Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 4-6.
 

    Mengubah pola pikir masyarakat Indonesia soal sumber karbohidrat selain nasi bukan perkara mudah. Apalagi ada anggapan bahwa kalau belum makan nasi maka perut belum kenyang. Direktur SEAFAST Center Pusat Pengembangan llmu Pengetahuan Teknologi Pangan & Pertanian Asia Tenggara), Prof. Dr. Nuri andarwulan, mengatakan pemikiran tersebut bagian dari sisi psikologis. Hal ini disebabkan pemikiran mengenai kebutuhan nasi tersebut berasal dari pola asuh dan sudah terekam di otak sejak kecil.

    Ada ragam sumber karbohidrat pengganti nasi yang dapat diperoleh dari sumber pangan lokal seperti ubi, talas, singkong, dan sagu. sebagai perbandingan, jumlah karbohidrat dalam 100 gram sagu mencapai 87,55 gram. Untuk 100 gram talas, kandungan karbohidratnya mencapai 26,46 gram. Dalam 100 gram nasi terkandung 27,9 gram karbohidrat.
 

(Sumber: lifestyle.kompas.com)space

Gagasan pokok tesis dalam teks tersebut adalah ...

Gagasan pokok tesis dalam teks tersebut adalah ...space

  1. Banyaknya orang yang belum mengetahui kandungan sumber karbohidrat selain nasi.space

  2. Pengenalan sumber karbohidrat selain nasi kepada masyarakat untuk mengurangi impor beras.space

  3. Pembiasaan masyarakat mengonsumsi sumber karbohidrat selain nasi untuk menghindari krisis beras.space

  4. Sulitnya mengubah pandangan masyarakat mengenai kebutuhan wajib nasi sebagai sumber karbohidrat.space 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah A.

jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah A.space

Iklan

Pembahasan

Teks eksposisi adalah suatu paragraf atau tulisan berisi informasi yang disajikan secara singkat, padat, akurat , dan disertai dengan pendapat (argumen) penulis.. Selain itu, teks eksposisi juga dapat diartikan sebagai teks yang memiliki fungsi menyampaikan gagasan atau pemikiran tentang suatu topik tertentu . Infomasi yang disampaikan dalam teks eksposisi diperoleh berdasarkan fakta atau kejadian yang benar-benar terjadi. Kalimat utama adalah kalimat yang berisi pokok pikiran utama atau ide pokok utama dan menjadi dasar untuk mengembangkan paragraf. Umumnya, kalimat utama berada di awal paragraf . Meskipun demikian, ada juga kalimat utama yang terletak di akhir paragraf atau pun di awal dan akhir paragraf. Kalimat utama memiliki ciri-ciri sebagai berikut. Kalimat utama mengandung topik permasalahan yang dapat dijelaskan lebih lanjut dalam kalimat setelahnya. Kalimat utama biasanya berupa kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri. Kalimat utama memiliki arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain. Gagasan pokok disebut juga gagasan umum, ide pokok, gagasan utama, pikiran utama, pokok pembiacaraan, tema, atau topik. Gagasan pokok berperan menjadi pengendali suatu paragraf dan menjadi dasar dalam mengembangkan paragraf . Dalam hal ini, gagasan pokok merupakan pokok permasalahan yang dibahas dalam suatu paragraf. Oleh karena itu, gagasan pokok biasanya dapat merupakan suatu simpulan dalam paragraf . Gagasan pokok dapat ditemukan dalam kalimat utama . Biasanya, gagasan pokok dinyatakan secara eksplisit (tersurat dengan gamblang) dalam kalimat utama. Gagasan pokok dapat ditemukan dengan menghilangkan atau membuang kata-kata tidak penting dalam kalimat utama. Kalimat utama dalam paragraf di atas ialah “Mengubah pola pikir masyarakat Indonesia soal sumber karbohidrat selain nasi bukan perkara mudah." Berdasarkan kalimat utama tersebut, dapat dipahami bahwa gagasan pokok teks eksposisi di atas adalah banyaknya orang yang belum mengetahui kandungan sumber karbohidrat selain nasi. Dengan demikian, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah A.

    Teks eksposisi adalah suatu paragraf atau tulisan berisi informasi yang disajikan secara singkat, padat, akurat, dan disertai dengan pendapat (argumen) penulis.. Selain itu, teks eksposisi juga dapat diartikan sebagai teks yang memiliki fungsi menyampaikan gagasan atau pemikiran tentang suatu topik tertentu. Infomasi yang disampaikan dalam teks eksposisi diperoleh berdasarkan fakta atau kejadian yang benar-benar terjadi.

    Kalimat utama adalah kalimat yang berisi pokok pikiran utama atau ide pokok utama dan menjadi dasar untuk mengembangkan paragraf. Umumnya, kalimat utama berada di awal paragraf. Meskipun demikian, ada juga kalimat utama yang terletak di akhir paragraf atau pun di awal dan akhir paragraf.

    Kalimat utama memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
 

  1. Kalimat utama mengandung topik permasalahan yang dapat dijelaskan lebih lanjut dalam kalimat setelahnya.
  2. Kalimat utama biasanya berupa kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri.
  3. Kalimat utama memiliki arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain.
     

    Gagasan pokok disebut juga gagasan umum, ide pokok, gagasan utama, pikiran utama, pokok pembiacaraan, tema, atau topik. Gagasan pokok berperan menjadi pengendali suatu paragraf dan menjadi dasar dalam mengembangkan paragraf. Dalam hal ini, gagasan pokok merupakan pokok permasalahan yang dibahas dalam suatu paragraf. Oleh karena itu, gagasan pokok biasanya dapat merupakan suatu simpulan dalam paragraf.

    Gagasan pokok dapat ditemukan dalam kalimat utama. Biasanya, gagasan pokok dinyatakan secara eksplisit (tersurat dengan gamblang) dalam kalimat utama. Gagasan pokok dapat ditemukan dengan menghilangkan atau membuang kata-kata tidak penting dalam kalimat utama.

    Kalimat utama dalam paragraf di atas ialah “Mengubah pola pikir masyarakat Indonesia soal sumber karbohidrat selain nasi bukan perkara mudah."

    Berdasarkan kalimat utama tersebut, dapat dipahami bahwa gagasan pokok teks eksposisi di atas adalah banyaknya orang yang belum mengetahui kandungan sumber karbohidrat selain nasi.

    Dengan demikian, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah A.space

Latihan Bab

Mengenal Teks Eksposisi

Kebahasaan Teks Eksposisi

Menganalisis Teks Eksposisi

Menyusun Teks Eksposisi

394

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ide pokok dari kutipan teks eksposisi di atas adalah ....

5rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia