Roboguru

Fosil Pithecanthropus Mojokertensis ditemukan oleh ….

Pertanyaan

Fosil Pithecanthropus Mojokertensis ditemukan oleh ….

  1. Ter Haarspace

  2. Oppenoorthspace

  3. Eugene Duboisspace

  4. von Rietschotenspace

  5. von Koenigswaldspace

Pembahasan Soal:

Pithecanthropus Mojokertensis, ditemukan di Mojokerto, Jawa Timur. Fosil Pithecanthropus Mojokertensis ditemukan oleh penemuan yang sama dengan Meganthropus Paleojavanicus, yaitu von Koenigswald pada tahun 1936.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah E

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 07 Januari 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Selain memiliki perbedaan dalam struktur tubuh, Meganthropus paleojavanicus dengan Pithecanthropus erectus memiliki perbedaan dalam pola kehidupan. Adapun perbedaan tersebut adalah ….

Pembahasan Soal:

Meski Meganthropus paleojavanicus dan Pithecanthropus hidup dalam satu masa yang sama keduanya memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan antara jenis manusia purba Meganthropus paleojavanicus dan Pithecanthropus erectus salah satunya dalam pola kehidupan. Karena memiliki volume otak yang lebih kecil dibandingkan Pithecanthropus erectus, jenis manusia Meganthropus paleojavanicus diperkirakan hanya memakan tumbuhan sedangkan jenis manusia Pithecanthropus erectus sudah melakukan perburuan dan memakan daging. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini ! Berdasarkan gambar diatas, pernyataan yang tepat terkait kedua manusia purba tersebut adalah ….

Pembahasan Soal:

Meganthropus memiliki arti sebagai manusia besar. Sedangkan, Paleo berarti tua, dan Javanicus berarti Jawa. Maka, Meganthropus paleojavanicus berarti "Manusia Bertubuh Besar Tertua dari Jawa". karena ukuran otaknya yang kecil, Meganthropus Paleojavanicus memiliki keterbatasan dalam membuat alat. Akibatnya, alat yang dibuat pun masih kasar, dan belum efektif untuk digunakan dalam berburu. Karena keterbatasannya dalam membuat alat, peneliti pun menganggap bahwa Meganthropus adalah vegetarian atau makhluk yang makanan pokoknya adalah tumbuh-tumbuhan. Meganthropus paleojavanicus memiliki ciri-ciri tulang pipi yang tebal, otot kunyah yang kuat, tonjolan kening yang mencolok, tonjolan belakang yang tajam, tidak memiliki dagu, perawakan tegap, dan pemakan tumbuhan. Selain itu, Meganthropus Paleojavanicus memiliki postur tubuh yang tegap dan besar. Tubuh Meganthropus dapat dikatakan lebih besar dari ukuran manusia purba lainnya.

Pithecanthropus memiliki ciri-ciri tinggi tubuh sekitar 165-180 cm dengan badan tegap, tapi tidak setegap Meganthropus. Pithecanthropus juga memiliki volume otak 750-1300cc. Selain itu, Pithecanthropus hidup sekitar 2 juta hingga 200 ribu tahun yang lalu. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Berdasarkan hasil penelitian terbaru para ilmuwan, Pithecanthropus diklasifikasikan sebagai ….

Pembahasan Soal:

Karena memiliki beberapa kemiripan, manusia purba jenis Pithecanthropus oleh para ilmuwan dan para peneliti sempat digolongkan ke dalam jenis Homo erectus. Sehingga keduanya dianggap sama tidak ada perbedaan. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Menurut penelitian para ahli, Meganthropus paleojavanicus dan Pithecanthropus erectus hidup dalam satu masa yang sama. Ditinjau berdasarkan zaman batu, keduanya hidup pada masa ….

Pembahasan Soal:

Jenis manusia Meganthropus paleojavanicus dan Pithecanthropus erectus merupakan dua jenis manusia purba yang hidup pada masa yang sama. Berdasarkan pembagian zaman geologi, keduanya hidup pada massa plestosen. Sedangkan jika ditinjau dari zaman batu, keduanya hidup pada masa paleolitikum. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan nama tempat berikut ini ! Ngandong Mojokerto Sangiran Trinil Yang merupakan daerah tempat ditemukannya fosil Pithecanthropus Erectus adalah ....

Pembahasan Soal:

Pithecanthropus erectus merupakan fosil manusia purba yang sudah dapat berjalan dengan tegak. Fosil ini ditemukan oleh Eugene Dubois di Trinil, Lembah Sungai Bengawan Solo yang berasal dari kala pleistosen tengah atau lapisan trinil. Fosil Pithecanthropus Erectus ditemukan dalam fragmen atau pecahan tulang rahang, dua geraham bagian atas dan tulang paha kiri.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah D

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved