Roboguru

Gambar berikut menunjukkan sebuah transformator dengan 20 lilitan pada kumparan primer dan 100 lilitan pada kumparan sekunder. Kumparan primer dihubungkan ke suplai AC 24 V. Mengapa transformator harus menggunakan tegangan AC? Jelaskan!

Pertanyaan

Gambar berikut menunjukkan sebuah transformator dengan 20 lilitan pada kumparan primer dan 100 lilitan pada kumparan sekunder. Kumparan primer dihubungkan ke suplai AC 24 V.

Mengapa transformator harus menggunakan tegangan AC? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Transformator bekerja berdasarkan konsep induksi elektromagnetik. Arus AC pada kumparan primer membuat perubahan medan magnetik yang menerobos kumparan sekunder. Akibatnya, GGL diinduksikan pada ujung-ujung kumparan sekunder dan arus AC akan mengalir jika dihubungkan ke beban listrik.

Dengan demikian transformator hanya dapat bekerja menggunakan tegangan AC karena tegangan AC memiliki arus listrik yang nilainya berubah - ubah berdasarkan frekuensi tertentu untuk membuat perubahan medan magnet dan membangkitkan ggl induksi. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Haq

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Gambarkan prinsip kerja dan keterangan prinsip kerja tersebut pada penerapan magnet dan induksi elektromagnetik pada bel listrik!

Pembahasan Soal:

Bel Listrik yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Electric Bell adalah sebuah alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi suara dengan menggunakan prinsip Elektromagnetik.

Bel Listrik dengan Prinsip kerja Elektromagnetik terdiri dari beberapa Komponen atau bagian utama yaitu :

  • Lonceng (Gong)
  • Pemukul (Striker)
  • Kumparan Elektromagnet
  • Armature
  • Spring
  • Interuptor (penghubung dan pemutus arus listrik)

Adapun skema dari bel listrik adalah sebagai berikut:

 

Berdasarkan gambar Rangkaian Bel Listrik (Electric Bell)  diatas, saat Switch (S1) ditekan (ON), arus listrik akan mengalir ke Kumparan Elektromagnet melalui Interuptor sehingga terjadi medan magnet untuk menarik Armature Striker (pemukul). Striker yang ditarik tersebut kemudian memukul Lonceng (Gong) sehingga Bel Listrik berbunyi.   Ketika Armature Striker ditarik oleh Elektromagnet, hubungan listrik di Interuptor pun terputus dan menyebabkan Kumparan Elektromagnetik tidak dialiri arus listrik.

Kumparan Elektromagnetik yang tidak dialiri arus listrik tersebut akan kehilangan medan magnetnya sehingga tidak mampu lagi menarik Armature. Armature yang terlepas tersebut akan mengayun kembali ke posisi semula dan Interuptor menjadi terhubung kembali sehingga arus listrik dapat mengalir lagi ke Kumparan Elektromagnet untuk menarik Armature. Demikian siklus proses tersebut berulang-ulang kembali dengan cepat dalam hitungan detik sehingga menghasilkan suara yang berkesinambungan (terus menerus). Suara atau bunyi Bel Listrik ini akan terhenti jika Switch (S1) di-OFF-kan.

Roboguru

Besar gaya gerak listrik induksi dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut, kecuali …

Pembahasan Soal:

Saat sepeda dikayuh dengan cepat nyala lampu sepeda semakin terang, hal ini akrena kumparan pada dinamo akan bergerak cepat sehingga gaya gerak listrik (GGL) induksi yang dihasilkan menjadi lebih kuat dan energi listrik yang dihasilkan menjadi lebih banyak. Selain dengan mempercepat putaran kumparan, penggunaan magnet yang kuat, memperbanyak jumlah lilitan, dan penggunaan inti besi lunak dalam dinamo juga dapat mengakibatkan GGL induksi yang dihasilkan menjadi lebih kuat

Jadi, yang tidak berpengaruh pada GGL induksi adalah besar hambatan kawat.

Dengan demikian jawaban yang benar D

Roboguru

Apa yang terjadi jika mentransmisikan energi listrik dari pusat pembangkit yang jauh dari beban digunakan tegangan rendah?

Pembahasan Soal:

Besarnya energi listrik sebanding dengan dengan besarnya tegangan dan arus listrik. Saat ebergi listrik ditransmisikan menggunakan tegangan rendah maka akan arus lsitrik yang ditransmisikan akan menjadi sangat tinggi. Hal ini akan sangat berbahaya, karena arus lsitrik lebih berbahaya dari tegangan listrik. 

Roboguru

Sepeda Andi memiliki lampu yang berasal dari dinamo sepeda. Lampu tersebut menyala agak redup setelah sepeda bergerak. Agar lampu tersebut menyala lebih terang, yang harus Andi lakukan adalah .....

Pembahasan Soal:

Penyelesaian:

Dinamo merupakan salah satu alat dari aplikasi induksi elektromagnetik. Kumparan dinamo dililitkan pada inti besi lunak dan posisinya diam sehingga disebut stator, sedangkan magnet permanen yang berotasi disebut rotor. Selama kumparan berputar, selalu terjadi perubahan fluks magnetik yang memotong kumparan dan perubahan fluks magnetik ini akan membangkitkan GGL induksi pada ujung-ujung kumparan sehingga arus mengalir jika ujung-ujung kumparan ditutup dengan beban listrik. Ketika lampu sepeda Andi redup, itu artinya kumparan memutar tidak maksimal, sehingga Andi harus mengayuh sepedanya dan bergerak dipercepat. Hal ini sesuai dengan persamaan: εinduksi=N×B×A×ω×sin(ωt), dengan ω adalah kecepatan sudut yang dialami dinamo.

Dengan demikian, agar lampu tersebut menyala lebih terang, yang harus Andi lakukan adalah mempercepat kelajuan sepeda.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B. 

Roboguru

Besar GGL induksi dipengaruhi oleh faktor-faktor di bawah ini, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Besar kecilnya ukuran magnet tidak mempengaruhi GGL Induksi, yang mempengaruhi adalah besar kecilnya kekuatan magnet, jumlah lilitan, dan kecepatan gerak magnet/kumparan.space

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved