Pertanyaan

Gambar berikut menunjukkan pembelahan sel pada tahap ....

Gambar berikut menunjukkan pembelahan sel pada tahap ....

space 

  1. profasespace 

  2. metafase space 

  3. anafasespace 

  4. telofase space 

  5. interfasespace 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah C.

pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan

Pembahasan

Pembelahan mitosis sangat penting untuk pertumbuhan, perbaikan dan penggantian sel yang tua atau rusak, dan reproduksi aseksual. Mitosis merupakan proses pembelahan inti sel, baik pada eukariota diploid (2n) maupun haploid (n). Pada kejadian tersebut akan dihasilkan dua nukleus sel anakan yang sama persis dengan sel induk secara genetis. Pembelahan mitosis berlangsung dalam beberapa tahap, yaitu profase, metafase, anafase, dan telofase. Salah satu tahapan sesuai gambar di atas adalah anafase. Ciri-ciri tahap anafase yaitu ketika kedua sentromer yang tadinya menempel pada kromatid kembar menjadi terpisah. Kromosom anakan mulai bergerak ke arah kutub-kutub yang berlawanan dalam sel. Hal tersebut dapat terjadi karena aktivitas benang gelendong kinetokor mengalami pemendekan. Pada akhir anafase, satu set kromosom lengkap telah tersusun pada masing-masing kutub sel. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Pembelahan mitosis sangat penting untuk pertumbuhan, perbaikan dan penggantian sel yang tua atau rusak, dan reproduksi aseksual. Mitosis merupakan proses pembelahan inti sel, baik pada eukariota diploid (2n) maupun haploid (n). Pada kejadian tersebut akan dihasilkan dua nukleus sel anakan yang sama persis dengan sel induk secara genetis. Pembelahan mitosis berlangsung dalam beberapa tahap, yaitu profase, metafase, anafase, dan telofase. Salah satu tahapan sesuai gambar di atas adalah anafase. Ciri-ciri tahap anafase yaitu ketika kedua sentromer yang tadinya menempel pada kromatid kembar menjadi terpisah. Kromosom anakan mulai bergerak ke arah kutub-kutub yang berlawanan dalam sel. Hal tersebut dapat terjadi karena aktivitas benang gelendong kinetokor mengalami pemendekan. Pada akhir anafase, satu set kromosom lengkap telah tersusun pada masing-masing kutub sel.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

1rb+

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Jihan dan Jini mengamati preparat sel akar bawang menggunakan mikroskop untuk melihat fase pembelahan selnya. Hasil pengamatan yang diperoleh tampak seperti pada gambar berikut: Menurut Jihan...

2rb+

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia