Gagasan utama teks biografi di atas adalah ....

Pertanyaan

Cermatilah biografi di bawah ini untuk menjawab soal nomor 22 s.d. 24! 


    Jogi Hendra Atmadja dilahirkan di Jakarta pada tahun 1946. Setelah menamatan sekolah menengah atas, ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran, Universitas Trisakti. Setelah lulus, Jogi Hendra Atmadja bersama dengan Drs. Raden Soedigdo dan Jr. Darmawan Kurnia mendirikan PT Mayora Indah pada tanggal 17 Februari 1977 di Jakarta. 

    PT Mayora lndah memproduksi makanan ringan. Salah satu produk andalannya yaitu biskuit "Roma Kelapa". Di akhir tahun 1980-an, PT Mayora Indah kemudian melakukan ekspansi bisnis dengan mengeluarkan produk permen "Kopiko' yang menjadi permen rasa kopi di Indonesia. Dengan cepat, produk permen "Kopiko" naik ke posisi atas dalam sebagai produk 
terlaris karena ketika itu belum ada produk yang sama yang beredar di pasaran. 

    Selain produk makanan ringan dan permen, PT Mayora lndah juga merambah ke produk minuman kemasan, yaitu "Teh Pucuk Harum". Untuk mengiklankan produk "Teh Pucuk Harum" di televisi, PT Mayora lndah mengeluarkan dana sekitar  226,39 miliar. 

Sumber: https://www. biografiku.com/2018/01/biografi-dan-profil-jogi-hendra-atmadja-pengusaha-terkaya-pendiri-mayora.html space 

Gagasan utama teks biografi di atas adalah ....space 

  1. Jogi Hendra Atmadja bersama dengan Drs. Raden Soedigdo dan Jr. Darmawan Kurnia mendirikan PT Mayora lndah.space 

  2. Selain produk makanan ringan dan permen, PT Mayora Indah juga merambah ke produk minuman kemasan, yaitu "Teh Pucuk Harum".space 

  3. PT Mayora lndah memproduksi makanan ringan, salah satu . produk andalannya yaitu biskuit "Roma Kelapa".space 

  4. Dengan cepat, produk permen "Kopiko" naik ke posisi atas sebagai produk terlaris.space 

  5. Untuk mengiklankan produk "Teh Pucuk Harum" di televisi, PT Mayora Indah mengeluarkan dana sekitar 226,39 miliar.space 

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan A.space 

Pembahasan

Teks biografi adalah teks yang berisikan kisah suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya. Teks ini ditulis oleh seseorang agar tokoh tersebut dapat diteladani banyak orang. Penulisan kisah hidup tokoh mencakup permasalahan yang pernah dihadapi maupun kelebihan-kelebihan tokoh yang dapat menginspirasi.

Gagasan pokok / gagasan utama merupakan inti atau ide utama dari sebuah paragraf yang kemudian dikembangkan menjadi paragraf utuh. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gagasan adalah hasil pemikiran atau ide dalam sebuah pernyataan.

Beberapa cara yang dapat dilakukan agar menemukan gagasan pokok:

  1. Baca seluruh paragraf dengan cermat.
  2. Cermati kalimat pertama hingga akhir.
  3. Baca kalimat demi kalimat sampai menemukan ide pokok paragraf. Ide pokok biasanya terletak di awal, di akhir, atau di awal dan akhir.
  4. Tandai ide pokok.
  5. Tandai informasi penting dalam paragraf.

Berdasarkan kutipan:
Setelah lulus, Jogi Hendra Atrnadja bersama dengan Drs. Raden Soedigdo dan Jr. Darmawan Kurnia mendirikan PT Mayora Indah pada tanggal 17 Februari 1977 di Jakarta.

Kutipan tersebut merupakan bagian akhir dari paragraf satu teks biografi yang dipaparkan. Kalimat tersebut bersifat umum, menjelaskan mengenai Jogi Hendra Atrnadja bersama dengan Drs. Raden Soedigdo dan Jr. Darmawan Kurnia yang mendirikan PT Mayora Indah pada tanggal 17 Februari 1977 di Jakarta. Dari kalimat tersebut paragraf-paragraf selanjutnya menjelaskan mengenai PT Mayora Indah beserta dengan produk-produknya (menjelaskan secara khusus).

Berdasarkan penjelasan di atas, gagasan utama teks biografi tersebut adalah Jogi Hendra Atmadja bersama dengan Drs. Raden Soedigdo dan Jr. Darmawan Kurnia mendirikan PT Mayora lndah.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.space 

432

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Ide yang diangkat pada biografi di atas adalah ....

211

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia