Iklan

Iklan

Pertanyaan

Fiksasi C O 2 ​ pada tumbuhan memerlukan....

Fiksasi pada tumbuhan memerlukan.... space 

  1. C O subscript 2 dan cahaya mataharispace 

  2. C O subscript 2 space d a n space O subscript 2 space 

  3. ATP dan NADPHspace 

  4. H subscript 2 O comma space C O subscript 2 comma spacedan klorofil space 

  5. H subscript 2 O space d a n space C O subscript 2space 

Iklan

H. Zulaiha

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah C.

pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

Iklan

Pembahasan

Fotosintesis terdiri atas dua proses, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi terang terjadi pada grana, sedangkan reaksi gelap terjadi pada stroma kloroplas. Reaksi gelap merupakan suatu reaksi yang tidak memerlukan cahaya atau reaksi yang tidak bergantung pada cahaya. Reaksi gelap terjadi jika tersedia molekul energi berupa ATP dan NADPH yang dihasilkan oleh reaksi terang. Reaksi gelap terjadi dalam tiga tahap,yakni fiksasi, reduksi, dan regenerasi. Reaksi gelap dimulai dengan proses fiksasi karbon dioksida. Tumbuhan mengambil karbon dioksida melalui stomata. Karbondioksida diikat oleh suatu molekul kimia di dalam stroma yang bernama ribulosa bifosfat (RuBP). Karbon dioksida akan berikatan dengan RuBP yang mengandung 6 gugus karbon dan menjadi bahan utama dalam pembentukan glukosa yang dibantu oleh enzim rubisko. Reaksi ini pertama kali diamati oleh Melvin Calvin dan Andrew Benson sehingga reaksi ini disebut jugadengan siklus Calvin-Benson. RuBP yang berikatan dengan karbon dioksida akan menjadi molekul yang tidak stabil sehingga akan membentuk fosfogliserat (PGA) yang memiliki 3 gugus C. Energi yang berasal dari ATP dan NADPH akan digunakan oleh PGA menjadi fosfogliseraldehid (PGAL) yang mengandung 3 gugus C. Dua molekul PGAL ini akan menjadi bahan utama pembentukan glukosa yang merupakan produk utama fotosisntesis, sedangkan sisanya akan kembali menjadi RuBP dengan bantuan ATP. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Fotosintesis terdiri atas dua proses, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi terang terjadi pada grana, sedangkan reaksi gelap terjadi pada stroma kloroplas. Reaksi gelap merupakan suatu reaksi yang tidak memerlukan cahaya atau reaksi yang tidak bergantung pada cahaya. Reaksi gelap terjadi jika tersedia molekul energi berupa ATP dan NADPH yang dihasilkan oleh reaksi terang. Reaksi gelap terjadi dalam tiga tahap,yakni  fiksasi,  reduksi,  dan  regenerasi.  Reaksi gelap dimulai dengan proses fiksasi karbon dioksida. Tumbuhan mengambil karbon dioksida melalui stomata. Karbondioksida  diikat  oleh  suatu  molekul  kimia  di  dalam  stroma  yang  bernama ribulosa bifosfat (RuBP). Karbon dioksida akan berikatan dengan RuBP yang mengandung 6 gugus karbon dan menjadi bahan utama dalam pembentukan glukosa  yang  dibantu  oleh  enzim  rubisko.  Reaksi  ini  pertama  kali  diamati oleh Melvin  Calvin  dan  Andrew  Benson  sehingga  reaksi  ini  disebut  jugadengan siklus Calvin-Benson. RuBP yang berikatan dengan karbon dioksida akan menjadi molekul yang tidak  stabil  sehingga  akan  membentuk  fosfogliserat  (PGA)  yang  memiliki  3 gugus  C.  Energi  yang  berasal  dari  ATP  dan  NADPH  akan  digunakan  oleh PGA  menjadi  fosfogliseraldehid  (PGAL)  yang  mengandung  3  gugus  C.  Dua molekul  PGAL  ini  akan  menjadi  bahan  utama  pembentukan  glukosa  yang merupakan  produk  utama  fotosisntesis,  sedangkan  sisanya  akan  kembali menjadi RuBP dengan bantuan ATP.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

74

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Untuk dapat memulai kembali siklus calvin, molekul Ribosa bifosfat perlu diregenerasi, regenerasi tersebut memerlukan ....

10

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia