Roboguru

Fauna khas kawasan Ethiopian umumnya berupa mamalia berukuran besar dan habitatnya di padang rumput. Kawasan persebarannya meliputi wilayah ....dengan fauna khas seperti ....

Pertanyaan

Fauna khas kawasan Ethiopian umumnya berupa mamalia berukuran besar dan habitatnya di padang rumput. Kawasan persebarannya meliputi wilayah ....undefineddengan fauna khas seperti ....

  1. Amerika bagian utara; jerapah dan gajah

  2. Asia bagian selatan; gajah dan harimau

  3. Afrika tengah sampai selatan; zebra dan singa

  4. Australia; koala dan burung cenderawasih

  5. Afrika bagian utara; badak dan tapir

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Alfred Russel Wallace, seorang penjelajah dan juga ahli biologi dari Inggris, membagi persebaran fauna yang ada di bumi menjadi 6 kelompok, salah satunya Fauna Ethiopian. Menurut Wallace, persebaran fauna di wilayah Ethiopian meliputi Afrika bagian tengah ke selatan, Madagaskar, dan sebagian daratan Arab bagian selatan dengan fauna khas seperti singa, zebra, kudanil, cheetah, hiena, lemur, baboon, dan gorila.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Dewi

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini adalah wilayah yang termasuk dalam region Ethiopia adalah ....

Pembahasan Soal:

Persebaran fauna di dunia dibagi manjadi 6 zona yaitu fauna zona neartik, neotropik, oriental, paleartik, australis dan ethiopian. Fauna zona ethiopian merupakan kelompok fauna yang menghuni wilayah Afrika Selatan, Gurun Sahara, Malagasi, dan wilayah Arab bagian selatan. Jenis hewan yang dapat ditemukan yaitu simpanse, gorilla, hippopotamus, burung unta, dan kolibri, gajah, singa, cheetah, hyena, jerapah, zebra, unta dan badak afrika. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Fauna yang terdapat di wilayah Oriental dan Ethiopian adalah ....

Pembahasan Soal:

Hewan yang terdapat di dua zona fauna salah satunya adalah Badak. Badak tersebar di afrika dan asia. Badak putih dan badak hitam terdapat di Afrika yang merupakan zona ethiopian. Sedangkan Badak india, badak sumatra, dan badak jawa merupakan fauna yang tersebar di zona oriental/ asiatis.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah C. 

0

Roboguru

Berikut adalah wilayah yang termasuk dalam region Ethiopian yaitu ....

Pembahasan Soal:

Wilayah Ethiopian tersebar di sebagian wilayah gurun seperti Benua Afrika, dan daratan Arab bagian selatan. Selain itu, wilayah Ethiopian juga meliputi wilayah Madagaskar. Fauna khas dari wilayah ini adalah gorila, simpanse, jerapah, dan babon.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Perhatikan peta berikut: Sumber: dokumen penerbit Fauna endemik seperti kuda nil, jerapah, cheetah, dan gorila terdapat pada zona biogeografis ....

Pembahasan Soal:

Fauna di bumi terbagi menjadi enam wilayah berdasarkan perbedaan dan persamaan karakteristik pada wilayah tersebut. Pembagian fauna tersebut adalah sebagai berikut.

  • Neotropik, yaitu wilayah Amerika Selatan dan Amerika Tengah sepanjang pantai Meksiko dengan jenis fauna belut listrik, piranha, anakonda, alpaka, dan tapir.
  • Neartik, yaitu fauna wilayah Amerika Utara sampai dataran tinggi Meksiko. Jenis faunanya: antelop bertanduk cabang tiga, prairie dog, kelinci, tupai, dan tikus.
  • Paleartik, yaitu wilayah Eropa, Asia, Afrika (kambing, rusa, dan sapi).
  • Ethiopia, yaitu wilayah Afrika Selatan, Sahara, Malagasi dan Madagaskar (jerapah, gorila, dan gajah afrika).
  • Oriental, yaitu wilayah India dan Indonesia (gajah, orangutan, dan harimau).
  • Australis, yaitu wilayah Australia dan Selandia Baru (kanguru dan beruang). 

Berdasarkan penjelasan diatas maka yang termasuk fauna ethiopian ada di benua Afrika, ditunjukkan nomor 6 pada peta.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Jelaskan pembagian zona flora dan fauna di dunia menurut Alfred Russel Wallace.

Pembahasan Soal:

Pembagian zona flora dan fauna menurut Alfred Russel Wallace adalah sebagai berikut.

  1. Zona Neartik, membentang dari Arktika, Kanada, Meksiko tengah, hingga Greenland. Di zona ini terdapat bioma tundra, taiga, hutan gugur, dan gurun. Di Zona ini dapat ditemukan fauna seperti bison, berang-berang, dan kalkun.
  2. Zona Neotropik, membentang dari Meksiko tengah sampai Amerika Selatan. Bioma yang terdapat di zona ini adalah hutan hujan tropis dan sabana. Sementara itu, fauna yang dapat ditemukan adalah anaconda, ikan piranha, ilama, dan lainnya.
  3. Zona Australis, tersebar di wilayah Australia, Papua Nugini, dan Indonesia bagian timur. Bioma yang terdapat di zona ini antara lain bioma gurun, hutan hujan tropis, dan hutan gugur. Fauna yang hidup di zona ini adalah kanguru, koala, buaya, dan lainnya.
  4. Zona Oriental, meliputi Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Asia Timur bagian selatan. Bioma yang terdapat di zona ini adalah bioma hutan hujan tropis. Contoh auna yang dapat ditemukan di zona ini adalah harimau, siamang, orang utan, dan badak bercula satu.
  5. Zona Paleartik, mencakup Rusia, Eropa, Asia Tengah, Tiongkok utara, dan Maroko di Afrika. Bioma yang dapat ditemukan di zona ini adalah hutan gugur, dan stepa. Beberapa fauna yang hidup di zona ini adalah serigala, lynx, dan panda.
  6. Zona Etiopian, terdiri dari wilayah Madagaskar dan beberapa bagian Sahara Afrika. Zona ini memiliki bioma hutan hujan tropis, sabana, dan gurun. Fauna yang dapat ditemukan di zona ini terdiri dari kuda nil, singa, dan burung unta.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembagian zona flora dan fauna di dunia menurut Alfred Russel Wallace terdiri dari Zona Neartik, Neotropik, Australis, Oriental, Paleartik, dan Etiopian. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved