Roboguru

Fosil manusia purba yang berhasil ditemukan di Monaco, Prancis adalah.

Pertanyaan

Fosil manusia purba yang berhasil ditemukan di Monaco, Prancis adalah.

Pembahasan Soal:

Prancis merupakan salah satu tempat penemuan manusia purba dunia. Fosil manusia purba di Prancis ditemukan di dua tempat, yaitu Monaco, Perancis selatan dan di kawasan Dordogne, barat daya Prancis. Fosil yang ditemukan di Monaco, jenis manusianya disebut Girimaidi. Tengkoraknya sama dengan tengkorak bangsa Negro Afrika. Dahinya sudah sama dengan dahi manusia modern dan sudah berdagu. Karena bentuk dan sifat-sifat yang mendekati manusia, maka para ilmuwan menyebutnya Homo Sapien Bassilus (Bassilus berarti rendah).
Fosil yang ditemukan di Dordogne disebut Cro-Magnon. Cro-Magnon ialah salah satu kawasan pertanian milik keluarga Abri Pataud. Berdasarkan hasil rekonstruksi diketahui bentuk tubuhnya tinggi besar dan mempunyai sifat-sifat manusia. Penggalian fosil di Cro-Magnon itu pertama kali dilakukan oleh ekspedisi arkeolog Amerika dan Prancis di bawah pimpinan Hallam L. Mavius, Jr. dan Universitas Harvard. Cro-Magnon digolongkan juga ke dalam Homo Sapiens Bassilus. Salah satu fosil yang ditemukan berupa tengkorak wanita yang diperkirakan hidup antara 18.000 tahun SM.

Dengan demikian, fosil manusia purba yang berhasil ditemukan di Monaco, Prancis berjenis Homo Sapien Bassilus yang disebut Girimaidi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

L. Nikmah

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 28 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan persamaan antara manusia purba di Asia dan manusia purba di Afrika!

Pembahasan Soal:

Persamaan manusia purba di Asia dan di Afrika terletak pada ciri fisiknya dan pola kehidupannya. Contoh persamaan manusia purba yang berada di kawasan Asia dan Afrika adalah Homo Sapiens dan Homo Erectus. Homo Sapiens yang berada di kawasan Asia dan Afrika memiliki ciri fisik seperti, volume otak sekitar 1350-1450 cc dengan tinggi badan sekitar 130-210 cm. Selain itu terdapat persamaan Homo Erectus yang berada di kawasan Asia dan Afrika seperti memiliki volume otak sekitar 1100 cc dengan tinggi badan sekitar 65-180 cm. 

Persamaan lain yaitu terletak pada pola kehidupannya yaitu seperti sudah mulai mengumpulkan makanan, mulai hidup menetap, dan dapat membuat alat dari batu

Jadi, jawabannya adalah persamaan dari manusia purba yang berada di kawasan Asia dan Afrika terletak pada ciri fisiknya dan pola kehidupannya.

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan antara manusia purba di Asia dan manusia purba di Afrika!

Pembahasan Soal:

Perbedaan manusia purba di Asia dan di Afrika yang dapat dibandingkan seperti Homo Wajakensis yang mewakili jenis Homo yang berasal dari Asia dan Homo Habilis yang berasal dari Afrika. Homo wajakensis memiliki ciri-ciri seperti memiliki muka datar dan lebar, hidung yang lebar dan bagian mulut yang menonjol sedikit, dahinya sedikit miring, memilii volume otak sekitar 1.630 cc dengan tinggi badan sekitar 173 cm. Sedangkan homo habilis memiliki ciri fisik seperti dahi yang sempit, dagu yang menjorok ke dalam, tulang alis yang tebal dan dengan volume otak sekitar 600cc dan tinggi badan sekitar 100cm. 

Dengan demikian, perbedaan dari manusia purba di Asia dan Afrika terdapat pada ciri fisiknya.

1

Roboguru

Banyak fakta yang muncul berkaitan dengan manusia purba Ardipithecus ramidus. Salah satunya fakta tersebut adalah......

Pembahasan Soal:

Ardipithecus ramidus merupakan fosil jenis manusia purba yang ditemukan di Ethiopia, Afrika bagian timur, oleh Yohannes Haile Selassie di tahun 1994 dan sering dipanggil “Ardi”. Bagian tubuhnya yang tersisa berupa tengkorak, gigi, tulang panggul, tangan, dan kaki yang berjumlah 35 bagian. Saat itu, fosil Ardi berada di sekitar fosil hewan yang mengindikasikan bahwa mereka hidup di hutan. Diketahui bahwa jenis manusia purba ini memiliki berat sekitar 50 kg, tinggi sekitar 120 cm, pemakan buah-buahan, daun, serta mamalia kecil. Otot kakinya besar dan volume otak sama dengan milik simpanse. Meski begitu, gigi seri dan taring Ardi lebih besar dari kera.space

Dengan demikian, salah satu fakta tentang Ardipithecus ramidus adalah merupakan fosil manusia purba yang ditemukan di Afrika.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Mengapa manusia purba yang memiliki genus Homo paling banyak ditemukan di Eropa?

Pembahasan Soal:

Nenderthal adalah spesies manusia purba yang hidup di Eropa antara 700 ribu hingga 40 ribu tahun yang lalu,  yang ditemukan pada bulan Agustus 1856 di Lembah Neander, Jerman. Fosil itu ditemukan di tambang batu kapur dekat kota Düsseldorf. Neanderthal umumnya lebih pendek dan memiliki kerangka yang lebih kuat dan tubuh yang gempal berotot dibanding manusia modern. Spesies ini rata-rata tingginya sekitar 168 sentimeter pada pria dan sedikit lebih pendek yaitu 156 sentimeter pada perempuan.

Dengan demikian, karena penelitian awal mengenai manusia purba baynak dilakukan di Eropa. Spesies pertama yang ditemukan dari jenis manusia purba adalah Neanderthal  (Homo neanderthalensis) yang ditemukan sangat awal pada tahun 1856.

0

Roboguru

Jenis manusia purba Grimildi ditemukan di negara yang ditunjukkkan di peta pada nomor...

Pembahasan Soal:

Fosil Homo grimaldi atau manusia grimaldi ditemukan di wilayah Monaco, Prancis selatan. Fosil Homo grimaldi hampir sama dengan tengkorak bangsa negro. Bentuk dahi sudah mirip dengan manusia sekarang dan telah memiliki dagu. Oleh karena sifatnya sudah mendekati manusia maka disebut juga Homo sapiens basillus (arti basilus adalah "rendah"). Pada peta diatas diatas, Negara Prancis ditunjukkan oleh nomor 4

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved