Pertanyaan

Gambar berikut menunjukkan sejumlah kubus es dalam sebuah kantong plastik yang dibawa seorang perawat dari kulkas menuju ruang operasi sebuah rumah sakit. Perawat memerhatikan bahwa es melebur terlalu cepat, kemudian ia menaruh kantong yang berisi es tersebut ke dalam plastik kedua. Ada lapisan udara terbentuk di antara kedua plastik. Mengapa dengan usaha perawat ini, es berhenti melebur? Jelaskan.

Gambar berikut menunjukkan sejumlah kubus es dalam sebuah kantong plastik yang dibawa seorang perawat dari kulkas menuju ruang operasi sebuah rumah sakit.

Perawat memerhatikan bahwa es melebur terlalu cepat, kemudian ia menaruh kantong yang berisi es tersebut ke dalam plastik kedua. Ada lapisan udara terbentuk di antara kedua plastik. Mengapa dengan usaha perawat ini, es berhenti melebur? Jelaskan.space 

Y. Setiaji

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

lapisan es berguna sebagai isolator untuk mencegah peleburan es.

lapisan es berguna sebagai isolator untuk mencegah peleburan es.space 

Pembahasan

Lapisan udara antara plastik pertama dan plastik kedua bertindak sebagai isolator panas, lapisan udara mencegah perpindahan panas dari lingkungan ke dalam es (seperti prindisip kerja termos dingin sederhana). Dengan demikian peleburan es dapat diminimalisir. Jadi, lapisan es berguna sebagai isolator untuk mencegah peleburan es.

Lapisan udara antara plastik pertama dan plastik kedua bertindak sebagai isolator panas, lapisan udara mencegah perpindahan panas dari lingkungan ke dalam es (seperti prindisip kerja termos dingin sederhana). Dengan demikian peleburan es dapat diminimalisir.

Jadi, lapisan es berguna sebagai isolator untuk mencegah peleburan es.space 

22

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Energi listrik memanasi pelat panas hingga berpijar merah. Beberapa lama kemudian, air dalam panci mulai dipanasi sampai mendidih dan ketika telapak tanganmu ditaruh di atas panci terasa panas.Bahan a...

15

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia