Iklan

Iklan

Pertanyaan

Fenomena pengemis yang sering dijumpai di jalan ternyata menjadi permasalahan dalam masyarakat karena dianggap menganggu. Banyak dari mereka lebih memilih untuk mengemis daripada bekerja karena hasil yang didapatkan lebih banyak dengan cara instan. Meski sering tertangkap dan dibina, banyak dari mereka terjun kembali menjadi pengemis jalanan. Faktor permasalahan sosial yang timbul dalam ilustrasi tersebut adalah ...

Fenomena pengemis yang sering dijumpai di jalan ternyata menjadi permasalahan dalam masyarakat karena dianggap menganggu. Banyak dari mereka lebih memilih untuk mengemis daripada bekerja karena hasil yang didapatkan lebih banyak dengan cara instan. Meski sering tertangkap dan dibina, banyak dari mereka terjun kembali menjadi pengemis jalanan. Faktor permasalahan sosial yang timbul dalam ilustrasi tersebut adalah ...space space 

  1. budaya kemiskinanspace space 

  2. pendidikan rendahspace space 

  3. lapangan kerja sempitspace space 

  4. kurangnya perhatian pemerintahspace space 

  5. tingkat kesejahteraan rendahspace space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space space space space space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Poin soal adalah faktor penyebab kemiskinan sebagai masalah sosial. Masalah sosial adalahperbedaan antara harapan dan kenyataan atau sebagai kesenjangan antara situasi yang ada dengan situasi yang seharusnya. Pada masalah sosial ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor budaya, ekonomi, biologis dan juga psikologis. Salah masalah sosial yang paling banyak dihadapi oleh negara-negara dunia adalah masalah kemiskinan yang mana kemiskinan ini sebagai masayrakat yang tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari sehingga seperti makan, minum, pendidikan dan lain lain. Pada kemiskinan ini memiliki dua faktor kemiskinan struktural dan kemiskinan kultural. Jika dianalisis pada soal yang diilustrasikan tentang pengemis yang lebih memilih mengemis daripada bekerja karena menganggap hasil dari memgemis lebih besar, serta meskipun mereka sudah ditangkap dan dibina, mereka akan kembali ke jalan untuk mengemis. Keberadaan pengemis di jalanan dapat menjadi permasalahan sosial karena menganggu keamanan lalu lintas kendaraan. Fenomena tersebut menunjukkan adanya kemiskinan kultural . Kemiskinan kultural merupakan kemiskinan yang terjadi akibat adanya sikap dan unsur budaya masyarakat yang cenderung santai dan tidak memiliki motivasi untuk memperbaiki taraf hidupnya . Kebudayaan kemiskinan merupakan kemiskinan yang muncul akibat adanya nila-nilai atau kebudayaan yang dianut oleh orang miskin , seperti malas, mudah menyerah pada nasib, kurang memiliki etos kerja, dan sebagainya. Pengemis yang lebih memilih mengemis daripada bekerja merupakan salah satu bentuk kebudayaan kemiskinan, yaitu malas. Karena sikap malasnya, meskipun sudah dibina, pengemis tersebut tidak mengembangkan potensi diri yang dimilikinya untuk bekerja tetapi kembali menjadi pengemis di jalanan. Dengan demikian, faktor penyebab terjadinya masalah kemiskinan adalah budaya kemiskinan, budaya tersebut ada dalam diri individu sehingga mereka tidak bisa mengubah taraf hidupnya menjadi lebih baik . Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Poin soal adalah faktor penyebab kemiskinan sebagai masalah sosial.

Masalah sosial adalah perbedaan antara harapan dan kenyataan atau sebagai kesenjangan antara situasi yang ada dengan situasi yang seharusnya. Pada masalah sosial ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor budaya, ekonomi, biologis dan juga psikologis.  Salah masalah sosial yang paling banyak dihadapi oleh negara-negara dunia adalah masalah kemiskinan yang mana kemiskinan ini sebagai masayrakat yang tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari sehingga seperti makan, minum, pendidikan dan lain lain. Pada kemiskinan ini memiliki dua faktor kemiskinan struktural dan kemiskinan kultural. 

Jika dianalisis pada soal yang  diilustrasikan tentang pengemis yang lebih memilih mengemis daripada bekerja karena menganggap hasil dari memgemis lebih besar, serta meskipun mereka sudah ditangkap dan dibina, mereka akan kembali ke jalan untuk mengemis. Keberadaan pengemis di jalanan dapat menjadi permasalahan sosial karena menganggu keamanan lalu lintas kendaraan. Fenomena tersebut menunjukkan adanya kemiskinan kultural. Kemiskinan kultural merupakan kemiskinan yang terjadi akibat adanya sikap dan unsur budaya masyarakat yang cenderung santai dan tidak memiliki motivasi untuk memperbaiki taraf hidupnya. Kebudayaan kemiskinan merupakan kemiskinan yang muncul akibat adanya nila-nilai atau kebudayaan yang dianut oleh orang miskin, seperti malas, mudah menyerah pada nasib, kurang memiliki etos kerja, dan sebagainya.

Pengemis yang lebih memilih mengemis daripada bekerja merupakan salah satu bentuk kebudayaan kemiskinan, yaitu malas. Karena sikap malasnya, meskipun sudah dibina, pengemis tersebut tidak mengembangkan potensi diri yang dimilikinya untuk bekerja tetapi kembali menjadi pengemis di jalanan. Dengan demikian, faktor penyebab terjadinya masalah kemiskinan adalah budaya kemiskinan, budaya tersebut ada dalam diri individu sehingga mereka tidak bisa mengubah taraf hidupnya menjadi lebih baik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space space space space 

Latihan Bab

Masalah Sosial sebagai Realitas Sosial

Teori-teori tentang Masalah Sosial

Faktor Penyebab Terjadinya Masalah Sosial

Ketidakadilan Sebagai Masalah Sosial

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia