat pada penurunan konsentrasi oksigen yang seharusnya disuplai ke seluruh tubuh.

0

Roboguru

Identifikasilah gambar organel sel berikut dengan teliti! Organel X merupakan organel yang dimiliki sel hewan maupun sel tumbuhan. Organel tersebut memiliki suatu sistem membran yang kompleks/ganda da...

Pembahasan Soal:

Bagian X adalah organel mitokondria. Organel mitokondria berfungsi untuk respirasi aerob dengan cara mengoksidasi  glukosa untuk menghasilkan energi dalam bentuk ATP. 

0

Roboguru

Perhatikan gambar sel di bawah ini!    Fungsi organela 3 dan 5 adalah ....

Pembahasan Soal:

Organel nomor 3 adalah retikulum endoplasma kasar sedangkan organel nomor 5 adalah mitokondria.

  • Mitokondria (pembangkit tenaga) . Mitokondria (tunggal, mitokondrion) merupakan organel sitoplasmik pada hewan dan tumbuhan. Setiap mitokondrion berbentuk batang yang dikelilingi oleh membran ganda. Mitokondria mengandung enzim untuk mengatalisis reaksi biokimia yang terlibat dalam pemapasan. Pada proses ini dihasilkan energi sehingga mitokondria biasanya disebut juga "pembangkit tenaga sel". Mitokondria merupakan pusat bagi pemapasan seluler dan menghasilkan molekul kaya akan energi, ATP (adenosin trifosfat). 
  • Retikulum Endoplasma (RE). RE merupakan jaringan membran (berdinding ganda) yang membungkus rongga berisi cairan. Berdasarkan ada tidaknya ribosom pada permukaan RE, terdapat dua jenis RE; yaitu RE kasar (terdapat ribosom) dan RE halus (RE tanpa, ribosom). Struktur membran pada inti bersatu dengan membran RE. RE kasar merupakan tempat sintesis protein. RE halus turut berperan dalam sekresi lipid. RE menyediakan tambahan area permukaan untuk terjadinya reaksi metabolisme. 

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Perhatikan gambar struktur sel berikut! Sebutkan organel-organel sel yang ditunjukkan pada gambar di atas beserta fungsinya masing-masing!

Pembahasan Soal:

Sel merupakan struktur terkecil dari suatu makhluk hidup. Setiap sel tersusun atas organel-organel yang membantu sel agar tetap hidup. Sel yang ditunjukkan oleh gambar di atas adalah sel tumbuhan. Berdasarkan gambar di atas, berikut adalah beberapa organel yang terdapat pada sel tumbuhan:

  • Aparatus golgi (a)
    Berfungsi melepaskan sekresi pada permukaan sel, membentuk lisosom serta akrosom, membentuk kantung vesikula untuk sekresi sel, dan membantu proses pembentukan dinding sel tumbuhan.
  • Kloroplas (b)
    Berfungsi untuk mengkonversi sinar matahari, air dan karbon dioksida menjadi makanan bagi tumbuhan. Kloroplas juga merupakan salah satu organel penghasil energi bersama dengan mitokondria, dan hadir di semua jenis tanaman. Kloroplas adalah situs fotosintesis. Bagian dari reaksi fotosintesis terjadi pada membran internal dalam organel.
  • Mitokondria (c)
    Merupakan organel sel bermembran ganda yang berperan penting dalam respirasi seluler untuk membentuk energi bagi setiap jenis sel.
  • Nukleus (d) 
    Fungsi utama nukleus adalah sebagai pusat perintah dan juga untuk mengontrol aktivitas sel. Hal ini terjadi karena adanya benang kromosom yang terdapat di dalam nukleus.
  • Retikulum Endoplasma Kasar (RE Granular) (e)
    Fungsi utama dari RE granular adalah sebagai tempat sintesis protein. Hal ini dikarenakan di permukaan RE granular terdapat bintik-bintik ribosom yang berperan dalam sintesis protein. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved