Iklan

Iklan

Pertanyaan

Glukosamin merupakan senyawa penting yang membangun tulang rawan sendi dan mencegah keretakan saat bergerak. Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk menyintesa glukosamin akan berkurang. Hal ini membuat tulang rawan menjadi aus atau menipis, lambat laun dapat menyebabkan penyakit osteoarthritis atau pengapuran. Untuk itu, asupan glukosamin amat diperlukan untuk mendapatkan kondisi sendi yang sehat.space

Gagasan utama bacaan tersebut adalah...

Gagasan utama bacaan tersebut adalah...space

  1. Glukosamin merupakan senyawa pembangun tulang dan sendispace

  2. Pentingnya glukosamin bagi kesehatan sendispace

  3. Usia bertambah glukosamin semakin berkurangspace

  4. Glukosamin penyebab penyakit pengapuranspace

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space

Iklan

Pembahasan

Gagasan utama merupakan hal pokok atau hal dasar yang terkandung dalam sebuah paragraf. Gagasan utama terkandung dalam kalimat utama. Sementara itu, kalimat utama dapat terletak pada kalimat awal dan kalimat akhir. Kalimat utama paragraf di atas terletak pada awal dan akhir paragraf. Berikut ini adalah analisis kalimat utama pada paragraf di atas, yaitu: Kalimat utama pada teks di atas terletak di awal, tepatnya yang berbunyi " Glukosamin merupakan senyawa penting yang membangun tulang rawan sendi dan mencegah keretakan saat bergerak." Selain di awal kalimat, kalimat utamanya juga terletak di akhir kalimat yang berbunyi "Untuk itu, asupan glukosamin amat diperlukan untuk mendapatkan kondisi sendi yang sehat." Berdasarkan kedua kalimat utama tersebut, gagasan utama paragraf di atas adalah berisikan tentang "Pentingnya glukosamin bagi kesehatan sendi." Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Gagasan utama merupakan hal pokok atau hal dasar yang terkandung dalam sebuah paragraf. Gagasan utama terkandung dalam kalimat utama. Sementara itu, kalimat utama dapat terletak pada kalimat awal dan kalimat akhir. Kalimat utama paragraf di atas terletak pada awal dan akhir paragraf.

Berikut ini adalah analisis kalimat utama pada paragraf di atas, yaitu:

  • Kalimat utama pada teks di atas terletak di awal, tepatnya yang berbunyi "Glukosamin merupakan senyawa penting yang membangun tulang rawan sendi dan mencegah keretakan saat bergerak."
  • Selain di awal kalimat, kalimat utamanya juga terletak di akhir kalimat yang berbunyi "Untuk itu, asupan glukosamin amat diperlukan untuk mendapatkan kondisi sendi yang sehat."

Berdasarkan kedua kalimat utama tersebut, gagasan utama paragraf di atas adalah berisikan tentang "Pentingnya glukosamin bagi kesehatan sendi."


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

33

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gagasan pokok tesis dalam teks tersebut adalah ...

4

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia