Roboguru

Fitur bahasa yang membuat daya tarik kutipan paragraf di atas adalah ....

Pertanyaan

Fitur bahasa yang membuat daya tarik kutipan paragraf di atas adalah ....space 

  1. kalimat pertanyaan retorisspace 

  2. kalimat minorspace 

  3. kalimat repetisispace 

  4. kalimat inversispace 

  5. kalimat elipsisspace 

Pembahasan Soal:

Menurut KBBI, ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Kegiatan ceramah dilakukan dengan berbagai tujuan, antara lain untuk siar agama, sosialisasi program, menyampaikan apresiasi, dan sebagai metode mengajar. Teks ceramah memiliki ciri kebahasaan atau fitur bahasa yang membedakannya dengan jenis teks yang lain. Berikut beberapa fitur bahasa dalam teks ceramah:

  1. Kalimat perintah atau imperatif, yaitu kalimat yang digunakan untuk menyatakaan permintaan atau perintah. Contoh, Ayo bergerak bersama!
  2. Kalimat elipsis, yaitu tanda berupa tiga titik yang menunjukkan adanya kalimat yang dihilangkan. Contoh, Kita harus (...) berjuang bersama demi kemerdekaan.
  3. Kalimat pertanyaan retoris, yaitu kalimat pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban. Contoh, Mau sampai kapan negera ini dijajajah?
  4. Kalimat inversi, yaitu kalimat yang posisi predikat mendahului subjek. Contoh, terjatuh ia karena tidak hati-hati.
  5. Kalimat repetisi, yaitu kalimat yang di dalamnya terdapat pengulangan kata atau frasa beberapa kali untuk memperjelas dan mempertegas sebuah tulisan. Contoh, Dia memiliki mimpi. Mimpi yang tak pernah padam meski dibatasi oleh keadaan.
  6. Kalimat minor, yaitu kalimat yang tidak lengkap menurut struktur gramatikal. Contoh, di sini beristirahat dengan damai.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa fitur bahasa yang membuat daya tarik kutipan paragraf di atas adalah kalimat repetisi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pengulangan beberapa frasa, yaitu frasa ingin mendengarkan dan ini jawaban.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kalimat sapaan dalam ceramah yang tidak tepat contohnya...

Pembahasan Soal:

Kata sapaan adalah suatu kata yang digunakan dalam menyapa orang lain dengan memperhatikan etika serta norma berbahasa. Kata sapaan merupakan sebuah kata yang digunakan untuk dapat menegur sapa orang sebagai lawan berbicara (orang kedua) atau juga menggantikan nama orang ketiga. Kata sapaan juga merupakan sebuah kata yang digunakan untuk dapat  menyapa seseorang atau pihak kedua, baik itu tunggal ataupun jamak. Cara penulisan kata sapaan:

  1. Huruf kapital itu digunakan ialah sebagai huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan, seperti saudara, bapak, ibu, kakak, paman, kakek, nenek,adik, om, tante, yang dipakai dalam  penyapaan atau juga pengacuan.
    Contohnya:
    Berapa harganya, Bu / Pak / Bude / Pakde / Kak / Bang?
  2. Huruf kapital juga dipakai sebagai kata ganti Anda.
    Contohnya:
    Sekarang Anda tinggal dimana?

Berdasarkan penjelasan tersebut, kalimat sapaan dalam ceramah yang tidak tepat contohnya adalah penulisan Yang mulia Duta Besar Malaysia, seharusnya sapaan "Yang mulia" ditulis "Yang Mulia".

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Kalimat yang tidak efektif karena strukturnya tidak lengkap adalah kalimat nomor...

Pembahasan Soal:

Kalimat efektif merupakan kalimat dengan unsur  yang utuh, tepat, dan jelas agar  pesan, ide, gagasan, atau informasi dalam tulisan dapat dipahami pembaca. Ciri-ciri kalimat efektif, yaitu: 

  1. Memuat unsur kalimat dengan lengkap dan tepat. Unsur tersebut antara lain subyek, predikat, obyek, atau keterangan. 
  2. Menaati ejaan dan kaidah kebahasaan yang baku. 
  3. Memilih diksi secara tepat. 
  4. Memadankan strutur bahasa dengan jalan pikiran yang logis dan sistematis. 
  5. Ide pokoknya tersampaikan dengan jelas. 
  6. Menggunakan kata dengan tepat dan tidak bertele-tele. 
  7. Memanfaatkan variasi struktur kalimat.

Berdasarkan penjelasan tersebut, kalimat yang tidak efektif karena strukturnya tidak lengkap adalah kalimat nomor tiga (3) karena tidak memiliki subjek.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah C. 

0

Roboguru

Kata yang ejaan penulisannya tidak baku pada teks pidato di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Menurut KBBI, ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Kegiatan ceramah dilakukan dengan berbagai tujuan, antara lain untuk siar agama, sosialisasi program, menyampaikan apresiasi, dan sebagai metode mengajar. Penulisan teks ceramah harus mengikuti kaidah bahasa Indonesia. Salah satunya menggunakan kata-kata baku sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Pada kutipan pidato di atas terdapat ejaan dengan menggunakan kata tidak baku, yaitu kata obyek. Menurut KBBI, kata obyek merupakan bentuk tidak baku dari kata objek. Oleh karena itu, penulisan kata tersebut yang benar sesuai KBBI adalah objek.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kata yang ejaan penulisannya tidak baku pada teks pidato di atas adalah obyek seharusnya objek.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space  

0

Roboguru

Kutipan kalimat berikut ini yang menggunakan majas metafora adalah ....

Pembahasan Soal:

Majas atau gaya bahasa merupakan kalimat yang memanfaatkan perbandingan atau persamaan terhadap sesuatu sehingga menghasilkan efek makna tertentu. Metafora merupakan salah satu majas perbandingan yang memakai perumpaan terhadap dua hal yang berbeda. Misalnya, Para tikus berdasi itu tidak malu untuk tampil di depan publik. Frasa tikus berdasi pada kalimat tersebut memiliki makna 'koruptor'.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kutipan kalimat yang menggunakan majas metafora adalah Mereka telah minta supaya datang pada mereka itu dengan mengangkat tanganPada kalimat tersebut terdapat frasa mengangkat tangan yang bermakna 'menyerah'.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space  

0

Roboguru

Manakah kutipan berikut ini yang merupakan kalimat perintah ....

Pembahasan Soal:

Menurut KBBI, ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Kegiatan ceramah dilakukan dengan berbagai tujuan, antara lain untuk siar agama, sosialisasi program, menyampaikan apresiasi, dan sebagai metode mengajar. Teks ceramah memiliki ciri kebahasaan atau fitur bahasa yang membedakannya dengan jenis teks yang lain. Salah satu ciri kebahasaan teks ceramah adalah adanya kalimat perintah atau imperatif.

Kalimat perintah atau imperatif merupakan kalimat yang digunakan untuk menyatakaan permintaan atau perintah. Kalimat ini ditandai dengan adanya tanda seru (!) atau kata-kata berupa ajakan dan larangan, seperti ayo, marilah, jangan, jauhi. Misalnya, Ayo bergerak bersama!

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kutipan pada teks di atas yang merupakan kalimat perintah terdapat pada kalimat 1 dan 3, yaitu pada kalimat Siaplah, keadaan genting! dan Jangan mulai menembak.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved