Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kutipan berikut untuk soal nomor 6 dan 7.


Pada pengujian kali ini, digunakan tiga jenis tahu yang didapatkan dari sumber yang berbeda. Tahu yang digunakan untuk pengujian, yaitu tahu kuning, tahu kulit, dan tahu putih. Setiap jenis tahu berjumlah dua. Jadi, total yang diujikan adalah 6 buah tahu. Dalam pengujian ini digunakan tusuk gigi yang telah direndam dalam parutan kunyit selama kurang lebih 30 menit. Setelah 30 menit, tusuk gigi dikeringkan untuk pengujian kandungan formalin dan boraks pada tahu. Sebelum diujikan, tahu perlu diperiksa tekstur, susah atau tidaknya saat dibelah, dan keberadaan lalat di sekitar tahu. Apabila tahu sukar maupun keras saat dibelah diindikasikan menggunakan formalin dan boraks. Keberadaan lalat dapat mengindikasikan bahwa tahu memiliki kandungan formalin dan boraks.

Sumber: https://web.archive.org/web/20210217030853/https://www.academia.edu/37961083/LKS_ZAT_MAKANAN_ 1_pdf, diakses 13 Februari 2021space 

Fungsi kunyit dan tusuk gigi pacta percobaan tersebut adalah ....

Fungsi kunyit dan tusuk gigi pacta percobaan tersebut adalah ....space 

  1. untuk pengujian tekstur dan warna tiga jenis tahuspace 

  2. untuk mengetahui pengaruh lalat di sekitar tahuspace 

  3. untuk pengujian kandungan formalin dan boraks pada tahuspace 

  4. untuk mengetahui pengaruh susah atau tidaknya tahu saat dibelahspace 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space 

Iklan

Pembahasan

Teks laporan percobaan merupakan teks yang berisi penjelasan mengenai suatu percobaan meliputi alat dan bahan yang digunakan, tujuan percobaan, langkah-langkah yang dilakukan, dan hasil percobaan. Kutipan teks laporan percobaan di atas berisi langkah-langkah pengujian kandungan boraks dan formalin pada tahu. Tahu yang digunakan yaitu tahu kulit, tahu kuning, dan tahu putih. Selain ketiga tahu tersebut, percobaan tersebut juga menggunakan kunyit dan tusuk gigi. Kunyit digunakan untuk merendam tusuk gigi. Tusuk gigi tersebut selanjutnya diuji untuk mengetahui ada tidaknya kandungan borak dan formalin pada tahu. Hal ini dibuktikan pada kalimat: Dalam pengujian ini digunakan tusuk gigi yang telah direndam dalam parutan kunyit selama kurang lebih 30 menit. Setelah 30 menit, tusuk gigi dikeringkan untuk pengujian kandungan formalin dan boraks pada tahu. Berdasarkan penjelasan di atas, fungsi kunyit dan tusuk gigi pacta percobaan tersebut adalah untuk pengujian kandungan formalin dan boraks pada tahu. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C .

Teks laporan percobaan merupakan teks yang berisi penjelasan mengenai suatu percobaan meliputi alat dan bahan yang digunakan, tujuan percobaan, langkah-langkah yang dilakukan, dan hasil percobaan. 

Kutipan teks laporan percobaan di atas berisi langkah-langkah pengujian kandungan boraks dan formalin pada tahu. Tahu yang digunakan yaitu tahu kulit, tahu kuning, dan tahu putih. Selain ketiga tahu tersebut, percobaan tersebut juga menggunakan kunyit dan tusuk gigi. Kunyit digunakan untuk merendam tusuk gigi. Tusuk gigi tersebut selanjutnya diuji untuk mengetahui ada tidaknya kandungan borak dan formalin pada tahu. Hal ini dibuktikan pada kalimat:

Dalam pengujian ini digunakan tusuk gigi yang telah direndam dalam parutan kunyit selama kurang lebih 30 menit. Setelah 30 menit, tusuk gigi dikeringkan untuk pengujian kandungan formalin dan boraks pada tahu.

Berdasarkan penjelasan di atas, fungsi kunyit dan tusuk gigi pacta percobaan tersebut adalah untuk pengujian kandungan formalin dan boraks pada tahu.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Latihan Bab

Mengenal Laporan Percobaan

Kebahasaan Laporan Percobaan

Analisis Laporan Percobaan

Menyusun Laporan Percobaan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Rikka Minakoshi

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagaimana mengetahui kandungan vitamin C pada buah dan sayur?

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia