Iklan

Iklan

Pertanyaan

Fauna di wilayah bertanda X,Y, dan Z secara berturut-turut seperti gambar merupakan lokasi persebaran zona ....

Fauna di wilayah bertanda X,Y, dan Z secara berturut-turut seperti gambar merupakan lokasi persebaran zona ....

  1. Paleartik, Neotropik, dan Australia

  2. Paleartik, Neotropik, dan Oriental

  3. Neartik, Neotropik, dan Australia

  4. Neotropik, Paleartik, dan Oriental

  5. Paleartik, Neartik, dan Australia

Iklan

A. Kusuma

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Gambar X menunjukkan lokasi benua Amerika, Y Benua Asia dan Z Indonesia. Wilayah fauna Neotropik tersebar dari Meksiko bagian selatan sampai Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kondisi wilayah Neotropik sebagian besar beriklim tropis dan di Amerika Sealatan lebih banyak yang beriklim sedang. Wilayah persebaran fauna Paleartik meliputi hampir seluruh daratan Eurasia dan beberapa daerah lain seperti kawasan pegunungan Himalaya, Afganistan, Afrika, Inggris dan Jepang. Keadaan lingkungan di wilayah ini cukup bervariasi, antara lain memiliki perbedaan suhu yang tinggi dan curah hujan yang berbeda-beda. Wilayah persebaran Fauna Oriental persebarannya meliputi seluruh Asia Tenggara dan selatan termasuk Indonesia bagian barat. Wilayah fauna Oriental meliputi Benua Asia beserta pulau-pulau disekitarnya meliputi Srilangka, Filipina dan wilayah fauna Indonesia bagian barat dan tengah yang meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi. Sesuai denagan penjabaran di atas, jawaban yang tepat adalah Neotropik, Paleartik dan Oriental.

Gambar X menunjukkan lokasi benua Amerika, Y Benua Asia dan Z Indonesia.

Wilayah fauna Neotropik tersebar dari Meksiko bagian selatan sampai Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kondisi wilayah Neotropik sebagian besar beriklim tropis dan di Amerika Sealatan lebih banyak yang beriklim sedang.

Wilayah persebaran fauna Paleartik meliputi hampir seluruh daratan Eurasia dan beberapa daerah lain seperti kawasan pegunungan Himalaya, Afganistan, Afrika, Inggris dan Jepang. Keadaan lingkungan di wilayah ini cukup bervariasi, antara lain memiliki perbedaan suhu yang tinggi dan curah hujan yang berbeda-beda.

Wilayah persebaran Fauna Oriental  persebarannya meliputi seluruh Asia Tenggara dan selatan termasuk Indonesia bagian barat. Wilayah fauna Oriental meliputi Benua Asia beserta pulau-pulau disekitarnya meliputi Srilangka, Filipina dan wilayah fauna Indonesia bagian barat dan tengah yang meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi.

Sesuai denagan penjabaran di atas, jawaban yang tepat adalah Neotropik, Paleartik dan Oriental.

7rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Alfred Russel Wallace mengklasifikasikan persebaran fauna di Bumi dalam beberapa kelompok. Tuliskan delapan region fauna dunia beserta fauna khasnya !

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia