Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan paragraf berikut!


Daun sirsak ternyata bermanfaat untuk kesehatan. Daun sirsak dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dengan cara meminum air rebusan daunnya. Rebusan daun sirsak mengandung acetogenin. Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik atau membunuh racun di dalam tubuh dengan cara menghambat energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang.

Disadur dari: htps://www.liputan6.com/hearth/read/3599684/8- manfaat-daun-sirsak-yang-sudah-direbus-untuk- kesehatan, 24 November 2018.space 

Gagasan utama paragraf tersebut adalah....

Gagasan utama paragraf tersebut adalah....space 

  1. cara mengolah daun sirsakspace 

  2. kandungan utama daun sirsakspace 

  3. senyawa aktif dalam daun sirsakspace 

  4. manfaat daun sirsak untuk kesehatanspace 

Iklan

N. Novitasari

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.space 

Iklan

Pembahasan

Gagasan utama atau gagasan pokok adalah pernyatan yang menjadi inti dari sebuah pembahasan atau gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Paragraf yang gagasan utamanya berada di awal disebut paragraf deduktif. Paragraf yang gagasan utamanya berada di akhir disebut paragraf induktif. Paragraf yang gagasan utamanya berada di awal dan akhir disebut paragraf deduktif-induktif (campuran). Gagasan utama dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama yaitu Daun sirsak ternyata bermanfaat untuk kesehatan . Berdasarkan gagasan utama tersebut, kalimat-kalimat selanjutnya merupakan pengembangan dari manfaat daun sirsak bagi kesehatan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Gagasan utama atau gagasan pokok adalah pernyatan yang menjadi inti dari sebuah pembahasan atau gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Paragraf yang gagasan utamanya berada di awal disebut paragraf deduktif. Paragraf yang gagasan utamanya berada di akhir disebut paragraf induktif. Paragraf yang gagasan utamanya berada di awal dan akhir disebut paragraf deduktif-induktif (campuran). Gagasan utama dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama yaitu Daun sirsak ternyata bermanfaat untuk kesehatan. Berdasarkan gagasan utama tersebut, kalimat-kalimat selanjutnya merupakan pengembangan dari manfaat daun sirsak bagi kesehatan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

47

Davvi Rizki Hafisha

Jawaban tidak sesuai Pembahasan terpotong

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagi anak-anak, bermain merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain itu, bermain dapat digunakan untuk melatih otak si kecil agar siap belajar. Belajar pun bisa menangani emosi. Hal ini dapat diibar...

90

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia