Iklan

Iklan

Pertanyaan

Fenomena desentralisasi permukimanyang terjadi pada kota-kota yang mengalami perkembanganpesat ditandai dengan....

Fenomena desentralisasi permukiman yang terjadi pada kota-kota yang mengalami perkembangan pesat ditandai dengan....

  1. pembangunan permukiman diserahkan kepada pengembang

  2. permukiman kelompok menengah ke atas cenderung memisah

  3. pemukiman penduduk bergeser ke arah pinggiran

  4. masyarakat diberi kebebasan mengembangkan permukiman

  5. meluasnya area permukiman kumuh di kota

Iklan

D. Junior

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang paling tepat adalah B.

jawaban yang paling tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Desentralisasi adalah penyerahan urusan pemerintahan oleh pemerintah pusat kepada daerah otonom berdasarkan asas otonomi. Pengertian ini sesuai dengan Undang-undang nomor 23 tahun 2014. Dengan adanya desentralisasi, maka muncul otonomi bagi pemerintahdaerah. Desentralisasi sebenarnya adalah istilah dalam keorganisasian yang secara sederhana didefinisikan sebagai penyerahan kewenangan. Terkait dengan itu, maka pemerintah daerah dapat menetapkan harga tanah dan dapat membuat rencana tata ruangnya sendiri, termasuk di dalamnya yaitu pembangunan permukiman. Dengan adanya desentralisasi, maka pemerintah dan pengembang permukiman di luar wilayah kota mempunyai peluang untuk membangun kawasan hunian mewah dengan kondisi lingkungan yang lebih nyaman dan tentunya tersedia akses ke wilayah kota. Hal ini menyebabkan masyarakat kelas atas cenderung memilih membangun atau membeli rumah ke arah pinggiran kota, dengan tujuan untuk menghindari hiruk-pikuk kehidupan kota dengan segala masalahnya dan agar dapat hidup lebih nyaman. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah B.

Desentralisasi adalah penyerahan urusan pemerintahan oleh pemerintah pusat kepada daerah otonom berdasarkan asas otonomi. Pengertian ini sesuai dengan Undang-undang nomor 23 tahun 2014. Dengan adanya desentralisasi, maka muncul otonomi bagi pemerintah daerah. Desentralisasi sebenarnya adalah istilah dalam keorganisasian yang secara sederhana didefinisikan sebagai penyerahan kewenangan. Terkait dengan itu, maka pemerintah daerah dapat menetapkan harga tanah dan dapat membuat rencana tata ruangnya sendiri, termasuk di dalamnya yaitu pembangunan permukiman. Dengan adanya desentralisasi, maka pemerintah dan pengembang permukiman di luar wilayah kota mempunyai peluang untuk membangun kawasan hunian mewah dengan kondisi lingkungan yang lebih nyaman dan tentunya tersedia akses ke wilayah kota. Hal ini menyebabkan masyarakat kelas atas cenderung memilih membangun atau membeli rumah ke arah pinggiran kota, dengan tujuan untuk menghindari hiruk-pikuk kehidupan kota dengan segala masalahnya dan agar dapat hidup lebih nyaman. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Meluasnya wilayah terbangun di sekitar kota-kota besar di Indonesia merupakan dampak dari interaksi dengan daerah sekitarnya. SEBAB Perluasan wilayah urban di kota besar ditandai dengan adanya p...

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia