Roboguru

Gagasan utama bacaan tersebut adalah ….

Pertanyaan

Gagasan utama bacaan tersebut adalah …. 

  1. Bandung terkenal dengan tehnya 

  2. Perkebunan teh Malabar 

  3. Pegunungan Malabar di Bandung 

     

  4. teh Malabar terkenal di dunia 

Pembahasan Soal:

Gagasan utama adalah hal utama yang dibicarakan dalam sebuah paragraf. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama. Kalimat utama dapat berada di awal, di akhir, ataupun di awal dan akhir paragraf.

Pada paragraf tersebut, kalimat utamanya terdapat di awal (deduktif). Kalimat tersebut membicarakan mengenai perkebunan teh Malabar yang terletak di kota Bandung.

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah B. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Sekar

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kalimat utama paragraf pertama pada teks tersebut terdapat pada nomor ....

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi adalah paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat.

Sebuah paragraf terdiri atas kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama atau kalimat topik merupakan rangkuman yang menyeluruh dan mewakili pernyataan-pernyataan lain dalam suatu paragraf. Kalimat utama biasanya terletak di awal paragraf atau akhir paragraf.

Paragraf pertama membahas mengenai profesi reporter yang dapat dilakukan oleh semua orang. Sehingga kalimat utama terletak di kalimat pertama

(1) Di era digital ini semua orang bisa menjadi reporter walaupun tidak berprofesi sebagai wartawan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Tuliskan kalimat utama dan gagasan utama pada teks di atas!

Pembahasan Soal:

Teks di atas termasuk teks eksposisi. Teks eksposisi adalah merupakan teks nonfiksi  yang memuat dan menjelaskan suatu  informasi atau pengetahuan berdasarkan fakta sebenarnya.

Kalimat utama merupakan kalimat yang berisi gagasan utama atau pokok permasalahan yang dijadikan sebuah dasar cerita atau paragraf. Kalimat utama letaknya bisa di awal paragraf diikuti dengan kalimat pelengkapnya dan bisa juga diletakan di akhir paragraf dengan kalimat pendukung di awal paragraf.

Gagasan utama merupakan ide atau pokok permasalahan yang menjadi dasar dalam sebuah cerita. Terkadang, gagasan utama tidak tertulis secara langsung dalam kalimat, melainkan tersirat dari kalimat utama atau suatu paragraf.

Berikut ini adalah analisis kalimat utama dan gagasan utama pada teks di atas, yaitu:

  • Kalimat utama pada teks di atas terletak di awal kalimat, tepatnya yang berbunyi "Setiap warga negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak."
  • Sesuai dengan kalimat utamanya, gagasan utama pada teks di atas berbunyi "Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak".


Dengan demikian, kalimat utama pada teks di atas adalah "Setiap warga negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak", sedangkan gagasan utamanya adalah "Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak".space

0

Roboguru

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Gagasan utama adalah ide yang disampaikan oleh penulis menjadi suatu pokok pembahasan dalam sebuah paragraf. Sebagai pokok pembahasan, ide pokok biasanya akan didukung dengan gagasan penjelas. Penting untuk diingat, jumlah gagasan utama yang diizinkan dalam satu paragraf hanyalah satu. Gagasan utama ini bisa berada di awal, akhir, atau bahkan awal dan akhir kalimat.

Ciri-ciri Ide pokok:

  1. Mengandung pokok persoalan atau inti persoalan.
  2. Dinyatakan secara eksplisit dalam kalimat utama.
  3. Ide pokok dituangkan dalam satu kalimat utama.
  4. Kalimat utama bisa diidentifikasi dengan mudah melalui jenis paragraf bacaan.

Ada 5 langkah mudah yang bisa kamu ikuti untuk mencari ide pokok dalam suatu paragraf. Langkah-langkah tersebut, di antaranya:

  1. Baca Seluruh Paragraf dengan Cermat
  2. Menentukan Jenis Paragraf dan Kalimat Utama. Jenis paragraf terdiri dari : paragraf deduktif, memiliki kalimat utama di awal kalimat. Paragraf Induktif, Jenis paragraf induktif memiliki kalimat utama di akhir paragraf.  Yang terakhir paragraf campuran, Jenis paragraf ini memiliki kalimat utama yang berada di awal dan akhir paragraf. Bahasa yang digunakan di awal dan akhir kalimat tidak selalu sama, namun jika dicermati memiliki makna yang sama.
  3. Mengubah Kalimat Utama Menjadi Kalimat Kompleks.
  4. Tandai Informasi Penting pada Kalimat Utama.
  5. Susunlah gagasan utama dari info penting yang didapat.

Gagasan utama dalam paragraf di atas adalah Upaya pemkot semarang dalam mendapatkan Adipura. Gagasan tersebut dapat kita temukan pada kalimat utama paragraf yaitu Upaya pemkot Semarang dalam memperoleh penghargaan Adipura tampaknya tidak setengah-setengah. Hal ini juga didukung kalimat penjelas pada kalimat dua, yaitu Selain menggerakkan masyarakat, berbagai aparat terkait juga diminta turun tangan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Simpulan paragraf adalah gagasan akhir dari keseluruhan isi paragraf atau biasa juga dianggap sebagai inti dari sebuah paragraf. Dalam membuat kesimpulan terlebih dahulu kita harus menentukan mana kalimat utama yang memuat gagasan pokok. Pada paragraf tersebut, kalimat utamanya ialah "Sepeda memiliki magnet bagi banyak orang." yang selanjutnya dilanjutkan oleh beberapa kalimat penjelas seperti  "Bukan hanya anak-anak yang menggemari sepeda, para remaja, orang dewasa usia produktif hingga orang-orang yang sudah beranjak tua senang bersepeda." sehingga dapat disimpulkan bahwa sepeda digemari oleh berbagai lapisan masyarakat.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.space 

0

Roboguru

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi adalah teks yang berisi informasi berupa gagasan pendapat dan fakta yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca.

Setiap paragraf terdiri atas gagasan utama dan gagasan penjelas. Gagasan utama adalah ide pokok penulis yang menjadi sebuah dasar pengembangan paragraf. Gagasan utama biasanya berbentuk frasa (kumpulan kata). Gagasan utama bersifat umum sehingga perlu dikembangkan lagi dengan gagasan-gagasan penjelas.

Cara menemukan gagasan utama sebagai berikut.

  1. Bacalah seluruh paragraf dengan cermat.
  2. Cermati kalimat pertama hingga akhir.
  3. Baca kalimat demi kalimat sampai menemukan gagasan utama paragraf. Dalam suatu paragraf, gagasan utama biasanya terletak di awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf.
  4. Tandai gagasan utama paragraf.
  5. Tandai info penting dalam tiap paragraf.

Gagasan utama umumnya terletak pada awal atau akhir kalimat. Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, "Keragaman budaya yang terdapat di Indonesia memiliki manfaat tersendiri." Kalimat tersebut merupakan gagasan utama yang menjadi dasar sebuah paragraf, sedangkan kalimat lain berfungsi sebagai gagasan penjelas.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved