Roboguru

Gagasan utama teks tersebut terdapat pada kalimat ...

Pertanyaan

Gagasan utama teks tersebut terdapat pada kalimat ...space 

  1. Rumah sakit diwajibkan memberi penanganan pertama kepada peserta Jamkesmas.space 

  2. Rumah sakit menjadi bagian dari fungsi sosial sebagai bagian dari fasilitas kesehatan masyarakat.space 

  3. Rumah sakit diwajibkan menjalankan fungsi sosial dengan memberi pelayanan tanpa uang muka.space 

  4. Ketentuan Undang-Undang Rumah Sakit dan Peraturan Menteri Kesehatan.space 

  5. Penanganan pasien tidak mampu dan gawat darurat Rumah Sakit Mitra Keluarga.space 

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah jenis teks yang berisi pendapat penulis terhadap sebuah isu aktual yang terjadi, teks editorial dapat ditemukan di surat kabar.

Gagasan utama adalah ide pokok yang mendasari pegembangan dari sebuah paragraf. Setiap paragraf memiliki satu gagasan utama yang terletak pada kalimat utama dan beberapa gagasan penjelas yang mendukung gagasan utama.

Kalimat utama dari teks di atas adalah kalimat nomor 1, yaitu Rumah sakit, baik milik pemerintah maupun swasta, diwajibkan menjalankan fungsi sosial dengan memberikan fasilitas pelayanan pasien tidak mampu atau miskin serta pelayanan gawat darurat, tanpa uang muka. Kemudian dijelaskan oleh kalimat nomor 2, 3, 4, 5, dan 6 mengenai pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), ketentuan yang tercantum dalam undang-undang, serta realitas yang terjadi di masyarakat.

Maka, gagasan utama teks tersebut terdapat pada kalimat rumah sakit menjadi bagian dari fungsi sosial sebagai bagian dari fasilitas kesehatan masyarakat.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan gagasan utama pada tajuk di atas!

Pembahasan Soal:

Gagasan utama atau gagasan pokok adalah inti atau pokok dari sebuah pembahasan. Gagasan utama biasanya berupa kalimat dalam paragraf. Dengan kata lain, gagasan utama merupakan kalimat yang menjadi dasar dari sebuah penjelas atau pengembang dalam sebuah paragraf. Gagasan utama biasanya terletak pada kalimat utama yang biasanya terletak di awal paragraf, di akhir paragraf, di awal dan di akhir paragraf.

Pada teks di atas terdiri dari empat paragraf. Pada paragraf pertama, gagasan utamanya terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Dengan demikian gagasan utama paragraf pertama yaitu "Persaingan merupakan nama permainan yang harus kita terima di dunia semakin landai."

Pada paragraf kedua, gagasan utamanya terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Dengan demikian gagasan utama paragraf kedua yaitu "Persoalannya bukanlah kita tidak mempunyai potensi menjadi pemenang tetapi kekuatan kita tercerai berai dan tidak pernah terfokus pada kekuatan yang dimiliki bangsa kita."

Pada paragraf ketiga, gagasan utamanya terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Dengan demikian gagasan utama paragraf ketiga yaitu "Sekarang tentunya tidak ada pilihan lain, kecuali kita memperbaiki kelemahan."

Pada paragraf keempat, gagasan utamanya terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Dengan demikian gagasan utama paragraf keempat yaitu "Kita haru perbaiki hal-hal yang menghambat produktivitas, sistem perpajakan yang tidak bersaing dan birokrasi yang menghambat."

Dengan demikian, semua gagasan utama pargaraf tajuk di atas terletak pada kalimat pertama.undefined 

0

Roboguru

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu atau masalah aktual. 

Setiap paragraf terdiri atas gagasan utama dan gagasan penjelas. Gagasan utama adalah ide pokok penulis yang menjadi sebuah dasar pengembangan paragraf. Gagasan utama biasanya berbentuk frasa (kumpulan kata). Gagasan utama bersifat umum sehingga perlu dikembangkan lagi dengan gagasan-gagasan penjelas.

Cara menemukan gagasan utama sebagai berikut.

  • Bacalah seluruh paragraf dengan cermat.
  • Cermati kalimat pertama hingga akhir.
  • Baca kalimat demi kalimat sampai menemukan gagasan utama paragraf. 
  • Tandai gagasan utama paragraf.
  • Tandai info penting dalam tiap paragraf.

Untuk menemukan gagasan utama yang tepat, kita harus membaca paragraf secara saksama.  Pada teks tersebut terdapat kalimat:

  • “Pulau Lengkuas menjadi salah satu primadona destinasi wisata baru di Kepulauan Bangka Belitung.”
  • “Nama pulau ini memang unik.”
  • “Ada yang menyebut bahwa nama Lengkuas merupakan pelesetan dari kata lighthouse (mercusuar).”

Berdasarkan ketiga kalimat tersebut, kita dapat mengetahui gagasan utama paragraf adalah kepulauan Bangka Belitung memiliki primadona wisata baru bernama Pulau Lengkuas. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.  

0

Roboguru

Carilah ide pokok tiap paragraf dalam teks editorial tersebut!

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu atau masalah aktual. 

Ide pokok adalah ide atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. 

Langkah-langkah menentukan ide pokok:

  1. Baca seluruh paragraf dengan cermat.
  2. Cermati kalimat pertama hingga akhir.
  3. Baca kalimat demi kalimat hingga menemukan ide pokok paragraf. Dalam suatu paragraf, ide pokok biasanya terletak di awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf.
  4. Tandai ide pokok setiap paragraf.
  5. Tandai info penting dalam setiap paragraf.
  • Ide pokok paragraf pertama:

Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, “Banjir wisatawan di sejumlah objek wisata di DIY selama libur Lebaran menyisakan banyak masalah, terutama berkaitan dengan penanganan sampah.” Berdasarkan kalimat tersebut, ide pokok paragraf pertama adalah  banjir wisatawan di DIY selama libur Lebaran menyisakan masalah penanganan sampah. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang mengandung ide pokok paragraf, sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.

  • Ide pokok paragraf kedua:

Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, “Masalah penanganan sampah selama libur Lebaran, hampir selalu terjadi tiap tahun.” Berdasarkan kalimat tersebut, ide pokok paragraf kedua adalah masalah penanganan sampah selama libur Lebaran terjadi setiap tahun. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang mengandung ide pokok paragraf, sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.

  • Ide pokok paragraf ketiga:

Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, “Dari berbagai kajian, pokok masalah terletak pada kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah di tempatnya.” Berdasarkan kalimat tersebut, ide pokok paragraf ketiga adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah di tempatnya. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang mengandung ide pokok paragraf, sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.

  • Ide pokok paragraf keempat:

​​​​Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, “Berbagai upaya penyadaran masyarakat dengan terus mengimbau agar para wisatawan membuang sampah pada tempatnya, juga menjadi terobosan yang harus terus ditingkatkan.”  Berdasarkan kalimat tersebut, ide pokok paragraf keempat adalah upaya penyadaran masyarakat dengan mengimbau para wisatawan membuang sampah pada tempatnya harus terus ditingkatkan. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang mengandung ide pokok paragraf, sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.

  • Ide pokok paragraf kelima:

Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, “Pemerintah sebagai pemangku kebijakan juga harus membuat aturan tegas tentang pengelolaan sampah, baik dalam hal pengelolaannya maupun sanksi bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan.” Berdasarkan kalimat tersebut, ide pokok paragraf kelima adalah pemerintah harus membuat aturan tegas tentang pengelolaan sampah. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang mengandung ide pokok paragraf, sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.

  • Ide pokok paragraf keenam:

Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, “Dalam hal pengelolaan sampah, masyarakat Indonesia harus banyak belajar kepada masyarakat di Jepang.” Berdasarkan kalimat tersebut, ide pokok paragraf keenam adalah masyarakat Indonesia harus banyak belajar kepada masyarakat di Jepang dalam hal pengelolaan sampah. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang mengandung ide pokok paragraf, sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.

Dengan demikian, ide pokok tiap paragraf dalam teks editorial tersebut:

  • Ide pokok paragraf pertama: Banjir wisatawan di DIY selama libur Lebaran menyisakan masalah penanganan sampah.space 
  • Ide pokok paragraf kedua: Masalah penanganan sampah selama libur Lebaran terjadi setiap tahun.
  • Ide pokok paragraf ketiga: Masalah penanganan sampah selama libur Lebaran terjadi setiap tahun.
  • Ide pokok paragraf keempat: Upaya penyadaran masyarakat dengan mengimbau para wisatawan membuang sampah pada tempatnya harus terus ditingkatkan.
  • Ide pokok paragraf kelima: Pemerintah harus membuat aturan tegas tentang pengelolaan sampah.
  • Ide pokok paragraf keenam: Masyarakat Indonesia harus banyak belajar kepada masyarakat di Jepang dalam hal pengelolaan sampah.space 

0

Roboguru

Topik yang tepat untuk isi teks tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Topik dalam teks dapat ditemukan dengan beberapa langkah berikut.

  1. Membaca isi teks secara keseluruhan
  2. Memahami isi teks yang telah dibaca
  3. Mengambil kesimpulan dari teks yang telah dipahami/tema yang sesuai dengan teks tersebut. Kesimpulan bisa diambil dari ide pokok yang terdapat dalam paragraf.


Bersadarkan teks tersebut, topik yang dibahas adalah lunturnya nilai-nilai dalam diri salah satunya adalah nilai keimanan yang ditemukan pada kalimat pertama dalam paragraf tersebut, Apabila nilai-nilai di dalam diri, seperti keimanan dan moralitas sudah dinomorduakan, harta benda jadi. nomor satu, serta apa pun upaya yang dibuat, sang pelaku akan mencari celah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space space space 

0

Roboguru

Menurut peristilahan yang digunakan cuplikan itu bertopik ....

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah sebuah artikel dalam surat kabar yang merupakan pendapat atau pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa yang aktual atau sedang menjadi perbincangan hangat pada saat surat kabar itu diterbitkan. Isu atau masalah aktual itu dapat berupa masalah politik, sosial, maupun masalah ekonomi yang berkaitan dengan politik.

Sesuai dengan istilah yang digunakan, teks di atas bertopik pendidikan. Hal tersebut dapat dilihat dari kutipan berikut.

  • Selain itu, proyek besar yang sedang dijalankan dan tidak dikenal pada zaman menteri sebelumnya adalah program Guru Pembelajar (GP) dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Dalam kalimat tersebut terdapat istilah Guru Pembelajar dan Gerakan Literasi sekolah yang merupakan topik dalam pendidikan.

  • Kedua proyek tersebut kini masih berlangsung, ini termasuk pelatihan-pelatihan implementasi kurikulum 2013 edisi revisi.

Dalam kalimat tersebut terdapat istilah kurikulum 2013 edisi revisi yang merupakan topik dalam pendidikan.

  • Ada pula penganggaran buku dan perangkat-perangkat pembelajarannya.

Dalam kalimat tersebut terdapat istilah buku dan perangkat pembelajaran yang merupakan topik dalam pendidikan.

Dengan demikian, sesuai dengan istilah yang digunakan, teks di atas bertopik pendidikan.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved