Iklan

Iklan

Pertanyaan

Fungsi manajemen tidak harus selalu diterapkan di perusahaan saja, akan tetapi dapat diterapkan diberbagai kegiatan di rumah, sekolah ataupun di lingkungan masyarakat. Buatlah fungsi manajemen berdasarkan kegiatan anda di rumah, di sekolah, di lingkungan masyarakat ataupun di lingkungan kerja anda!

Fungsi manajemen tidak harus selalu diterapkan di perusahaan saja, akan tetapi dapat diterapkan diberbagai kegiatan di rumah, sekolah ataupun di lingkungan masyarakat. Buatlah fungsi manajemen berdasarkan kegiatan anda di rumah, di sekolah, di lingkungan masyarakat ataupun di lingkungan kerja anda! space 

Iklan

D. Tri

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Penerapan dari fungsi manajemen, tidak terbatas pada sebuah organisasi saja. Dalam kegiatan yang kita lakukan, dapat diterapkan juga dari fungsi manajemen, seperti; Perencanaan ( Planning) penerapan dari fungsi perencanaan, kita dapat merencanakan sebuah kegiatan yang akan kita lakukan. Kita dapat melihat kegiatan yang akan kita lakukan dengan waktu yang kita miliki untuk mengerjakan kegiatan yang akan kita lakukan. contoh dari kegiatan perencanaan: Melakukan rapat awal tahun merencanakan program apa yang akan dilakukan selama satu tahun ke depan. Membuat time line untuk kegiatan secara keseluruhan, dan sebagainya. Pengorganisasian ( Organizing ) Penerapan dari fungsi pengorganisasian, kita dapat membagi tugas kepada sumber daya yang kita miliki, contoh dari kegiatan pengorganisasian: Menetapkan struktur organisasi dari kegiatan yang akan dijalankan Membagi tugas sesuai jabatan yang diberikan, dan sebagainya. Pelaksanaan ( Actuating ) Penerapan dari fungsi pelaksanaan, kita dapat melakukan tugas-tugas yang sudah dibagi sebelumnya, contoh dari kegiatan pelaksanaan: Masing-masing anggota melaksanakan tugasnya sesuai jabatan yang mereka dapatkan, dan sebagainya. Pengawasan ( Controlling ) Penerapan dari fungsi pengawasan, kita dapat melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan yang dilakukan, apakah sudah sesuai dengan target yang telah ditentukan atau belum, contoh dari kegiatan pengawasan: Setiap akhir kegiatan yang dilakukan, ketua pelaksana melakukan evaluasi keseluruhan terkait kegiatan ataupun tugas-tugas yang telah dilakukan. Memberikan masukan terkait kendala yang ditemukan selama kegiatan berlangsung, dan sebagainya.

Penerapan dari fungsi manajemen, tidak terbatas pada sebuah organisasi saja. Dalam kegiatan yang kita lakukan, dapat diterapkan juga dari fungsi manajemen, seperti;

Perencanaan (Planning)

penerapan dari fungsi perencanaan, kita dapat merencanakan sebuah kegiatan yang akan kita lakukan. Kita dapat melihat kegiatan yang akan kita lakukan dengan waktu yang kita miliki untuk mengerjakan kegiatan yang akan kita lakukan. contoh dari kegiatan perencanaan:

  1. Melakukan rapat awal tahun merencanakan program apa yang akan dilakukan selama satu tahun ke depan.
  2. Membuat time line untuk kegiatan secara keseluruhan, dan sebagainya.

Pengorganisasian (Organizing)

Penerapan dari fungsi pengorganisasian, kita dapat membagi tugas kepada sumber daya yang kita miliki, contoh dari kegiatan pengorganisasian:

  1. Menetapkan struktur organisasi dari kegiatan yang akan dijalankan
  2. Membagi tugas sesuai jabatan yang diberikan, dan sebagainya.

Pelaksanaan (Actuating)

Penerapan dari fungsi pelaksanaan, kita dapat melakukan tugas-tugas yang sudah dibagi sebelumnya, contoh dari kegiatan pelaksanaan:

  1. Masing-masing anggota melaksanakan tugasnya sesuai jabatan yang mereka dapatkan, dan sebagainya.

Pengawasan (Controlling)

Penerapan dari fungsi pengawasan, kita dapat melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan yang dilakukan, apakah sudah sesuai dengan target yang telah ditentukan atau belum, contoh dari kegiatan pengawasan:

  1. Setiap akhir kegiatan yang dilakukan, ketua pelaksana melakukan evaluasi keseluruhan terkait kegiatan ataupun tugas-tugas yang telah dilakukan.
  2. Memberikan masukan terkait kendala yang ditemukan selama kegiatan berlangsung, dan sebagainya. space 

Latihan Bab

Konsep Dasar Manajemen

Fungsi Manajemen

Prinsip Manajemen

Bidang-bidang Manajemen

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

128

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalauseandainya kamu ditunjuk sebagai ketua kegiatan piknik di kelas X IPS 1, maka apa saja yg kamu kerjakan terkait : a. perencanaan b. pengorganisasian c. menggerakkan d. pengawasan. Jabark...

39

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia