Iklan

Iklan

Pertanyaan

Fenomena geosfer : (1) padang gurun (2) pola arilan sungai (3) pola pemukiman penduduk (4) daerah transmigrasi (5) kualitas penduduk Aspek sosial dari fenomena di atas terdapat pada angka ...

Fenomena geosfer :

(1) padang gurun

(2) pola arilan sungai

(3) pola pemukiman penduduk

(4) daerah transmigrasi

(5) kualitas penduduk

Aspek sosial dari fenomena di atas terdapat pada angka ...

 

  1. (1), (2) dan (3)

  2. (1), (2) dan (4)

  3. (1), (3) dan (5)

  4. (2), (4) dan (5)

  5. (3), (4) dan (5)

Iklan

N. Vardini

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pengertian aspek sosial secara umum adalah aspek geografi yang membahas fenomena yang terjadi di geosfer yang masih berhubungan dengan kegiatan manusia. Tujuan aspek sosial adalah mengetahui pola hubungan manusia dan lingkungannya. Aspek sosial meliputi kegiatan sosial, ekonomi, politik dan budaya. Berikut merupakan macam macam aspek sosial dan penjelasannya lengkap. Aspek sosial adalah aspek geografi sosial yang berkaitan dengan unsur-unsur sosial. Secara umum aspek sosial membahasmengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur tradisi, adat-istiadat, komunitas, kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga sosial. Aspek ekonomi adalah aspek geografi sosial yang berkaitan dengan hal-hal ekonomis. Secara umum aspek ekonomi membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, perdagangan, transportasi dan pasar. Aspek budaya adalah aspek geografi sosial yang berkaitan dengan unsur sosial-budaya. Secara umum aspek budaya membahasmengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur pendidikan, agama, bahasa, kesenian dan ragam budaya lain. Aspek politik adalah aspek geografi sosial yang berkaitan dengan unsur politik. Secara umum aspek politik membahasmengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur kepemerintahan yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat. Dari penjabaran di atas, maka jawaban yang tepat untuk aspek sosial adalah (3). Pola permukiman penduduk, (4). Daerah transmigrasi dan (5). Kualitas penduduk.

Pengertian aspek sosial secara umum adalah aspek geografi yang membahas fenomena yang terjadi di geosfer yang masih berhubungan dengan kegiatan manusia. Tujuan aspek sosial adalah mengetahui pola hubungan manusia dan lingkungannya. Aspek sosial meliputi kegiatan sosial, ekonomi, politik dan budaya. Berikut merupakan macam macam aspek sosial dan penjelasannya lengkap.

  • Aspek sosial adalah aspek geografi sosial yang berkaitan dengan unsur-unsur sosial. Secara umum aspek sosial membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur tradisi, adat-istiadat, komunitas, kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga sosial.
  • Aspek ekonomi adalah aspek geografi sosial yang berkaitan dengan hal-hal ekonomis. Secara umum aspek ekonomi membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, perdagangan, transportasi dan pasar.
  • Aspek budaya adalah aspek geografi sosial yang berkaitan dengan unsur sosial-budaya. Secara umum aspek budaya membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur pendidikan, agama, bahasa, kesenian dan ragam budaya lain.
  • Aspek politik adalah aspek geografi sosial yang berkaitan dengan unsur politik. Secara umum aspek politik membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur kepemerintahan yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.

Dari penjabaran di atas, maka jawaban yang tepat untuk aspek sosial adalah (3). Pola permukiman penduduk, (4). Daerah transmigrasi dan (5). Kualitas penduduk.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam human geography yang dipelajariadalah aspek-aspek berikut....

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia