Iklan

Iklan

Pertanyaan

Fenomena terbentuknya mata air artesis di dataran kaki gunung api disebabkan oleh...

Fenomena terbentuknya mata air artesis di dataran kaki gunung api disebabkan oleh...

  1. kontak air tanah dengan bantuan panas

  2. formasi lembah sungai tertimbun

  3. akuifer terpotong oleh lembah sungai

  4. akuifer semi-tertekan yang pecah

  5. proses vulkanisme

Iklan

D. Tri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Mata air merupakan pancaran air yang berasal dari dalam bumi atau dari dalam tanah. Air yang keluar atau memancar ini tentunya mengarah permukaan Bumi, dan keluarnya air tersebut dari akuifer. Akuifer sendiri merupakan lapisan yang berada di bawah tanah yang mengandung air dan mempunyai kemampuan untuk mengalirkan air.Mata air artesis (artesian spring) adalah mata air yang keluar dari akuifer yang tertekan oleh lapisan kedap air di lapisan tanah yang dalam. Sebab memancarnya air tanah dari dalam menuju ke permukaan Bumi karena diakibatkan oleh terbatasnya akuifer, karena permukaan air tanah berada di elevasi yang lebih tinggi dari tempat keluarnya air, atau karena lapisan akuifer mengalami kerusakan akibat terdapatnya patahan pada lapisan tanah. Sehingga di permukaan Bumi akan terlihat air yang memancar dari dalam tanah. Perhatikan ilustrasi gambar berikut.

Mata air merupakan pancaran air yang berasal dari dalam bumi atau dari dalam tanah. Air yang keluar atau memancar ini tentunya mengarah permukaan Bumi, dan keluarnya air tersebut dari akuifer. Akuifer sendiri merupakan lapisan yang berada di bawah tanah yang mengandung air dan mempunyai kemampuan untuk mengalirkan air. Mata air artesis (artesian spring) adalah mata air yang keluar dari akuifer yang tertekan oleh lapisan kedap air di lapisan tanah yang dalam. Sebab memancarnya air tanah dari dalam menuju ke permukaan Bumi karena diakibatkan oleh terbatasnya akuifer, karena permukaan air tanah berada di elevasi yang lebih tinggi dari tempat keluarnya air, atau karena lapisan akuifer mengalami kerusakan akibat terdapatnya patahan pada lapisan tanah. Sehingga di permukaan Bumi akan terlihat air yang memancar dari dalam tanah. Perhatikan ilustrasi gambar berikut.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Air tanah bebas (air tanah freatik) adalah air yang paling dekat dengan permukaan bumi. Deposit air ini dipengaruhi oleh.... (1) iklim (2) jenis tanaman yang menutupi (3) struktur batuan (...

63

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia