Roboguru

Fotogfrafer yang mengabadikan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu...

Pertanyaan

Fotogfrafer yang mengabadikan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu...

  1. A. A. Maramis 

  2. Otto Iskandardinata 

  3. Frans Sumarto Mendur 

  4. Supriyadi 

  5. Ki Hajar Dewantara 

Pembahasan Soal:

Frans Soemarto Mendur lahir di Kawangkoan, Sulawesi Utara, 16 April 1913. Ia merupakan seorang fotografer jurnalistik Indonesia yang mengabadikan momen Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Frans menjadi perekam sejarah melalui gambar-gambar hasil bidikannya pada peristiwa-peristiwa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia bersama kawan-kawannya di Indonesia Press Photo Service (IPPHOS).

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Azisy

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lengkapi tabel di bawah ini!

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan suatu deklarasi atau sikap bangsa Indonesia yang telah merdeka dari segala bentuk penjajahan. 

Roboguru

Perhatikan tabel berikut! Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia ditunjukkan oleh nomor ....

Pembahasan Soal:

Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya melawan penjajahan. Proklamasi Indonesia memiliki beberapa makna penting, yakni merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia, merupakan awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan merupakan pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur. 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

Roboguru

Bagaimana makna proklamasi kemerdekaan tahun 1945 bagi bangsa Indonesia?

Pembahasan Soal:

Peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 amat bermakna bagi bangsa Indonesia. Dalam naskah proklamasi bahwa peristiwa proklamsi kemerdekaan disebut sebagai satu peristiwa penting dalam sejarah kita. Peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan pernyataan resmi kemerdekaan bangsa. Bangsa Indonesia menyatakan secara resmi kepada seluruh rakyat Indonesia dan dunia internasional, bahwa mulai tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia telah merdeka dan lepas dari kekuasaan penjajah.

Dengan demikian, bagi bangsa Indonesia proklamasi kemerdekaan berarti berakhirnya masa penjajahan dan mulainya kehidupan sebagai bangsa yang merdeka.

Roboguru

Proklamasi kemerdekaan adalah ....

Pembahasan Soal:

Proklamasi kemerdekaan merupakan bentuk deklarasi bangsa Indonesia yang telah terlepas dari belenggu penjajahan maupun kontrol dari pihak atau bangsa manapun. Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan pada 17 Agustus 1945. Proklamasi kemerdekaan memiliki makna yang penting dalam berbagai bidang, baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, hingga pendidikan.

Dengan demikian, proklamasi kemerdekaan adalah bentuk deklarasi bangsa Indonesia yang telah terlepas dari belenggu penjajahan bangsa manapun.

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Warga Indonesia dinyatakan memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam segala bidang Pendidikan ditekankan pada penanaman semangat patriotisme Dalam bidang kesenian,...

Pembahasan Soal:

Kemerdekaan adalah suatu penghargaan terhadap suatu negara karena telah berjuang melawan tentara sekutu atau penjajah dan pembebasan wilayah kekuasaan dari penjajah dan adanya kedaulatan Merdeka dari negara lainnya

Berikut arti dan makna kemerdekaan :

  1. Kemerdekaan bukanlah akhir dari segalanya. Tetap diingat bahwa kemerdekaan bangsa bukanlah akhir dari segalalnya. Setelah merdeka, maka kita harus mengurus negara sendiri tanpa campur tangan negara lain. Ada banyak yg perlu dibenahi di berbagai sektir seperti pendidikan, ekonomi, politik.
  2. Kemerdekaan merupakan bukti dari perjuangan. Kemerdekaan adalah bukti perjuangan dari berbagai lapisan masyarakat Indonesia. Mereka bahu membahu berjuang utk melawan penjajahan. Tetap diingat bahwa usaha tak akan mengkhianati hasil
  3. Sebagai bukti kuatnya persatuan bangsa. Persatuan dan Kesatuan adalah kunci utama meraih kemerdekaan. Para pahlawan menyampingkan daerah mereka utk berjuang demi kepentingan nasional. Mereka mendahulukan kepentingan bangsa daripada kepentingan individu

Dengan demikian, masa kemerdekaan merupakan masa dimana Indonesia baru saja memproklamasikan kemerdekaannya, Kehidupan masyarakat masih sangat sulit, semangat patriotisme terus dipatri dihati masyarakat Indonesia, agar masyarakat lebih  mencintai tanah air dan berjuang bersama mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved