Roboguru

Fungsi dari struktur biji monokotil dan dikotil adalah ....

Pertanyaan

Fungsi dari struktur biji monokotil dan dikotil adalah ....space

Pembahasan Soal:

Biji dikotil dan monokotil dibedakan berdasarkan jumlah keping kotiledonnya. Dikotil memiliki dua keping kotiledon, sedangkan monokotil memiliki satu keping kotiledon. Keduanya memiliki struktur biji yang berfungsi sama, yaitu:

  • Kulit biji: struktur terluar yang berfungsi untuk melindungi biji.
  • Aleuron: bagian terluar dari endosperma.
  • Embrio: bakal individu tumbuhan baru yang terdiri dari plumula (batang lembaga), radikula (akar lembaga), dan kotiledon (daun lembaga).
  • Kotiledon: struktur penutrisi yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan.
  • Endosperma: struktur penutrisi yang biasanya terdapat pada biji monokotil. Endosperma pada biji dikotil terserap oleh kotiledon selama proses pematangan biji sehingga umumnya sudah tidak memiliki endosperma lagi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa Angiospermae disebut sebagai tumbuhan berbiji tertutup?

Pembahasan Soal:

Angiospermae merupakan salah satu jenis dari Spermatophyta. Angiospermae mempunyai alat reproduksi berupa bunga dengan bakal biji terletak di dalam bakal buah. Alat reproduksi jantannya adalah benang sari (stamen) dan alat reproduksi betinanya adalah putik (pistil). Angiospermae disebut sebagai tumbuhan berbiji tertutup karena bijinya terbungkus atau dilindungi oleh daging buah atau berada dalam bakal buah.undefined 

Jadi, angiospermae dikatakan tumbuhan berbiji tertutup karena bijinya dilindungi oleh daging buah.undefined 

0

Roboguru

Kelompok Angiospermae merupakan kelompok tumbuhan berbiji. Pernyataan yang tepat terkait dengan Angiospermae adalah .... Biji dilindungi oleh daging buah.  Penyerbukan biji dibantu oleh angin.  C...

Pembahasan Soal:

Angiospermae adalah tumbuhan berbiji tertutup tumbuhan biji tertutup yang terdapat dalam bakal buah. Memiliki ciri -ciri sebagai berikut:space 

  1. Bakal bijinya terlindungi daun buah (berbiji tertutup).space 
  2. Memiliki sistem perakaran serabut dan tunggang.space 
  3. Memiliki batang lunak dan keras berkayu.space 
  4. Memiliki bunga sebagai alat perkembangbiakan utama.space
  5. Berdasarkan jumlah keping lembaganya, tumbuhan berbiji tertutup dibagi menjadi dua kelas, yaitu Dicotyledoneae contohnya: mangga, durian dan Monocotyledoneae contohnya: padi dan jagung.space 
  6. Beberapa tumbuhan memerlukan bantuan penyerbukan oleh hewan atau zookori

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah B.space

0

Roboguru

Beberapa biji-bijian tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan bagi manusia. bagian biji manakah yang mempunyai nilai gizi? Apa fungsi bagian biji tersebut bagi tumbuhan?

Pembahasan Soal:

Bagian biji yang memiliki banyak gizi karena mengandung bayak nutrisi yaitu bagian endosperm. Endosperm mengandung garam mineral, lipoprotein dan karbohidrat. Endosperm berfungsi untuk cadangan makanan (sumber energi) bagi embrio yang sedang mengalami pertumbuhan.

0

Roboguru

Angiospermae sering disebut sebagai tumbuhan berbiji tertutup. Disebut berbiji tertutup karena bakal bijinya ditutupi oleh ....

Pembahasan Soal:

Angiospermae memiliki ciri utama, yaitu bakal bijinya ditutupi bakal buah, sehingga serbuk sari harus menembus jaringan bakal buah untuk mencapai bakal biji dan membuahi ovum. Bakal buah berfungsi melindungi biji agar tidak kekeringan pada saat mengalami dormansi (tidak aktif).

Tubuh Angiospermae memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi. Tubuhnya terdiri atas bagian akar, batang, daun, dan bunga. Akar Angiospermae berbentuk serabut atau tunggang. Batangnya ada yang berkambium atau tidak berkambium, serta memiliki pembuluh xilem yang diperkuat oleh serat dengan dinding sel yang tebal dan berlignin. Daun Angiospermae memiliki tipe tulang daun yang bervariasi; lurus, menyirip, dan menjari. Bunga sebagai alat reproduksi generatif tumbuh dari tunas yang mampat dengan empat lingkaran daun yang termodifikasi menjadi kelopak (sepal) yang pada umumnya berwarna hijau, mahkota (petal) yang pada umumnya berwarna cerah, benang sari (stamen), dan putik (karpel). Angiospermae bereproduksi secara generatif dan vegetatif, dan mengalami pembuahan ganda.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.space 

0

Roboguru

Bagian biji yang mengalami perubahan menjadi daun-daun sejati dan tunas terminal adalah ....

Pembahasan Soal:

Biji merupakan alat perkembangbiakan tumbuhan secara generatif. Biji yang sudah dewasa terdapat dalam buah-buahan yang sudah masak. Di dalam biji terdapat calon individu baru (embrio) yang dilengkapi dengan cadangan makanan. Embrio dikelilingi oleh kotiledon (daun lembaga), endosperma, atau keduanya. Kotiledon berguna untuk menyerap zat makanan dari endosperma yang kemudian dipindahkan ke embrio ketika biji mulai berkecambah. Embrio berupa kuncup embrionik yang memanjang melekat pada kotiledon memiliki bagian plumula, epikotil, hipokotil, dan radikula. 

  1. Plumula, yaitu merupakan pucuk dengan sepasang calon daun. Plumula nantinya akan tumbuh menjadi tunas tanaman dan daun sejati.
  2. Epikotil, yaitu ruas batang di bawah calon daun atau di atas kotiledon.
  3. Hipokotil, yaitu ruas batang di bawah epikotil atau melekat pada kotiledon.
  4. Radikula, yaitu calon akar.

Berdasarkan uraian di atas, dapat diketahui bahwa bagian biji yang mengalami perubahan menjadi daun-daun sejati dan tunas terminal adalah plumula.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved