Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gambar berikut ini menunjukkan duabentuk gelombang A dan B. Untuk tiapgelombang tersebut, tentukanlahamplitudo, periode, dan frekuensigelombang!

Gambar berikut ini menunjukkan dua bentuk gelombang A dan B.

Untuk tiap gelombang tersebut, tentukanlah amplitudo, periode, dan frekuensi gelombang! space

Iklan

J. Khairina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

besarnya amplitudo, periode, dan frekuensigelombang A adalah 2 mm, 10 s, 0,1 Hz dan gelombang B adalah 3 mm, 20 s, dan 0,05 Hz.

besarnya amplitudo, periode, dan frekuensi gelombang A adalah 2 mm, 10 s, 0,1 Hz dan gelombang B adalah 3 mm, 20 s, dan 0,05 Hz. space space

Iklan

Pembahasan

Diketahui: Gambar gelombang transversal . Ditanya: A , T , dan f = ... ? Penyelesaian: Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatnyategak lurusterhadaparah getarannya. Untuk gelombang transversal terdapat beberapa besaran yang dapat ditemukan sebagai berikut. (1). Amplitudo gelombang ,yaitu jarakpuncak gelombang di atas kedudukanseimbangatau jarakdasar gelombang di bawah kedudukan seimbangnya. Berdasarkan gambar soal, amplitudo gelombang A adalah 2 mm dan gelombang B adalah 3 mm. (2). Periode gelombang , yaitu selang waktu yang diperlukan untuk menempuh satugelombang. Berdasarkan gambar soal, periode gelombang A adalah 10 s dan gelombang B adalah 20 s. (3). Frekuensi gelombang , yaitubanyaknya gelombang yang terjadidalam satu sekon. Hubungan antara frekuensi dan periode gelombang dirumuskan oleh: f = T 1 ​ . Maka, frekuensi untuk gelombang A adalah 0,1 Hz dan gelombang B adalah 0,05 Hz. Dengan demikian, besarnya amplitudo, periode, dan frekuensigelombang A adalah 2 mm, 10 s, 0,1 Hz dan gelombang B adalah 3 mm, 20 s, dan 0,05 Hz.

Diketahui:

Ditanya:  

Penyelesaian:

Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus terhadap arah getarannya. Untuk gelombang transversal terdapat beberapa besaran yang dapat ditemukan sebagai berikut.

(1). Amplitudo gelombang, yaitu jarak puncak gelombang di atas kedudukan seimbang atau jarak dasar gelombang di bawah kedudukan seimbangnya. Berdasarkan gambar soal, amplitudo gelombang A adalah 2 mm dan gelombang B adalah 3 mm.

(2). Periode gelombang, yaitu selang waktu yang diperlukan untuk menempuh satu gelombang. Berdasarkan gambar soal, periode gelombang A adalah 10 s dan gelombang B adalah 20 s.

(3). Frekuensi gelombang, yaitu banyaknya gelombang yang terjadi dalam satu sekon. Hubungan antara frekuensi dan periode gelombang dirumuskan oleh: .

Maka, frekuensi untuk gelombang A adalah 0,1 Hz dan gelombang B adalah 0,05 Hz.

Dengan demikian, besarnya amplitudo, periode, dan frekuensi gelombang A adalah 2 mm, 10 s, 0,1 Hz dan gelombang B adalah 3 mm, 20 s, dan 0,05 Hz. space space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

29

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar gelombang transversal berikut. Tentukanlahamplitudo, periode, dan frekuensigelombang!

5

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia