Roboguru

Gambar porifera beserta keterangannya!

Pertanyaan

Gambar porifera beserta keterangannya!undefined

Pembahasan Soal:

Bagian-bagian tubuh porifera terdiri atas epidermis, mesoglea/masenkim, dan rongga. Epidermis merupakan bagian luar tubuh tersusun oleh sel-sel pinakosit. Mesoglea/mesenkim merupakan bagian tengah tubuh yang tersusun atas sel koanosit, sel amoebosit, sel skleroblas dan sel arkeosit. Sel koanosit berfungsi untuk menangkap dan mencerna partikel makanan. Sel amoebosit berfungsi untuk mengedarkan zat makanan yang sudah dicerna oleh sel koanosi. Sel skleroblas berfungsi bagian yang menyokong tubuh porifera. Sel arkeosit berperan dalam proses reproduksi/regenerasi. Rongga bagian tubuh porifera yang membentuk spongosoel yang merupakan muara dari poriostum. Berfungsi menyalurkan air dari poriostum ke saluran pengeluaran (oskulum).undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Anissa

Mahasiswa/Alumni Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tipe saluran porifera dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran lurus yang langsung menuju ke rongga dalam (spongosol) adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Filum Porifera disebut juga hewan spons atau hewan berpori. Tubuh Porifera dihubungkan oleh saluran-saluran air. Aliran air tubuh porifera terbagi menjadi empat macam yaitu :

  1. Ascon : merupakan tipe saluran air dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran lurus yang langsung menuju ke spongosol (rongga dalam).
  2. Sycon : merupakan tipe saluran air dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran yang bercabang-cabang ke rongga-rangga yang berhubungan langsung dengan spongosol.
  3. Leucon : merupakan tipe saluran air dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran yang bercabang-cabang ke rongga yang sudah tidak berhubungan langsung dengan spongosol.
  4. Rhagon: Tubuh berbentuk kerucut dengan oskulum yang terletak di puncak. Spongosol dibatasi oleh ruang oval, yang terbuka lebar oleh apopil. Antara epidermis dan bilik-bilik terletak mesenkim yang menebal yang dilalui oleh kanal-kanal dan ruang-ruang subdermal.

Dengan demikian, tipe saluran porifera dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran lurus yang langsung menuju ke rongga dalam (spongosol) adalah ascon.space space 

0

Roboguru

Sel lapisan tubuh terluar porifera disebut....

Pembahasan Soal:

Porifera memiliki tiga lapisan tubuh, yaitu: 

  1. Lapisan terluar (epidermis), tersusun atas sel-sel pinakosit yang berbentuk pipih. Beberapa sel ini membentuk lubang kecil (ostium) tempat masuknya air. 
  2. Lapisan tengah atau mesohyl (mesoglea) berupa gelatin, sebagai pembatas antara lapisan dalam dengan lapisan luar. Lapisan ini tersusun atas sel amoebosit (mengangkut makanan dan zat sisa metabolisme) dan skleroblas (membentuk spikula). 
  3. Lapisan dalam (endodermis), tersusun atas sel-sel koanosit yang berflagela dan berfungsi untuk mencerna makanan. 

Jadi, sel pada lapisan terluar tubuh porifera adalah sel pinakosit.space  

0

Roboguru

Ditemukan hewan yang menempel di dasar perairan, seluruh permukaan tubuhnya berpori dan memiliki saluran air. Hewan itu termasuk kelompok ....

Pembahasan Soal:

Porifera merupakan hewan yang menempel di dasar perairan, seluruh permukaan tubuhnya berpori dan memiliki saluran air askon, sikon dan leukon. Porifera memiliki ciri umum yaitu diploblastik, asimetri, tubuh berpori, air dan makanan masuk lewat ostium dan keluar lewat oskulum, memiliki sel koanosit sebagai pencerna makanan dan respirasi, sel amoebosit sebagai sel pengedar makanan, membentuk gemula ketika kondisi tidak menguntungkan, tidak memiliki sistem saraf dan tidak memiliki peredaran darah.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Lengkapilah kolom kosong pada tabel berikut ini! No Nama Hewan Bentuk Tubuh Lapisan Tubuh Simetri Tubuh Rongga Tubuh Reproduksi 1 Porifera     Asimetri

Pembahasan Soal:

Porifera merupakan kelompok hewan invertebrata yang tidak memiliki jaringan sejati (parazoa), tanpa organ dan terspesialisasi. Ciri-ciri porifera yaitu :

  1. Memiliki bentuk tubuh seperti vas bunga dan memiliki pori-pori seperti spons.
  2. Memilki 2 lapisan embrionik (diploblastik).
  3. Tubuh bersifat asimetri.
  4. Aselomata (tidak memiliki rongga tubuh)
  5. Reproduksi dengan cara seksual dan aseksual. Reproduksi seksual dilakukan melalui peleburan sel telur dan spermatozoa, sedangkan reproduksi aseksual dilakukan melalui pertunasan (budding).
  6. Sebagian besar hidup di laut dan sebagian hidup di air tawar.
  7. Porifera dewasa hidup secara sesil atau melekat pada susbtrat.
  8. Hidup secara heterotrof dengan memakan plankton dan bakteri.undefined 

0

Roboguru

Jelaskan 3 tipe saluran air porifera!

Pembahasan Soal:

Porifera merupakan yang memiliki pori-pori pada tubuhnya. Pori-pori menjadi jalan masuk air yang ditarik ke dalam tubuh porifera. Sel-sel porifera mengambil partikel makanan dari air saat melintas melalui tubuhnya sehingga memberikan sumber gizi. Aliran air tubuh porifera terbagi menjadi 3 macam yaitu :

  1. Ascon : merupakan tipe saluran air dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran lurus yang langsung menuju ke spongosol (rongga dalam).
  2. Sycon : merupakan tipe saluran air dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran yang bercabang-cabang ke rongga-rongga yang berhubungan langsung dengan spongosol.
  3. Leucon : merupakan tipe saluran air dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran yang bercabang-cabang ke rongga yang sudah tidak berhubungan langsung dengan spongosol.undefined 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved